Banner Ramadhan 2020
Banner sosial media Asep

Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Insiden Pancasila Di Putri Indonesia 2020

SIMPLYASEP.COM  Tengah ramai jadi perbincangan saat ini saat Kalista Iskandar, finalis perwakilan Sumatera Barat ajang Puteri Indonesia 2020 yang salah menyebutkan isi Pancasila  di malam pemilihan Putri Indonesia 2020 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat 6/3/2020) menuai banyak pro dan kontra.  .

Saat penjurian berlangsung, Kalista Iskandar kesultan menjawab pertanyaan Juri Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) untuk menyebutkan butir butir Pancasila. Kalista Iskandar mampu menjawab dengan sempurna dari pasal 1 sampai ke 3 namun mengalam kesulitan saat menjawab pasal ke 4 dan ke 5.  Acara pemilihan Putri Indonesia 2020 ini disiarkan secara langsung dan disaksikan oleh jutaan pasang mata

Foto Asep Haryono / www.simplyasep.com


Dalam pandangan saya sungguh tidak masuk akal atau bahkan tidak mungkin sekelas finalis Putri Indonesia 2020 itu sampai "tidak hafal" butir butir Pancasila.   Secara kasat mata , dalam pandangan saya, hanyalah persoalan nervous atau demam pangggung saja.  


Saya tidak bermaksud menyepelekan masalah karena Pancasila adalah dasar negara Indonesa, pandangan dan falsafah Bangsa Indonesa. Saya yakin Sekelas finals Putri Indonesia pasti hafal luar kepala Isi Pancasila

Ketiga Demam Panggung Segalanya Bisa Terjadi

Berbicara soal hafal atau tidak hafal Isi Pancasila, kini masih banyak orang Indonesia yang masih belum juga hafal isi Pancasila mulai dari sila yang pertama hingga sila ke 5. 

Seperti yang dilansir oleh portal berita terkenal di Indonesia, DETIK COM, yang memaparkan sebuah hasil survei Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo bahwa dari 12 provinsi di Indonesia yang dijadikan sampel, provinsi Bangka Belitung menjadi provinsi yang warganya paling banyak tak hafal Pancasila (60 persen).  Urutan kedua Jawa Tengah (28 persen) dan urutan ketiga adalah Kalimantan Timut (50 persen).  Sumber Detik COM

Jelas di sini bahwa jika nervous (gugup atau grogi) datang segalanya bisa terjadi. Saya sendiri pernah lupa Password atau PIN Anjungan Tunai Mandiri (ATM) saya saat akan mengark uang di ATM.  Padahal sudah berkali kali saya melakukan transfer atau withdraw uang dari mesin ATM, jelas tidak mungkin saya lupa PIN dan atau password ATM saya.  Namun saat itu saya Nervous atau grogi karena waktu yang terbatas saat itu.  Nah bisa saja kan. 

Jadi berhentilah menghujat atau melakukan tuduhan yang tidak perlu kepada orang lain karena bisa jadi orang itu sedang gugup sehingga  terlupa.  Semuanya bisa saja terjadi.  Jadi Insiden Pancasila Di Putri Indonesia 2020 ini tidak perlu dibesar besarkan lagi dan cukup sampai di sini.  Masih banyak persoalan Bangsa Indonesia lainnya yang membutuhkan perhatian kita bersama (Asep Haryono)

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia