Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Pembunuhan Jamal Khashoggi bisa menjadi titik balik. Sebaliknya itu adalah tanda peringatan

CNN.COM Jurnalis Jamal Khashoggi harus dipuji sebagai pahlawan karena membayar harga tertinggi karena kepercayaannya pada kebebasan berbicara. Sebaliknya, pembunuhannya di konsulat Saudi di Istanbul tahun lalu berfungsi sebagai kisah peringatan: tidak peduli seberapa brutalnya kejahatan itu, tidak peduli seberapa terkenal korbannya, tidak peduli seberapa memberatkan bukti, keadilan terbukti sulit dipahami bagi mereka yang berbicara kebenaran berkuasa.

Tahun lalu adalah salah satu yang paling berbahaya bagi media. Jumlah wartawan yang dibunuh dan dihilangkan pada tahun 2018 naik pada tahun sebelumnya, dan "wartawan tidak pernah mengalami kekerasan dan perlakuan sewenang-wenang seperti pada tahun 2018," menurut Reporters Without Borders (RSF).
Tren yang mengkhawatirkan ini, yang berlanjut hingga tahun ini, tidak menceritakan kisah selengkapnya. Kurangnya keadilan dalam kasus Khashoggi berarti bahwa para pemimpin tirani dapat melanjutkan dengan penyalahgunaan hak asasi mereka dan meningkatkan serangan mereka pada kritik, serta pers bebas

Setahun setelah pembunuhan mengerikan Khashoggi, banyak pertanyaan tetap tidak terjawab. Namun rincian yang diketahui telah membuat dunia kaget dan marah. Kita tahu mengapa pihak berwenang Arab Saudi ingin Khashoggi dibungkam. Kita tahu bahwa dia hidup dalam ketakutan, bahwa dia takut menghadapi nasib yang sama seperti banyak pembangkang lainnya yang diculik ketika berada di luar negeri dan secara paksa kembali ke kerajaan.
Kita tahu 15 agen Saudi dikirim ke Istanbul untuk membungkamnya selamanya. Dan kita tahu orang yang mengawasi perselingkuhan yang mengerikan itu kemudian menjadi pembantu dekat Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, Saud al-Qahtani, yang merupakan pemain kunci dalam upaya pangeran muda itu untuk menghancurkan kritik terhadap kepemimpinannya



Photo courtesy CNN.COM
Photo courtesy CNN.COM


Yang tidak kami ketahui adalah apakah pelaku akan dimintai pertanggungjawaban atas pembunuhan Khashoggi. Saudi mengatakan ada persidangan yang sedang berlangsung, dengan enggan menyerah pada tekanan internasional, tetapi mereka tetap menyimpan persidangan tersebut di bawah selubung kerahasiaan (dan Qahtani tidak termasuk di antara mereka yang diadili). Putra Mahkota baru-baru ini mengatakan kepada CBS bahwa ia mengambil tanggung jawab "sebagai pemimpin" di negaranya, dan kemudian dalam napas berikutnya, ia menjauhkan diri dari insiden itu, mengatakan itu terjadi tanpa sepengetahuannya.

Baca juga Apa yang harus dilakukan Trump untuk mengundurkan diri?

Putra Mahkota bersikeras bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang operasi itu, dengan mengatakan tidak mungkin bagi "3 juta orang yang bekerja untuk pemerintah Saudi" untuk mengirim laporan harian kepada pemimpin "atau orang tertinggi kedua di pemerintah Saudi."


Pesannya jelas: jika Arab Saudi bisa lolos dengan pembunuhan seseorang seperti Khashoggi, mereka bisa lolos dengan apa saja, dan demikian juga mungkin rezim represif lainnya. Sebagai seorang jurnalis terkenal, Khashoggi memiliki banyak teman, kolega, dan editor yang berbicara untuknya. Dia adalah warga AS dan kolumnis di Washington Post. Kekejaman kejahatan memberi perhatian khusus pada kasus ini, seperti halnya fakta bahwa hal itu terjadi di negara ketiga.

Baca juga Hillary Clinton: Trump 'Tahu Dia Tidak Sah,' Itu sebabnya dia terobsesi dengan ku

Tetapi ketika CIA mengungkapkan intelijen yang menunjukkan hubungan antara bin Salman dan pembunuhan Khashoggi, Presiden AS Donald Trump sebagian besar mengabaikannya. Ketika Pelapor Khusus PBB Agnes Callamard mengeluarkan laporannya sendiri, mengatakan pembunuhan itu kemungkinan merupakan eksekusi yang direncanakan, itu menerima perhatian yang bahkan kurang resmi. Upaya Kongres AS untuk meminta pertanggungjawaban Putra Mahkota dan kepemimpinan Saudi - dengan melarang penjualan senjata ke kerajaan, misalnya - telah diblokir oleh Gedung Putih.

Pembunuhan Khashoggi bukanlah kasus yang terisolasi. Itu adalah satu dari serangkaian serangan terhadap kritik terhadap monarki Saudi. Bahkan ketika Putra Mahkota sedang dipuji sebagai "pemodern" dan "pembaru," ia melemparkan saingan, jurnalis, blogger, seniman, aktivis hak-hak perempuan dan lainnya yang pandangannya tidak bisa ditoleransi di balik jeruji besi. Kritik internasional terhadap gelombang represi ini belum cukup cepat. Tidak mengherankan bahwa rezim Saudi merasa berani mengambil praktik-praktik paling kelam di luar negeri untuk membungkam salah satu pengkritiknya yang paling terkenal. Dengan kegagalan untuk meminta pertanggungjawaban para pembunuh Khashoggi sejauh ini, penindasan telah dimulai kembali dengan tenang seperti semula.

Pada bulan April, pihak berwenang Saudi memenjarakan sejumlah orang, termasuk wartawan, penulis, dan akademisi. Mereka termasuk dua warga AS - sebuah fakta yang bahkan tidak menimbulkan bisikan protes dari pemerintahan Trump.


Beberapa pembela HAM yang berani yang menentang sistem perwalian laki-laki yang diskriminatif tetap berada di balik jeruji besi, di mana mereka diduga menjadi subyek kondisi yang semakin suram, termasuk penyiksaan. Ketika keluarga pembela hak asasi perempuan Loujain al-Hathloul mengunjunginya di penjara Desember lalu, dia menunjukkan kepada mereka tanda-tanda gelap di pahanya - jejak kejut listrik yang bertahan lama, katanya.

Ketakutan berbicara menentang Riyadh telah menyebar ke para pembela HAM di luar negeri di negara-negara yang bersekutu dengan Arab Saudi. Ketika Mohammed bin Salman melakukan perjalanan ke Pakistan awal tahun ini, beberapa wartawan mengubah foto profil media sosial mereka menjadi gambar Khashoggi. Itu adalah tindakan solidaritas dan perlawanan, menunjukkan dukungan mereka untuk rekan-rekan Saudi mereka dan menarik perhatian pada represi yang dihadapi wartawan Pakistan sendiri. Para wartawan dilaporkan ditempatkan di bawah penyelidikan oleh pihak berwenang Pakistan.

Impunitas Arab Saudi juga mengirim pesan ke negara-negara lain - seperti Uni Emirat Arab, tempat orang dilaporkan ditahan karena mengirim komentar di media sosial, atau Mesir, di mana ratusan demonstran telah ditangkap dalam beberapa pekan terakhir - bahwa mereka dapat melanjutkan menangkap wartawan dan kritik lain karena protes damai atau menyiarkan kritik mereka secara online.

Ruang untuk kebebasan berekspresi dan pers bebas menyusut secara drastis di wilayah ini dan sekitarnya, dan Jamal Khashoggi tahu itu juga. Tetapi dengan kurangnya pertanggungjawaban atas pembunuhannya, berbicara jujur ​​kepada kekuasaan sekarang mungkin menjadi risiko yang terlalu berbahaya untuk diambil oleh mereka yang berada di bawah kekuasaan otoriter. Apa yang dimaksudkan sebagai titik balik untuk melindungi jurnalis dan pembangkang kini menjadi tanda peringatan. (
Samah Hadid)




Samah Hadid
Samah Hadid

Judul Asli
Jamal Khashoggi's murder could have been a turning point. Instead, it was a warning sign

Penulis
Samah Hadid

Samah Hadid adalah advokat hak asasi manusia yang berbasis di Beirut yang telah berkampanye untuk keadilan dan akuntabilitas untuk Jamal Khashoggi. Dia adalah mantan direktur kampanye Timur Tengah untuk Amnesty International. Pendapat yang dilihat dalam komentar ini adalah miliknya.

Artikel ini sudah terbit di webste aslinya yan beralamat
https://edition.cnn.com/2019/10/02/opinions/khashoggi-saudi-accountability-opinion-intl/index.html


No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog