Banner Ramadhan 2020
Banner sosial media Asep
loading...

Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Pembersih tangan Tidak Bertahan Lama Seperti Yang Anda Duga

Maraknya pemberitaan merebaknya wabah COVID-19 atau Virus Corona seolah mengingatkan kita kembali kepada Gerakan Mencuci Tangan (bukan cuci tangan karena lebih berkonotasi kata kiasan-red) dengan menggunakan Sabun antiseptik dan atau cairan pembersih tangan.  Namun sayangnya fakta membuktikan bahwa cairan pembersih tangan ternyata tidak bertahan lama seperti yang ada duga
 
Menurut sebuah survei yang diterbitkan pada tahun 2010 membuktikan bahwa cairan Hand Sanitizer (pembersih tangan) tidak memberikan efek perlindungan dalam waktu lama seperti yang diyakini banyak orang yakni hanya bertahan dalam waktu beberapa jam saja. Kenytaan mengejutkan ini jelas membalikkan keyakinan orang selama ini bahwa cairan pembersih tangan akan mampu melindungi keehatan manusia seharian
  
Atas rekomendasi dari organisasi-organisasi terkemuka seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang menyarankan bahwa salah satu cara untuk mencegah virus adalah dengan menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya  mengandung kadar 60 persen alkohol, namun sayangnya produk tersebut faktanya, sangat sulit untuk didapatkan atau diibeli di toko-toko dan online saat ini.

Elena Elisseeva/Shutterstock
Elena Elisseeva/Shutterstock


Inilah masalahnya: cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer) ini tidak bisa  bekerja untuk melindungi Anda dalam jangka panjang dan mencuci tangan di wastafel sebenarnya adalah pilihan terbaik dan pertama. “Pembersih tangan yang mengandung alkohol adalah alternatif yang nyaman untuk sabun dan air. Idenya adalah ketika bak cuci tidak tersedia, Anda menggunakan gel, ”kata Philip Tierno, PhD, seorang profesor klinis di departemen patologi di New York University Langone Medical Center.

Baca juga Mengapa Mencuci Tangan Begitu Penting ?

Sementara mencuci tangan Anda benar-benar mencuci kuman di selokan, "pembersih tangan membunuh apa pun yang ada di tangan Anda pada saat itu," kata Michael Lin, MD, profesor di divisi penyakit menular di Rush University Medical Center di Chicago. “Jika Anda menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, Anda perlu membersihkan tangan Anda lagi. Hal yang sama berlaku untuk sabun dan air, ”katanya.

Tidak ada yang menjaga tangan Anda lebih lama dari beberapa menit. “Segera setelah Anda selesai mencuci atau menggunakan gel, tidak ada efek residu. Anda dapat mengkontaminasi ulang tangan Anda segera, ”kata Tierno. Itu terjadi segera setelah Anda menyentuh permukaan yang umum (dan seringkali kotor), seperti pegangan tangga, tombol lift, atau penghitung.

Jadi, sebelum makan atau minum atau menyentuh wajah Anda dengan alasan apa pun, Anda harus mencuci dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan, kata Tierno. Tidak masalah jika Anda baru mandi 30 menit yang lalu — lakukan lagi sekarang. Dia menambahkan bahwa jika tangan Anda kotor dan Anda tidak memiliki pembersih, tunggu untuk menyentuh wajah Anda.

Saat menggunakan pembersih tangan, pilih yang mengandung alkohol setidaknya 60 persen. "Tutupi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan bersama-sama sampai terasa kering," saran CDC. Dr. Lin lebih memilih pembersih tangan berbasis alkohol karena kenyamanan, portabilitas, dan efektivitas tindakan cepatnya. Konon, gel atau semprotan ini tidak berfungsi dengan baik jika tangan Anda terlihat kotor. 


Untuk mencuci dengan benar, Tierno menyarankan untuk menyabuni tangan dengan sabun selama 20 hingga 30 detik, pastikan untuk masuk di antara jari dan punggung tangan Anda. Jangan lupa untuk berada di bawah kuku Anda dengan menggosok kuku Anda di telapak tangan yang berlawanan.  (Juliana LaBianca)




Sumber READER DIGEST

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia