header


Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tips dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar gula/ glukosa dalam darah secara drastis atau di atas nilai normal. Glukosa yang menimbun dalam darah baik bisa mendatangkan berbagai macam gangguan organ tubuh. Apabila diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka akan muncul berbagai komplikasi yang dapat mengancam nyawa penderita. Oleh karena itu, sebelum terlambat, mulailah menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Memang tak mudah, tapi dengan niat dan tekad yang bulat, hal ini sangat mungkin diterapkan. Simak beberapa tips dan cara mencegah penyakit diabetes berikut ini ya!


5 Cara Mencegah Penyakit Diabetes 


1. Pandai Dalam Memilih Makanan


Sumber : Hippobali.com


Cara mencegah penyakit diabetes yang pertama dapat dilakukan dengan memperhatikan dan memilah-milah asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab apa yang dikonsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Sebisa mungkin, hindari makanan tinggi gula karena ia salah satu faktor penyebab diabetes melitus paling utama. Selain itu, hindari juga makanan dengan garam tinggi, makanan berlemak dan konsumsi berlebihan. Namun, bukan berarti meniadakan konsumsi asupan gula, garam dan lemak, tapi kurangi atau atur porsi makannya. 


Sebaiknya, pilih menu biji-bijian, buah dan sayur. Riset membuktikan bahwa, biji-bijian dapat melindungi tubuh dari diabetes, sedangkan diet kaya karbohidrat olahan dapat menyebabkan peningkatan risiko. Makanan berserat seperti buah, sayur dan biji-bijian akan membuat enzim pencernaan lebih susah untuk memecah pati menjadi glukosa. Dengan begitu, kadar gula darah akan naik perlahan-lahan. Alhasil, produksi insulin pun berjalan santai sehingga bisa membantu mencegah diabetes.


2. Perhatikan Makanan dengan Kandungan Gula Tersembunyi
Cara mencegah penyakit diabetes yang kedua dapat dilakukan dengan memperhatikan kandungan gula dalam makanan. Makanan tinggi gula bukan hanya berada dalam dessert saja. Faktanya, gula banyak terkandung dalam berbagai macam makanan lainnya, dengan sebutan yang bervariasi. Sejumlah nama lain gula yang sering terkandung dalam makanan atau minuman di antaranya, madu, sukrosa, sirup jagung, fruktosa, maltosa, dekstrosa dan lain-lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu membaca nilai gizi yang tercantum dalam kemasan makanan atau minuman yang mau dibeli. Perhatikan dengan teliti, berapa banyak gula yang terkandung di dalamnya. Selain itu, apabila melihat suatu produk berlabel sugar free, alias bebas gula, coba cek lagi komposisinya sebab biasanya tetap ada tambahan pemanis buatan di dalamnya.


3. Olahraga Secara Rutin


Sumber : Ultimagz.com
Sesungguhnya aktivitas fisik, termasuk olahraga dapat membuat tubuh bugar dan menjadi salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Olahraga secara rutin terbukti dapat membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga gula darah tetap stabil. Bukan hanya itu, aktivitas ini pun bisa membantu para diabetes menurunkan atau menjaga berat badannya agar tetap ideal. Hasilnya, risiko terkena obesitas alias si faktor penyebab diabetes yang utama, bisa terhindari. Caranya, lakukanlah berbagai jenis olahraga apapun yang disukai. Yang terpenting, buatlah tubuh bisa bergerak setiap hari. Sejumlah jenis aktivitas fisik yang mudah dan murah dilakukan dalam rutinitas harian seperti, jalan cepat, bersepeda, berenang, yoga, dan jogging.

4. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol
Merokok dan konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian, perokok mempunyai risiko lebih tinggi terserang diabetes tipe 2 daripada orang yang bukan perokok. Sedangkan, minum alkohol sebaiknya dilakukan dalam jumlah terbatas. Untuk pria sekitar 2 gelas per hari, sementara untuk wanita hanya sekitar 1 gelas per hari. Namun, jika saat ini sedang tidak minum alkohol, maka tak perlu juga untuk memulainya, karena lebih baik jaga berat badan, olahraga secara rutin dan ubah pola makan menjadi lebih sehat.


5. Rutin Cek Kesehatan ke Dokter

Sumber : News.okezone.com
Cara mencegah penyakit diabetes bisa dengan rutin cek kesehatan ke dokter. Kegiatan ini termasuk program mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk rutin memantau kadar gula darah. Pengecekan ini dibutuhkan bukan hanya untuk mengetahui kadar gula darah, tapi juga bisa membantu program terapi pengelolaan dan pengobatan diabetes. Dengan melakukan pengecekan secara teratur, kadar gula dalam darah bisa dikendalikan dan komplikasi diabetes dapat dihindari.

Sumber : Deltomed.id

Sekian, penjelasan tentang tips dan cara mencegah penyakit diabetes. Tertarik belajar lebih banyak tentang diabetes atau tips-tips lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya di https://www.cekaja.com/info/penyakit-diabetes-ini-3-kebiasaan-sederhana-untuk-mencegahnya/











No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia