Banner Ramadhan 2020
Banner sosial media Asep
loading...

Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Masker

Jika Anda berpikir masker wajah akan melindungi Anda dari coronavirus, pikirkan lagi. Inilah yang dokter ingin Anda ketahui tentang masker wajah, respirator N95, dan cara terbaik untuk menghindari Covid-19.

Jumlah kasus virus corona di seluruh dunia terus berdetak hampir setiap jam dan orang-orang cukup peduli untuk menangkapnya sendiri. Pada 5 Maret, pelacak koronavirus Universitas Johns Hopkins melaporkan 127.000 lebih kasus yang dikonfirmasi dengan hampir 5.000 kematian di seluruh dunia.

Foto-foto berita dan cuplikan sejumlah orang di Cina, Italia, dan di tempat lain yang memakai masker wajah dapat membuat Anda percaya bahwa ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari infeksi, yang secara resmi disebut Covid-19. Pikirkan lagi. Inilah yang perlu diketahui oleh dokter tentang masker wajah yang bisa dan tidak bisa dilakukan dan cara menggunakannya secara efektif:

Nodar Chernishev/Getty Images
Nodar Chernishev/Getty Images

Masker bukan respirator
Masker yang Anda lihat di berita hampir selalu merupakan masker debu atau masker bedah, bukan respirator. Ada perbedaan besar, meskipun mereka dapat terlihat serupa pada pandangan pertama.

"Masker wajah adalah alat sekali pakai yang tidak pas yang menciptakan penghalang antara mulut dan hidung dan lingkungan eksternal," jelas Meghan McGinty, PhD, asisten afiliasi profesor ilmu kesehatan lingkungan dan pekerjaan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Washington. . "Mereka tidak dimaksudkan untuk melindungi Anda terhadap penyakit pernapasan. Mereka biasanya dimaksudkan untuk mencegah Anda menghirup partikel besar seperti partikel debu. "

Respirator, di sisi lain, dimaksudkan untuk melindungi Anda dari partikel yang lebih kecil seperti virus. Mereka dikenakan oleh para profesional kesehatan dalam pengaturan perawatan kesehatan sepanjang waktu. Topeng N95, yang mungkin Anda baca, memblokir setidaknya 95 persen partikel yang sangat kecil, dan itu bisa termasuk bakteri dan virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca juga Hindari Menggunakan WIFI GRATIS Ditempat tempat ini

Anda dapat memeriksa infografis yang membandingkan masker bedah dan respirator N95, yang menunjukkan perbedaannya, bagaimana penggunaannya (dan dibuang), dan seperti apa mereka secara berdampingan.

Orang sehat tidak membutuhkan masker
"Secara umum sarannya adalah bahwa tidak seorang pun harus mengenakan topeng kecuali diarahkan oleh penyedia layanan kesehatan individu," kata Dr. McGinty "Topeng lebih efektif bila digunakan oleh orang yang benar-benar sakit daripada oleh populasi umum."

Ada pengecualian. WHO merekomendasikan untuk memakainya jika Anda merawat seseorang yang diduga memiliki coronavirus baru.

CDC merekomendasikan bahwa siapa pun yang telah mengkonfirmasi atau mencurigai Covid-19 mengenakan masker wajah sampai mereka diisolasi atau dikarantina. Lalu mereka bisa melepasnya.


Masker tidak akan melindungi Anda dari virus
Karena masker wajah tidak pas, partikel virus dapat dengan mudah masuk, di bawah dan di sekitar mereka dan berakhir di sistem pernapasan Anda.

"Masker wajah tradisional umum seperti yang mungkin Anda gunakan untuk konstruksi di rumah Anda tidak akan melindungi Anda dari virus korona atau infeksi pernapasan lainnya," kata Dr. McGinty. “Ini tidak dirancang untuk menyaring partikel-partikel itu dan Anda tidak mendapatkan segel yang rapat di sekitar wajah Anda. Partikel dapat masuk ke sisi dan di bawahnya dan dihirup dan Anda masih bisa terkena. ”

"Dasar ilmiah yang menunjukkan bahwa orang-orang di masyarakat yang mengenakan masker bedah sebenarnya menawarkan beberapa manfaat dalam hal perlindungan tidak ada," kata William Schaffner, MD, seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Nashville. "Jika mereka benar-benar membantu, bukankah CDC merekomendasikan kita semua memakainya selama musim influenza?"

Masker "bocor"
Dan ini adalah bagaimana virus dapat masuk. Karena topeng longgar, partikel yang lebih kecil (seperti virus) dapat masuk. "Anda bisa bernafas di tepinya," kata Dr. Schaffner.

Sebaliknya, respirator lebih kokoh, lebih tebal dan harus dipasang pada orang yang memakainya untuk mencegah partikel masuk. Bahkan, menurut CDC, orang yang memakai respirator untuk bekerja diharuskan memeriksa fit setiap tahun dan segel diperiksa sebelum digunakan. Jika semua berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran, semua udara yang masuk akan disaring. Bahkan, ketika digunakan dengan benar, respirator tidak nyaman karena mereka membuat sulit bernapas, kata Dr. McGinty.

"Ini jelas tidak boleh dipakai oleh orang kebanyakan," kata Dr. Schaffner. "Mereka belum dilatih untuk memakainya dengan benar dan kita perlu memesannya untuk tenaga kesehatan." Jadi itu berarti bahwa meskipun Anda dapat membeli respirator N95 — jangan. Itu berarti mereka akan kekurangan pasokan (atau bahkan tidak tersedia) untuk orang-orang dalam situasi berisiko tinggi - seperti petugas kesehatan - yang perlu melindungi diri mereka sendiri (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Masker dapat membantu menghentikan penyebaran kuman Anda
Meskipun masker wajah tidak akan melindungi Anda dari penyakit virus, masker wajah dapat membantu melindungi orang lain dari gejala pernapasan yang mungkin Anda alami, kata Dr. Schaffner. Organisasi Kesehatan Dunia tidak menyarankan memakai masker jika Anda batuk atau bersin.

Yang mengatakan, jika Anda memiliki gejala, jangan pergi bekerja bahkan jika Anda memiliki topeng. "Itu pemikiran yang salah," kata Dr. Schaffner. "Topeng akan membantu mencegah Anda dari memberikan [infeksi] kepada seseorang tetapi itu tidak cukup untuk memberi Anda lisensi untuk pergi bekerja."

Masker wajah juga perlu digunakan dengan benar
Masker mungkin hanya memiliki manfaat terbatas tetapi Anda masih perlu tahu cara menggunakannya. Agar masker menjadi efektif sama sekali, masker harus menutupi mulut dan hidung Anda, bukan hanya satu atau yang lain, kata Dr. Schaffner. Mereka juga tidak berfungsi jika Anda mengangkat mereka untuk berbicara dengan seseorang atau untuk menggaruk gatal. Mereka juga tidak dimaksudkan untuk digunakan jika Anda memiliki rambut wajah, kata Dr. McGinty.

WHO juga memiliki protokol yang jelas (dan video) untuk cara menggunakan masker dengan benar, termasuk mengenakannya, melepasnya dan membuangnya. Antara lain, organisasi menekankan bahwa Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum digunakan, pastikan tidak ada celah antara kulit dan masker Anda, dan hindari menyentuh topeng dengan tangan Anda saat Anda menggunakannya.

Masker sekali pakai tidak boleh digunakan kembali, dan harus diganti jika basah. Saat melepas topeng, jangan menyentuh bagian depannya, Anda harus melepasnya dari belakang, segera buang ke tempat sampah yang tertutup, dan cuci tangan Anda dengan sabun dan air (atau gosok berbasis alkohol jika Anda tidak punya sabun dan air).

Masker mungkin menciptakan rasa aman yang salah
Pertama-tama, topeng tidak efektif mencegah virus. Plus, sedikit orang yang tahu cara menggunakannya dengan benar.

“Orang-orang merasa mereka memiliki rasa perlindungan tetapi kemudian mereka melakukan hal-hal seperti menyentuh barang-barang kotor kemudian menyentuh mata atau hidung atau mulut mereka,” kata Dr. McGinty. Itu semacam paparan yang bisa membuat mereka sakit, katanya.

Pada saat ini, CDC percaya bahwa coronavirus baru menyebar terutama dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dikeluarkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Biasanya, orang harus berada dalam jarak sekitar enam kaki satu sama lain. Rute penularan sekunder mungkin dengan menyentuh permukaan atau objek dengan virus di atasnya kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mungkin mata Anda.

Petugas kesehatan membutuhkan respirator lebih dari Anda
Jauh lebih banyak. Respirator terbang dari rak-rak toko dan itu tidak baik untuk kita semua. “N95 respirator adalah sumber penting dalam fasilitas kesehatan,” kata Dr. McGinty. Respirator diperlukan setiap hari di rumah sakit dan sangat penting selama wabah seperti ini.

"Sekarang kita melihat transmisi masyarakat yang berpotensi meluas, fasilitas sangat membutuhkan topeng ini dan memiliki pasokan yang sangat kecil," tambahnya. "Penggunaan komunitas apa pun dari mereka berbahaya bagi respons kolektif."

Masyarakat juga seharusnya tidak membeli masker bedah. Tidak hanya mereka tidak melindungi Anda dari coronavirus, tetapi mereka juga dibutuhkan dalam pengaturan perawatan kesehatan setiap hari, tambah Dr. McGinty.

Mencuci tangan lebih baik daripada masker wajah
Mencuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik setiap kalinya adalah cara terbaik untuk menghindari tertularnya virus corona. “Saya memberi tahu orang-orang bahwa Anda harus mencuci sebelum memasak atau menyajikan makanan dan setelah Anda menggunakan kamar mandi; Saya mencuci tangan setiap kali pulang, ”kata Dr. McGinty. "Itu lebih efektif daripada memakai masker."

Jika sabun dan air tidak tersedia, pembersih tangan berbahan dasar alkohol akan dilakukan. Anda juga harus menghindari orang yang sakit, Dr. McGinty menambahkan. Jika Anda sakit, hindari tempat-tempat ramai, kata CDC. (Amanda Gardner)




Sumber The Healthy COM

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia