Bagiamana Menjadi Lebih Percaya diri (How to Be More Confident)

SIMPLYASEP.COM Percaya diri adalah perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri itu penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis.1 Pelajari cara menjadi lebih percaya diri, dan dapatkan manfaat dari meningkatkan kepercayaan dan keyakinan Anda pada diri sendiri.

Bagiamana Menjadi Lebih Percaya diri  (How to Be More Confident)



Apa itu Keyakinan?
Keyakinan dapat merujuk pada rasa percaya dan kepercayaan umum pada kemampuan Anda sendiri untuk mengendalikan hidup Anda, atau mungkin lebih spesifik pada situasi. Misalnya, Anda mungkin memiliki kepercayaan diri yang tinggi di bidang keahlian tertentu tetapi merasa kurang percaya diri di bidang lain.

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sehat dapat membantu Anda menjadi lebih sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Penelitian telah menemukan, misalnya, bahwa orang yang lebih percaya diri cenderung lebih berprestasi secara akademis

Keyakinan juga dapat berperan dalam motivasi untuk mengejar tujuan Anda, dengan penelitian yang menghubungkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi pada atlet dengan peningkatan motivasi untuk berlatih olahraga pilihan mereka.3 Tingkat kepercayaan diri Anda bahkan memengaruhi cara Anda menampilkan diri kepada orang lain.

Bagaimana Menjadi Lebih Percaya Diri
Untungnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Apakah Anda kurang percaya diri dalam satu area tertentu atau berjuang untuk merasa percaya diri tentang apa pun, penguat kepercayaan ini dapat membantu.

Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Apakah Anda membandingkan penampilan Anda dengan orang yang Anda ikuti di Instagram? Atau mungkin Anda membandingkan gaji Anda dengan penghasilan teman Anda. Teori perbandingan sosial menjelaskan bahwa membuat perbandingan adalah hal yang wajar. Tapi itu tidak mungkin membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Bahkan mungkin memiliki efek sebaliknya.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara kecemburuan dan cara Anda merasa tentang diri sendiri.4 Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa ketika orang membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka mengalami kecemburuan. Semakin iri mereka, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri.

Bagaimana Anda membangun kepercayaan diri ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang membuat perbandingan? Pertama, ingatkan diri Anda bahwa melakukannya tidak membantu. Setiap orang menjalankan perlombaan mereka sendiri dan hidup bukanlah kompetisi.

Jika Anda merasa iri dengan kehidupan orang lain, ada baiknya juga untuk mengingatkan diri sendiri tentang kekuatan dan kesuksesan Anda sendiri. Buatlah jurnal rasa syukur untuk membantu Anda mengingat bidang-bidang dalam kehidupan di mana Anda diberkati. Ini dapat membantu Anda fokus pada kehidupan Anda sendiri versus kehidupan orang lain.

Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Positif
Luangkan waktu sejenak dan pikirkan bagaimana perasaan teman Anda. Apakah mereka mengangkat Anda, atau mereka menjatuhkan Anda? Apakah mereka terus-menerus menghakimi Anda, atau apakah mereka menerima Anda apa adanya?

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda dapat memengaruhi pikiran dan sikap Anda tentang diri sendiri, mungkin lebih dari yang Anda sadari. Jadi, perhatikan bagaimana perasaan orang lain terhadap Anda. Jika Anda merasa tidak enak dengan diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, mungkin inilah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal.

Sebaliknya, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda dan menginginkan yang terbaik untuk Anda. Carilah orang lain yang positif dan dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda. Kepercayaan diri dan sikap positif berjalan seiring.

Rawat Tubuh Anda

Sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika Anda menyalahgunakan tubuh Anda. Jika Anda mempraktikkan perawatan diri, Anda tahu bahwa Anda melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa Anda—dan sebagai hasilnya, Anda secara alami akan merasa lebih percaya diri.

Berikut adalah beberapa praktik perawatan diri yang terkait dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi:

Diet: Makan sehat datang dengan banyak manfaat, termasuk tingkat kepercayaan diri dan harga diri yang lebih tinggi. Ketika Anda mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan makanan padat nutrisi, Anda merasa lebih sehat, lebih kuat, dan lebih berenergi, yang dapat menghasilkan perasaan lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Latihan: Studi secara konsisten menunjukkan bahwa latihan fisik meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur meningkatkan citra tubuh peserta. Dan ketika citra tubuh mereka meningkat, mereka merasa lebih percaya diri

Meditasi: Lebih dari sekadar latihan relaksasi, meditasi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam beberapa cara. Pertama, ini membantu Anda mengenali dan menerima diri sendiri. Meditasi juga mengajarkan Anda untuk menghentikan self-talk negatif dan memutuskan dari obrolan mental yang tidak membantu mengganggu kepercayaan diri Anda.

Tidur: Kurang tidur dapat mengurangi emosi Anda. Sebaliknya, tidur berkualitas baik telah dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian positif, termasuk optimisme dan harga diri

Merawat diri sendiri adalah bagian penting dari rasa percaya diri. Pastikan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk merasa baik tentang diri Anda dan kemampuan Anda.

Bersikap baik kepada diri sendiri
Self-compassion melibatkan memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan ketika Anda membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran. Ini memungkinkan Anda untuk menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu Anda menavigasi emosi yang menantang dengan lebih baik, meningkatkan koneksi Anda dengan diri sendiri dan orang lain.

Sebuah studi tahun 2015 menghubungkan self-compassion dengan self-confidence.9 Jadi pada saat Anda berada dalam situasi yang menantang, sadarilah bahwa menjadi tidak sempurna atau gagal kadang-kadang adalah bagian dari menjadi manusia. Lakukan yang terbaik untuk menavigasi pengalaman ini dengan belas kasih terhadap diri sendiri.

Berlatih Self-Talk Positif
Pembicaraan diri yang negatif dapat membatasi kemampuan Anda dan mengurangi kepercayaan diri Anda dengan meyakinkan alam bawah sadar Anda bahwa Anda "tidak dapat menangani" sesuatu atau bahwa itu "terlalu sulit" dan Anda "bahkan tidak boleh mencoba."10 Pembicaraan diri yang optimis , di sisi lain, dapat membantu menumbuhkan rasa sayang diri, mengatasi keraguan diri, dan menghadapi tantangan baru.

Lain kali Anda mulai berpikir bahwa Anda tidak punya urusan untuk berbicara dalam rapat atau bahwa Anda terlalu tidak fit untuk berolahraga, ingatkan diri Anda bahwa pikiran Anda tidak selalu akurat. Kemudian temukan cara untuk mengubah pikiran itu menjadi pembicaraan diri yang lebih positif.

Berikut adalah beberapa contoh cara untuk menantang self-talk pesimis dan membingkai ulang pikiran Anda menjadi cara berpikir yang lebih positif:

"Saya tidak bisa menangani ini" atau "Ini tidak mungkin" menjadi "Saya bisa melakukan ini" atau "Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba."

"Saya tidak bisa melakukan apa pun dengan benar" menjadi "Saya bisa melakukan yang lebih baik lain kali" atau "Setidaknya saya belajar sesuatu."

"Saya benci berbicara di depan umum" menjadi "Saya tidak suka berbicara di depan umum" dan "Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan."

Hadapi ketakutanmu
Berhentilah menunda sesuatu sampai Anda merasa lebih percaya diri—seperti mengajak seseorang berkencan atau melamar promosi. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri Anda dalam situasi ini adalah dengan menghadapi ketakutan Anda secara langsung

Berlatihlah menghadapi beberapa ketakutan Anda yang berasal dari kurangnya rasa percaya diri. Jika Anda takut akan mempermalukan diri sendiri atau berpikir bahwa Anda akan mengacau, coba saja. Sedikit keraguan diri bahkan dapat membantu meningkatkan kinerja.12 Katakan pada diri sendiri bahwa ini hanya eksperimen dan lihat apa yang terjadi.

Anda mungkin belajar bahwa menjadi sedikit cemas atau membuat beberapa kesalahan tidak seburuk yang Anda pikirkan. Dan setiap kali Anda bergerak maju, Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri. Pada akhirnya, ini dapat membantu mencegah Anda mengambil risiko yang akan menghasilkan konsekuensi negatif yang besar.


Ciri-ciri Orang Percaya Diri

Ketika tujuan Anda adalah menjadi lebih percaya diri, akan sangat membantu untuk memahami karakteristik seseorang yang percaya diri dan seseorang yang lebih tidak aman.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya.


Orang yang Percaya Diri
- Rayakan kesuksesan orang lain
- Berpikiran terbuka
- Optimis
- Bersedia mengambil resiko
- Tertawa sendiri
- Penentu
- Selalu belajar dan berkembang
- Akui kesalahan
- Menerima tanggungjawab


Orang yang tidak aman:
- Menghakimi dan iri pada orang lain
- Berpikiran tertutup
- Pesimistis
- Takut akan perubahan
- Sembunyikan kekurangan
- Ragu
- Bersikaplah seperti orang yang tahu segalanya
- Membuat alasan
- Salahkan orang lain


Manfaat Percaya Diri
Menjadi percaya diri pada diri sendiri hanya terasa menyenangkan. Konon, memiliki kepercayaan diri juga dapat membawa banyak manfaat tambahan di rumah, di tempat kerja, dan dalam hubungan Anda. Berikut adalah beberapa efek positif dari kepercayaan diri:

Performa yang lebih baik: Daripada membuang waktu dan energi dengan khawatir bahwa Anda tidak cukup baik, Anda dapat mencurahkan energi Anda untuk usaha Anda. Pada akhirnya, Anda akan tampil lebih baik ketika Anda merasa percaya diri.14

Hubungan yang lebih sehat: Memiliki kepercayaan diri tidak hanya memengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri, tetapi juga membantu Anda lebih memahami dan mencintai orang lain. Ini juga memberi Anda kekuatan untuk menjauh dari suatu hubungan jika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan atau pantas dapatkan.

Keterbukaan untuk mencoba hal-hal baru: Ketika Anda percaya pada diri sendiri, Anda lebih bersedia untuk mencoba hal-hal baru. Apakah Anda melamar promosi atau mendaftar untuk kelas memasak, menempatkan diri Anda di luar sana jauh lebih mudah ketika Anda memiliki keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan Anda.

Ketahanan: Percaya pada diri sendiri dapat meningkatkan ketahanan atau kemampuan Anda untuk bangkit kembali dari setiap tantangan atau kesulitan yang Anda hadapi dalam hidup.

rekap
Meningkatkan rasa percaya diri Anda dapat memiliki berbagai efek positif pada hidup Anda. Selain membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri dan kemampuan Anda, itu dapat membuat hubungan Anda lebih kuat dan membuat Anda lebih tahan terhadap stres.

Sepatah Kata Dari Sangat Baik

Setiap orang berjuang dengan masalah kepercayaan diri pada satu waktu atau yang lain. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda merasa lebih percaya diri. Dalam banyak kasus, mempelajari cara bertindak percaya diri sebenarnya dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri.

Terkadang rasa percaya diri yang rendah mungkin merupakan tanda kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Jika masalah kepercayaan diri Anda mengganggu pekerjaan, kehidupan sosial, atau pendidikan Anda, pertimbangkan untuk berbicara dengan profesional kesehatan mental. Seorang terapis dapat membantu Anda lebih memahami masalahnya, merekomendasikan perawatan, dan bekerja dengan Anda untuk mengembangkan keterampilan untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Bagaimana Anda bisa lebih percaya diri secara sosial?

Jika kepercayaan diri Anda cenderung tertinggal dalam situasi sosial, cobalah untuk mengubah perspektif Anda. Alih-alih melihat interaksi kelompok sebagai pemicu stres, lihatlah sebagai peluang untuk bekerja membangun kepercayaan diri Anda. Membawa seseorang yang membuat Anda merasa percaya diri juga dapat memberi Anda kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk merasa lebih nyaman di sekitar kelompok orang.

Membuat acara sosial sendiri dapat membantu juga karena Anda akan tahu apa yang diharapkan dan memiliki beberapa tingkat kontrol. Jika situasi sosial menyebabkan Anda sangat cemas bersama dengan berkurangnya kepercayaan diri, berbicara dengan profesional kesehatan mental dapat membantu

Bagaimana Anda bisa lebih percaya diri dalam suatu hubungan?
Salah satu cara untuk mengembangkan kepercayaan diri dalam suatu hubungan adalah dengan mengenali nilai Anda. Ketika Anda mengetahui nilai yang Anda berikan kepada orang lain, itu membantu Anda merasa lebih percaya diri pada diri sendiri. Ini juga dapat membantu untuk tetap berada di masa sekarang dan tidak khawatir tentang masa lalu atau masa depan.

Jika kurangnya kepercayaan diri Anda dalam hubungan adalah karena takut ditolak, ingatlah bahwa tidak semua orang cocok. Sama seperti Anda mungkin tidak cocok untuk mereka, mereka mungkin juga tidak cocok untuk Anda—ini bukan masalah pribadi.

• Bagaimana Anda bisa lebih percaya diri di tempat kerja?
Jika kurangnya kepercayaan diri Anda di tempat kerja terkait dengan kekhawatiran tentang kinerja Anda, periksalah secara teratur dengan atasan untuk melihat bagaimana kinerja Anda. Mintalah umpan balik tentang area yang dapat Anda tingkatkan, lalu kerjakan agar Anda merasa lebih percaya diri dengan tugas Anda.

Juga dapat membantu untuk mempertimbangkan di mana Anda unggul di tempat kerja dan melakukan aktivitas ini sesering mungkin. Jika Anda melakukan kesalahan, akui itu, belajarlah darinya, dan lanjutkan. Tidak ada orang yang sempurna, jadi Anda juga tidak boleh mengharapkan diri Anda menjadi sempurna.

• Bagaimana Anda bisa lebih percaya diri dengan tubuh Anda?

Jika kepercayaan diri Anda terkait dengan penampilan fisik Anda, mengembangkan citra tubuh yang lebih positif dapat membantu. Alih-alih berfokus pada area tubuh yang tidak Anda sukai, habiskan lebih banyak waktu untuk menghargai area yang membuat Anda merasa nyaman.

Juga, jangan membandingkan tubuh Anda dengan orang lain. Tidak ada dua tubuh yang sama dan masing-masing memiliki kekuatannya sendiri. Ingatlah bahwa ada ruang di dunia ini untuk orang-orang dari segala bentuk dan ukuran.

Sumber  : VERYWELL MIND


 

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia