Header simplyasep.com
Banner sosial media Asep
Klook.com
Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Benang Kusut Bisnis Daun Purik (KRATOM)

SIMPLYASEP.COM Pernah meledak dan Menjadi booming belakangan ini, ramainya orang membicarkan potensi bisnis Daun Purik ata yang biasa kita kenal dengan KRATOM (Mitragyna Speciosa) ternyata tidak seindah yang saya bayangkan.  Saya sendiri sudah mendengar usaha bisnis ini dari beberapa teman saya yang sudah berkecimpung dalam usaha pengiriman KRATOM ke Luar Negeri.  

Saya tidak membahas manfaat ata khasiat KRATOM ini namun lebih kepada benang kusut dari sisi bisnisnya saja dari sudut pandang saya sebagai awam, dan bukan sudut pandang seorang pakar.  Saya hanya warga biasa saja yang menyampaikan pandangan dan pendapat.  Setiap warga negara Indonesia boleh boleh saja menyampaikan pandangan dan pendapatnya masing masing dan itu dijamin Undang undang

Bisnis KRATOM?  Ata KRATOM di bisniskan?  Saya yang awam dan sebagai warga negara Indonesia yang berhak menyampaikan pendapat dan pandangan, ingin mencoba menyampaikan beberapa pandangan dan pendapat saya tentang bisnis KRATOM ini.  Saya tidak berbisnis KRATOM dan juga tidak berminat menggeluti Bisnis KRATOM. 

Aneka jenis KRATOM.  Foto dar Borniga Botanical


WILAYAH ABU ABU

Namun pengalaman saya meneruskan pesanan (order) sahabat saya di Luar Negeri berupa Kratom sebanyak 19 Kg cukup membuat saya pusing kepala.  Berbagai rintangan menghadang disamping juga regulasi terutama dalam usaha pengiriman dalam bentuk powder (bubk) ke luar negeri ternyata bukan perkara gampang seperti kita mengirim souvenir T-Shirt ke luar Negeri. 

Dan adan itu sdah disepakati bersama antara lain misalnya bahwa untuk pengiriman Kratom ke Luar Negeri dalam partai kecil atau besar harus melalui Asosiasi yakni Pekrindo (Persatuan Pengusaha Kratom Indonesia).   

Pemerintah sendiri belum berani menetap status tanaman ini, dan  masih dalam wilayah abu abu ternyata dimanfaatkan banyak pihak untuk menarik benefit atau keuntungan.  Berbagai toko online kian gencar menawarkan Kratom begitu juga dengan masyarakat pada ummnya.  KRATOM sudah seperti gadis cantik yang jadi rebutan para pemuda yang ingin memilikinya.    Tidak nyambung memang analoginya. Tapi kira kira seperti itu.

Manfaat atau orang yang memanfaatkan bubuk Kratom memang beragam ada yang untuk diteliti kembali atau untuk keperluan riset, atau untuk membantu proses penyembuhan atas penyakit tertentu. 

Seperti yang dialami oleh Milan Brabec, sahabat saya yang bermukim di Czech Republik dalam emailnya kepada saya pernah mengatakan kalau dia mengkonsumsi kratom untuk healing process (perawatan kesehatan) atas penyakit yang dideritanya secara alamiah dan berbiaya rendah.  Jika dia menerapkan kesehatan penuh maka biayanya akan sangat mahal bisa mencapai 6000 USD (atau sekitar Rp.84.000.000 dengan kurs 1 Dollar = Rp.14.000)

"Me and my very good friend are working on healing process to defend body against cancer and all kind of diseases. We are working on some idea but such idea need money and this is the way.Also with that money I would like to support my father - he has COPN in very last stadium - to help him with some cure will cost about 6000 USD

"Saya dan teman baik saya bekerja pada proses penyembuhan untuk mempertahankan tubuh terhadap kanker dan semua jenis penyakit. Kami sedang mengerjakan beberapa ide tetapi ide seperti itu membutuhkan uang dan inilah caranya. Juga dengan uang itu saya ingin mendukung ayah saya - dia mempunyai COPN di stadium terakhir - untuk membantunya dalam penyembuhan, biayanya sekitar 6000 USD."

MAHAL DI ONGKIR

Berapa sebenarnya harga Per Kilo KRATOM di Indonesia.?  Ada berpaa jenis sebenarnya jenis jenis KRATOM itu sebenarnya?  Para pembaca setia blog saya tentu dengan mudah bisa search ata googling informasi informasi seperti itu yang sudah pasti akan banyak bertebaran di mana mana.   Silahkan disimak , dicermati dan dibandingkan antara satu informasi dengan informasi lainnya.

Menurut penuturan salah satu pengusaha Kratom lokal (atas keamanan nama yang bersangkutan dan perusahaannya di samarkan-red) sebut saja HARLIM dari Usaha Kratom BUNGA mengatkan kepada saya bahwa jenis KRATOM pada dasarnya ada tiga yakni RED, GREEN dan WHITE.  Sedangkan nama nama lainnya adalah buatan yang merupakan percampuran tiga warna dasar tersebut :  misalnya Red Dragon, Gold Vein, Superwhite dan masih banyak lagi lainnya


Sudah bukan lagi rahasia jika para peminat KRATOM banyak berasal dari Luar Negeri mulai dari negara negara di Asia Tenggara , Benua Amerika, Australia hingga ke Eropa seperti Jerman, Czech , Skotlandia, Rusia, Belanda dan masih banyak lagi .  

Khusus pengiriman ke Negeri Kincir Angin (Belanda) banyak disukai oleh para pengekspor KRATOM Tanah Air karena aturan yang berlaku baik legalitas formal maupun Kepabeanan (custom) di Belanda sangat longgar.   

Para Eksportir KRATOM Indonesia sangat senang jika ada pesanan (order) Kratom yang berasal dari Belanda.

Eddy Setiawan
dari Pekrindo (Persatuan Pengusaha Kratom Indonesia cabang Kalbar) mengatakan Kratom welcome di Belanda berapapun jumlahnya jika alamat kiriman tujuan Belanda relatif lebih mudah dari negara lainnya

"Tanyakan dahulu kepada calon buyernya pertama negaranya bagaimana apakah menerima Kratom, yang kedua maksimal Pajak yang dikenai, kalau kita kenal dengan custom Broker lebih baik, kalau ada apa apa kita akan dibantu oleh custom broker, kalau kirim ke Belanda bebas Merdeka" katanya.

Eddy Setiawan juga  menambahkan bahwa siapapun yang akan melakukan pengiriman Kratom ke luar negeri harus melalui Assosiasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Kalimantan Barat.  

"(Bisa) lewat Assosiasi kalau belinya sama orang Assosiassi , kalau tidak beli sama orang Assosiasi ya terserah dia" tegas Eddy

Berapa harga per 1 kilo nya?
Beberapa online shop yang saya lihat yang menjual Daun Purik (Kratom) ini bervariasi mulai dari harga 57.000 IDR hingga ratusan ribu rupiah untuk jenis Red, Green dan White.  Untuk Ongkir (Ongkos Kirim) nya juga bervariasi tergantung dari kota Pemesan di Indonesia.  Bahkan ada yang mematok harga 100.000 IDR per Kilo.   Mahal memang

Sedangkan beberapa toko online TIDAK melayani pengiriman ke Luar Negeri (negara tertentu ata tidak sama sekali) karena berbagai alasan..

Eddy Setiawan juga menyebutkan jika (pengiriman) tidak melalui Assosiasi maka bisa meminta kepada para penjualnya sekalian untuk mengirimkannya

"Harga dalam negeri dan luar negeri beda terus ongkos kirimnya yang mahal juga dengan surat suratnya, makin banyak juga makin murah misalnya kirim ke Czeh atau Ukraina misalnya ada di zona 9 jauh lebih mahal daripada kirim ke Amerika" kata Eddy Setiawan

"Kalau kita jual ke Bule dalam US $ : 45 USD per Kilogram sudah semuanya ongkos kirim, packing, surat surat dan lain lain " kata Eddy

Untuk Harga Bule  (Istilah yang saya sebut karena ada beberapa direct seller yang meng UP harganya hanya karena peminat KRATOM nya berasal dari Luar Negeri.  

Ya wajar saya kira karena perbedaan KURS yang ada antara Rupiah Indonesia dengan mata uang asing bisa terpaut jauh.   Namun kalau yang di "mark up" harga per kilonya menjadi puluhan Dollar misalnya mungkin sudah dianggap terlalu mahal bagi sebagian orang bahkan untuk kalangan BULE sekalipun

Tidak semua BULE itu tajir,  
Sebaiknya tidak dipersepsikan setiap pemesan dari luar negeri dianggap pemesan kaya.   Anda seharusnya tidak menerapkan aji mumpung untuk yang satu ini.   Boleh saja menarik fee ata cari Untng atas bisnis ini namun juga harus memperhatikan kepatutan dan kepantasan dan tidak menggunakan ajian yang saya sebut tadi

Seperti kata seorang Sahabat saya (nama disamarkan-red) BUNGA mengatakan bahwa mengirim (Kratom) 1 kilo sama sulitnya dengan mengirim sebanyak 1 ton.    Jatuhnya memang mahal di ongkois kirim atau Onkir.  

Mengapa bisa mahal di ONGKIR?

Sebagai gambara untuk mengirim ke Jerman (tempat sahabat saya bermukim-red) itu masuk dalam ZONA 6.   Jika mengirimkan dalam berat 18 Kg ke Jerman , maka ongkos kirimnya bisa mencapai kisaran 5 juta rupiah,  lebih mahal berlipat lipat dari harga produknya sendiri.   

Setiap negara tujuan terbagi bagi dalam ZONA ZONA dengan tarif tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda masih tertarik di bisnis kRATOM?  Itu sebuah pertanyaan yang anda sendiri yang tau jawabannya (Asep Haryono)





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia