Banner Ramadhan 2020
Banner sosial media Asep
loading...

Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Memahami Program Baru Sertifikasi Pra Nikah Tahun 2020

Program sertifikasi pra nikah akan diberlakukan mulai tahun 2020. Ini merupakan peraturan baru yang wajib diikuti oleh seluruh masyarakat Republik Indonesia mengenai pernikahan. Menikah di zaman Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak hanya bermodal cinta dan restu orangtua saja. Calon pengantin wajib memiliki sertifikat pernikahan.

Aturan ini diumumkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang ditujukan kepada pasangan yang akan atau berencana melangsungkan pernikahan di tahun 2020. Warga yang akan melaksanakan pernikahan harus menghadiri kelas atau bimbingan pranikah untuk memperoleh sertifikat sebagai syarat nikah. Yuk pahami lebih dalam dan simak penjelasannya berikut ini. 


Sekilas Tentang Sertifikasi Pra Nikah


Sumber Hipwee.com


Sertifikasi pra nikah adalah sebuah program pra nikah untuk mendapat surat legal bisa menikah bagi calon pasangan suami-istri dengan mengikuti program pelatihan selama tiga bulan. Hal ini dilakukan untuk membekali calon pasangan tentang pengetahuan kesehatan alat reproduksi, jenis penyakit berbahaya yang bisa menjangkit sebuah keluarga, sampai menangani masalah stunting. Saat ini, dalam masyarakat masih minim tentang pengetahuan tersebut. Sering kali, banyak pasangan yang melupakan pemeriksaan medis atau premarital check-up. Padahal, pemeriksaan itu penting untuk mengetahui risiko penyakit serta usaha pencegahan pasca menikah.


Dalam program ini, pihak Kementerian Kesehatan akan menjadi pihak pemberi informasi tentang kesehatan dan penyakit. Sedangkan, Kementerian Agama akan menjadi pihak pemberi info yang berhubungan dengan urusan pernikahan. Menurut situs Times of India dan The Health Site, berikut akan dijelaskan tentang 4 (empat) pemeriksaan medis dalam program sertifikasi pra nikah.


1. Tes Penyakit HIV dan Menular Seksual
Penyakit HIV, hepatitis B dan C, gonore sampai sifilis merupakan masalah kesehatan yang tak dapat diremehkan. Karena, jika tidak ditangani dengan baik, bisa memicu masalah dalam pernikahan sebab berhubungan dengan fertilitas atau keinginan untuk mempunyai keturunan. Maka dari itu, mengenali keadaan pasangan mengenai hal ini sangatlah penting. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius atau pencarian perawatan medis yang sesuai untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.


2. Tes Kompatibilitas Golongan Darah


Sumber Honestdocs.id

Golongan darah masing-masing pasangan yang akan menikah harus kompatibel. Karena ini bermanfaat untuk menghindari masalah selama kehamilan seperti penyakit rhesus. Rhesus merupakan sebuah keadaan dimana antibodi dalam darah wanita hamil justru menghancurkan sel-sel darah bayinya. Wanita dengan golongan darah negatif rhesus dan menikah dengan suami positif rhesus mempunyai kemungkinan ketidakcocokan rhesus. Risikonya, janin yang tumbuh akan mengalami kematian, bahkan keguguran intrauterin.


3. Tes Tingkat Kesuburan
Apabila salah satu tujuan menikah adalah agar memiliki keturunan, maka tes tingkat kesuburan menjadi sangat penting untuk dijalani. Karena dengan cara tes kesuburan, masing-masing pasangan dapat mengetahui perkembangan sel telur dan sperma. Namun, jika tetap ingin melanjutkan hubungan dengan pasangan meski ada masalah kesuburan, tes ini dapat membantu mengurangi trauma biologis, psikologis, sosial dan emosional yang tidak harus dihubungkan dengan kemandulan sedini mungkin.


4. Tes Keadaan Medis Genetik atau Kronis


Sumber Idntimes.com


Tes yang berisi skrining untuk diabetes, tes untuk hipertensi, kanker ginjal tertentu dan tes untuk thalasemia ini sangat penting dijalankan oleh setiap pasangan. Karena, semuanya bisa menurun kepada calon buah hati. Thalasemia merupakan kelainan darah dari orang tua yang dapat diturunkan ke anak-anak melewati gen. Pemeriksaan ini membutuhkan penelusuran pada riwayat penyakit kedua pasangan. Apabila tak ingin hal tersebut terjadi, penanganan dan pengendalian sejak dini dengan hasil tes dapat dijalankan.


Sedangkan, tugas Kemenag dalam program sertifikasi pra nikah akan memberikan bimbingan perkawinan untuk membekali calon pengantin dalam menangani problem perkawinan dan keluarga, mempersiapkan calon keluarga agar terhindar dari problem perkawinan yang biasa terjadi, serta meningkatkan kemampuan untuk menciptakan keluarga yang sakinah.


Sumber : Cyberoverseas.com


Bimbingan perkawinan dalam program sertifikasi pra nikah dijalankan dengan metode tatap muka selama dua hari memakai sistem pembelajaran orang dewasa. Materi yang akan diberikan meliputi, bab pondasi keluarga sakinah, penyiapan psikologi keluarga, manajemen konflik, tata kelola keuangan keluarga, menjaga kesehatan keluarga dan mencetak generasi berkualitas.


Sekian, ulasan untuk membantu memahami program baru sertifikasi pra nikah tahun 2020 sejak dini. Bagaimana? Ingin belajar lebih banyak tentang sertifikat pra nikah atau tips-tips pra nikah lainnya? Simak terus informasi terkini dari CekAja.com ya di https://www.cekaja.com/info/tahun-depan-kantongi-sertifikasi-kawin-dulu-baru-bisa-nikah/


No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia