Jeunesse Banner sosial media Asep

Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Pasukan keamanan Irak Turut Menjaga sekitar Kedutaan Besar AS Di Baghdad Pasca Serangan Para Pengunjuk Rasa

Baghdad (CNN) Pasukan keamanan Irak telah mendapatkan kembali kendali atas daerah di sekitar Kedutaan Besar AS di Baghdad setelah kompleks itu diguncang oleh hari kedua protes massa.

Rabu pagi, petugas keamanan menembakkan gas air mata dan peluru karet ke ratusan pemrotes - beberapa di antaranya terlihat berusaha memanjat dinding gedung - saksi mata mengatakan kepada CNN. Saksi mata lain mengatakan para pemrotes melemparkan batu, dan mencoba membakar dinding dan bilik keamanan di pintu masuk utama kedutaan.

Itu adalah hari kedua demonstrasi massa di luar gedung di Zona Hijau Baghdad yang dijaga ketat, sebagai tanggapan terhadap serangan udara AS terhadap kelompok milisi yang didukung Iran pada hari Minggu.Tetapi pada Rabu malam, para pengunjuk rasa telah membersihkan diri dari pintu masuk kompleks kedutaan.

"Kami telah mengeluarkan perintah agar semua orang mundur, karena Amerika seharusnya menerima pesan kami," kata juru bicara kelompok protes utama, Kataib Hezbollah, yang menjadi sasaran serangan udara AS.

Protes pecah setelah AS melakukan serangan udara pada lima fasilitas di Irak dan Suriah, yang katanya terkait dengan kelompok yang didukung Iran, menewaskan puluhan orang.


Baca juga AS mengirim Helikopter Apache untuk melindungi kedutaannya di Baghdad, IRAK

Para pejabat AS menganggap Kataib Hezbollah bertanggung jawab atas meningkatnya serangan roket terhadap fasilitas Amerika di Irak.

Kematian seorang kontraktor AS dalam satu serangan semacam itu pekan lalu adalah yang terakhir bagi pemerintahan Trump. Presiden Donald Trump menyalahkan Iran atas kematian kontraktor AS dan serangan Selasa terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad, dan memperingatkan para pemimpin Iran bahwa mereka akan bertanggung jawab atas kematian atau kehancuran di kedutaan.

"Iran akan bertanggung jawab penuh atas nyawa yang hilang, atau kerusakan yang terjadi, di salah satu fasilitas kami," tweeted Trump. "Mereka akan membayar HARGA yang sangat BESAR! Ini bukan Peringatan, itu Ancaman."
Tetapi Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menanggapi dengan tweeting bahwa AS "tidak bisa berbuat apa-apa."

"Jika Anda logis - yang bukan - Anda akan melihat bahwa kejahatan Anda di Irak, Afghanistan ... telah membuat negara-negara membenci Anda," tambah Khamenei.

Asap mengepul dari ruang penerimaan tamu di Kedutaan Besar AS di Baghdad setelah diserang oleh milisi pro-Iran dan pendukung mereka.

Saksi mata juga mengatakan kepada CNN bahwa pasukan penegak hukum setempat di sekitar kedutaan belum terlihat melakukan sesuatu yang signifikan untuk menghentikan demonstran yang berdemonstrasi di depan kompleks, atau dari melemparkan batu ke arahnya.

Serangan udara dan protes berikutnya terjadi pada saat ketegangan tinggi antara AS dan Iran, dan telah memicu kekhawatiran perang proksi baru di Timur Tengah.

AS mengirim pasukan tambahan untuk melindungi kedutaan
Setelah serangan Selasa di Kedutaan Besar AS, Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan AS akan mengirim sekitar 750 tentara ke Timur Tengah.

"Penempatan ini adalah tindakan yang tepat dan tindakan pencegahan yang diambil sebagai tanggapan terhadap peningkatan tingkat ancaman terhadap personel dan fasilitas AS, seperti yang kita saksikan di Baghdad hari ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Amerika Serikat akan melindungi orang-orang dan kepentingan kami di mana pun mereka ditemukan di seluruh dunia," tambah Esper.

Tentara AS berjaga-jaga di atap Kedutaan Besar AS di Baghdad sementara milisi pro-Iran dan pendukung mereka melakukan protes di luar gedung. Foto milik CNN.COM
Tentara AS berjaga-jaga di atap Kedutaan Besar AS di Baghdad sementara milisi pro-Iran dan pendukung mereka melakukan protes di luar gedung. Foto milik CNN.COM

Trump bersikeras dalam tweet Selasa bahwa kedutaan itu aman. Menteri Luar Negeri Mike Pompeo juga mengatakan kepada Fox News bahwa saat ini tidak ada rencana untuk mengevakuasi kedutaan atau menarik pasukan AS keluar.
Serangan udara akhir pekan telah membuat hubungan yang tegang antara Washington dan Baghdad. Para pejabat Irak menuduh AS menyerang tanpa bukti yang cukup, melanggar kedaulatan Irak dan mengancam keamanan negara.

Milisi menjadi sasaran serangan udara AS
Kataib Hezbollah yang didukung Iran secara militan anti-Amerika. Pada 2017 dan 2018, para pejuangnya di Suriah mencoba menyerang garnisun yang didukung AS di al-Tanf di perbatasan Irak.

Ini telah memberikan ratusan pejuang untuk rezim Assad di Suriah - bagian dari upaya Iran yang lebih luas untuk membantu memberantas pemberontakan di sana - dan merupakan elemen penting dalam upaya Iran untuk memperluas pengaruhnya melalui Irak utara dan ke Suriah. Serangan AS, terutama, terhadap sasaran di sepanjang rute utama antara Iran dan Syria

Seorang juru bicara Kataib Hezbollah mengatakan kepada CNN bahwa protes kedutaan hanyalah "langkah pertama."

"Pemerintah Amerika harus memahami hal-hal berikut: langkah pertama adalah memprotes di dekat kedutaan Amerika, kami menunggu reaksi mereka untuk menentukan langkah kedua," kata Mohamad Mouhiye, menyerukan agar AS menutup kedutaan dan menarik diri dari Irak.

"Pertama, tutup pintu kedutaan jahat, yang kami anggap sebagai bangunan mata-mata dan ruang operasi untuk mengelola dan menyabot kesejahteraan Irak," kata Mouhiye. "Kami juga menyerukan AS untuk menarik pasukan militer mereka yang berada di Irak secara ilegal." (Kareem Khader dan Sheena McKenzie, CNN)

CNN's Arwa Damon, Mary Rogers, Jeremy Diamond, Pamela Brown, Ryan Browne, Caroline Kelly dan Tim Lister berkontribusi dalam laporan ini.
 


Sumber CNN.COM

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog