Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tabrakan bintang neutron menciptakan elemen kembang api di ruang angkasa

CNN.COM  Dua tahun lalu para astronom untuk pertama kalinya mengamati tabrakan dua bintang neutron, yang menciptakan gelombang gravitasi dan cahaya dan menciptakan unsur-unsur berat seperti emas, platinum, dan timah. Elemen-elemen ini tersebar di seluruh alam semesta dalam kilonova - mirip dengan supernova - setelah bola api awal.

Sekarang, para astronom juga telah mendeteksi strontium, sebuah elemen berat, yang baru saja dibuat setelah tabrakan. Penemuan ini menambah bukti yang menunjukkan bahwa penggabungan bintang neutron dapat menciptakan unsur-unsur berat yang ditemukan di seluruh alam semesta.

Bintang-bintang neutron adalah yang terkecil di alam semesta, dengan diameter yang sebanding dengan ukuran kota seperti Chicago atau Atlanta. Mereka adalah sisa-sisa supernova yang tersisa. Tapi mereka sangat padat, dengan massa lebih besar dari matahari kita. Jadi pikirkan matahari, terkompresi menjadi kota besar. Sekarang, pikirkan dua dari mereka saling menabrak satu sama lain.

"Dengan menganalisis ulang data 2017 dari merger, kami sekarang telah mengidentifikasi tanda tangan dari satu elemen berat dalam bola api ini, strontium, membuktikan bahwa tabrakan bintang-bintang neutron menciptakan elemen ini di Semesta," kata Darach Watson, penulis studi utama di Universitas Kopenhagen di Denmark.


Photo CNN.COM
Photo CNN.COM


Strontium adalah elemen yang digunakan dalam kembang api dan lebih berat daripada besi. Render artis ini menunjukkan dua bintang neutron yang bergabung dan meledak, bersama dengan strontium yang baru dibuat.

Para astronom telah mempelajari bagaimana unsur-unsur berat diciptakan selama beberapa dekade. Selama bertahun-tahun, mereka telah menentukan kekuatan kosmik mana yang bertanggung jawab atas kekuatan yang berbeda.

Baca juga 'Zombieland' naik lagi dengan sekuel yang lama tertunda 

"Ini adalah tahap terakhir dari pengejaran selama puluhan tahun untuk menemukan asal usul unsur-unsur itu," kata Watson. "Kita tahu sekarang bahwa proses yang menciptakan unsur-unsur itu kebanyakan terjadi di bintang-bintang biasa, dalam ledakan supernova, atau di lapisan terluar bintang-bintang tua. Tetapi, sampai sekarang, kita tidak tahu lokasi proses terakhir yang belum ditemukan, yang dikenal sebagai penangkapan neutron cepat, yang menciptakan elemen lebih berat dalam tabel periodik. "

Dalam penangkapan neutron cepat, neutron ditangkap dengan cepat oleh inti atom. Selain faktor kecepatan, elemen berat seperti strontium juga membutuhkan lingkungan yang sangat panas penuh dengan neutron bebas. Ini adalah proses alami yang terjadi di lingkungan yang ekstrem. Dan itu bisa terungkap dalam waktu kurang dari satu detik.


"Ini adalah pertama kalinya kita dapat secara langsung mengasosiasikan bahan yang baru dibuat yang terbentuk melalui penangkapan neutron dengan penggabungan bintang neutron, mengkonfirmasikan bahwa bintang neutron terbuat dari neutron dan mengikat proses penangkapan neutron cepat yang diperdebatkan lama untuk merger tersebut," kata Camilla Juul Hansen, rekan penulis studi di Institut Max Planck untuk Astronomi di Heidelberg.

Karena tabrakan bintang neutron yang diamati pertama kali terjadi pada tahun 2017, para astronom masih memahami apa yang terjadi dalam proses ini, serta apa yang dihasilkannya setelahnya. Menggunakan data dari instrumen X-shooter pada Very Large Telescope milik European Southern Observatory di Chile, para astronom dapat mengidentifikasi tanda tangan strontium setelah tabrakan bintang neutron mulai 2017.

 Dalam data dari instrumen tersebut, para astronom melihat sebuah objek dengan suhu 6.740 derajat Fahrenheit. Suhu dan kecerahan objek bertindak seperti sidik jari untuk elemen tersebut.

"Kami sebenarnya datang dengan gagasan bahwa kami mungkin melihat strontium cukup cepat setelah acara," kata Jonatan Selsing, rekan penulis studi dan peneliti di University of Copenhagen. "Namun, menunjukkan bahwa ini terbukti kasusnya ternyata sangat sulit. Kesulitan ini adalah karena pengetahuan kita yang sangat tidak lengkap tentang penampilan spektral unsur-unsur yang lebih berat dalam tabel periodik." (Ashley Strickland, CNN)


Sumber CNN.COM



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog