header


Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Bagi Para Sarjana Baru

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang gambaran tentang pengalaman serta kualifikasi lainnya. Dokumen ini digunakan untuk melamar pekerjaan.

Dalam
Curriculum Vitae biasanya akan dituliskan pengalaman kerja yang dimiliki. Namun, pada CV fresh graduate tidak perlu dilengkapi dengan pengalaman kerja. Maksudnya bahwa pemilik CV ini merupakan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sehingga isinya berbeda dengan CV yang sudah berpengalaman. Lalu seperti apa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman bagi para sarjana baru?

Trik Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
Sebelum membahas lebih jauh tentang penjelasan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman, mari ketahui trik saat membuatnya.


1. Menuliskan Latar Belakang Pendidikan dengan Lengkap 



sumber : Edu.gcfglobal.org

Namanya juga CV fresh graduate tentu isinya masih belum ada pengalaman bekerja. Supaya CV lebih menarik maka perlu mencantumkan latar belakang pendidikan selengkap-lengkapnya. Ada nilai lebih jika sekolah maupun perguruan tinggi merupakan yang terbaik, meski belum berpengalaman peluang untuk dipanggil tes kerja cukup besar. 




2. Menuliskan Semua Penghargaan yang Pernah Didapatkan
Dalam membuat sebuah CV fresh graduate tanpa pengalaman, selain menuliskan nama sekolah atau perguruan tinggi juga perlu mencantumkan semua penghargaan yang pernah didapatkan. jika memiliki banyak penghargaan maka akan mendapatkan nilai lebih dari pencari kerja atau perusahaan. Penghargaan yang bisa dicantumkan seperti penghargaan di bidang perlombaan ataupun aktivitas kemasyarakatan dan sosial.


3. Menuliskan Pengalaman Berorganisasi
Ada banyak perusahaan yang tidak mempermasalahkan pencari kerja yang melamar belum memiliki pengalaman kerja. Bahkan beberapa perusahaan mencari tenaga fresh graduate untuk mengisi posisi yang kosong. Supaya CV lebih berbobot dan meyakinkan disarankan untuk menuliskan pengalaman berorganisasi. Bisa pengalaman organisasi di sekolah atau perguruan tinggi maupun organisasi sosial kemasyarakatan.


4. Menuliskan Biodata Secara Unik

                 Sumber : Creativemarket.com


Hal yang bisa dilakukan untuk mengakali contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman adalah menuliskan biodata secara unik. Jangan hanya menuliskan nama, tempat, tanggal lahir, alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Tambahkan juga beberapa keterangan lainnya, seperti hobi atau minat terhadap suatu bidang, atau bisa juga menuliskan secara singkat tentang diri Kamu. Supaya lebih unik maka desain CV dengan memperhatikan tata letak yang menarik. 


5. Jangan Terlalu Rumit
Trik yang juga perlu diperhatikan dan sudah ada dalam beberapa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yaitu jangan menyusun CV terlalu rumit. Isinya lengkap boleh tetapi jangan bertele-tele. Meskipun pada bagian tertentu harus ditulis lengkap dan panjang, perhatikan juga susunan kalimat-kalimatnya. Buatlah paragraf yang mudah untuk dipahami jika ingin mendeskripsikan tentang diri Kamu atau hal lainnya yang penting. 


6. Tulislah dengan Jujur dan Apa Adanya
Meskipun fresh graduate tanpa pengalaman bukan berarti harus berbuat curang, tidak jujur dan melebih-lebihkan. Bagaimanapun contoh CV fresh graduate terbaik adalah yang dibuat dengan jujur dan mencerminkan apa adanya diri sendiri, namun dikemas dalam bahasa dan juga kalimat menarik serta dilengkapi dengan tata letak yang keren.



Unsur yang Harus Ada Dalam Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

1. Data Pribadi
Hal pertama yang harus ada dalam CV adalah data pribadi. Dalam bagian ini berisi tentang nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, status, email dan juga nomor HP yang bisa dihubungi. Buat data pribadi dengan lengkap dan jelas, jangan dibuat rumit dan bertele-tele.


2. Pendidikan Formal
Bagian kedua ini juga sangat berpengaruh jadi jangan sampai tidak dicantumkan, yaitu pendidikan formal. Apabila sekolah atau perguruan tinggi adalah yang terbaik dan terfavorit maka akan mendapatkan nilai lebih.


3. Pengalaman Khusus
Karena masih fresh graduate tanpa pengalaman maka sangat perlu untuk menuliskan pengalaman yang dimiliki. Misalnya menjadi anggota pramuka, osis, ketua BEM dan sebagainya.


4. Keahlian Khusus

                Sumber : Novoresume.com



Dalam membuat contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman maka disarankan untuk menuliskan juga keahlian yang dimiliki. Misalnya mengoperasikan komputer (ms. Word, excel. Powerpoint) dan desain grafis.


5. Penghargaan yang Diperoleh
Supaya CV lebih menarik maka cantumkan juga semua penghargaan yang pernah didapatkan. Misalnya menang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional dan sebagainya. 



                  Sumber : Opencolleges.edu.au


Itulah informasi mengenai contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal CV? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya di https://www.cekaja.com/info/tips-membuat-cv-yang-out-of-the-box-saat-melamar-kerja/

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia