Honda
Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Apa Yang Terjadi Ketika Anda Memakai Olie Bekas Untuk Mobil Anda

Pelajari apa yang terjadi ketika Anda menjalankan oli lama di mobil Anda, mengapa oli lama rusak, dan mengapa beberapa pembuat mobil merekomendasikan jarak tempuh lebih banyak di antara penggantian oli. Ganti olii di kendaraan Anda setiap 3.000 mil. 

Generasi pengemudi mengambil pernyataan ini sebagai Injil, dan untuk alasan yang baik. Selain dari kebutuhan yang jelas untuk mempertahankan oli pada tingkat operasi yang optimal, apa yang membuat oli sering berubah begitu penting? Apakah kendaraan saat ini masih mendapat manfaat dari penyegaran 3.000 mil? Apa yang terjadi ketika Anda menjalankan oli lama di mobil Anda?

Apa yang menyebabkan kerusakan minyak?
Di jantung mesin pembakaran internal terletak lingkungan yang tidak menyenangkan. Setiap kali piston berputar, panas terbentuk dari pembakaran dan gesekan. Kotoran dari bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder dan bercampur dengan karbon (produk dari pembakaran tidak sempurna) dan air (produk dari pembakaran yang tepat). Cincin, yang dirancang untuk mencegah ekspansi gas mendadak melewati piston, menyapu dinding silinder.



HAPPYPIX/SHUTTERSTOCK
HAPPYPIX/SHUTTERSTOCK


Zat-zat ini dapat masuk ke dalam oli melalui proses yang disebut blow-by, di mana cincin piston gagal menjaga crankcase (berisi oli) tersegel jauh dari isi silinder. Blow-by disebabkan, terutama, oleh dua hal: menghidupkan mesin dingin dan aus pada mesin yang menua.

Sebagai sifat dasar materi, bagian-bagian mesin melebar saat memanas. Piston dan cincin di mesin dingin tetap agak longgar — jika ini bukan masalahnya, mesin Anda akan menyambar ketika bagian-bagian ini mengembang dan menjadi terjepit di dalam silinder. Saat mesin bekerja, panas yang dihasilkan akan memperluas toleransi ideal mereka. Ini terjadi pada sekitar 195 derajat F. Sebelum titik ini, bagian-bagian berukuran lebih kecil memungkinkan beberapa tingkat blow-by, yang mulai mencemari minyak.

Kerusakan penggantian oli yang terlambat
Oli kotor menciptakan gesekan tambahan yang merusak dinding silinder. Seiring waktu, peningkatan diameter silinder dan adanya penyimpangan di dinding silinder juga mendorong blow-by. Saat memakai menumpuk, lebih banyak blow-by terjadi, yang mempercepat aus dan memungkinkan lebih banyak blow-by. Siklus yang buruk, tentu saja. Oli kotor juga berkontribusi pada keausan pada permukaan bantalan, yang mengurangi tekanan oli. Inilah seberapa sering Anda benar-benar harus mengganti oli Anda.

Kenakalan molekuler
Pada tingkat molekuler, minyak adalah senyawa berbentuk rantai yang tersusun dari karbon dan hidrogen. Molekul hidrokarbon yang dipompa dari tanah ini mengandung rantai dengan panjang yang berbeda-beda. Rantai yang lebih pendek cenderung menyerah pada panas di mesin Anda dan terbakar. Proses ini mencemari oli juga, membuatnya lebih tebal dan kurang efisien dalam melindungi mesin Anda dari keausan. Waspadai penipuan perbaikan mobil yang harus diperhatikan.

Baca juga Fakta Fakta ThanksGiving Yang Tidak tepat

Tanda mobil Anda perlu ganti oli
Periksa minyak Anda setiap beberapa minggu. Pembacaan rendah pada dipstick harus diakhiri, tetapi jika pelumas tembus pandang berwarna keemasan Anda terlihat kotor dan buram, ubahlah. Anda juga dapat melihat penurunan penghematan bahan bakar karena oli lama Anda mengental, kehilangan viskositas dan beberapa kemampuannya untuk melumasi. 


Karena efisiensi oli Anda memudar, mesin dapat menghasilkan lebih banyak panas, sehingga bekerja sedikit lebih panas dengan potensi panas berlebih. Terakhir, mobil Anda mungkin mulai mengeluarkan suara berdetak atau suara lain dari logam yang mengenai logam dengan sedikit atau tidak ada lapisan oli di antaranya. Tanda-tanda ini menandakan perlunya penggantian oli. Sebelum Anda melanggar bank, pastikan Anda tidak berurusan dengan salah satu dari 10 masalah mobil yang dapat Anda perbaiki sendiri dengan mudah.

Lebih dari 3.000 mil tanpa ganti oli?
Beberapa produsen mobil saat ini merekomendasikan interval yang lebih lama antara penggantian oli. Ada beberapa alasan untuk menjelaskan hal ini. Ini dimulai dengan larangan pemerintah terhadap timbal sebagai senyawa anti-ketukan. Timbal adalah penyebab utama kontaminasi minyak. 


Teknologi pabrikan yang lebih baru memungkinkan desain dengan spesifikasi yang lebih akurat, menghasilkan mesin yang lebih bersih dan lebih mudah terbakar. Akhirnya, minyak sintetis mengoptimalkan ukuran rantai hidrokarbon. Standarisasi ini mencegah pembakaran oli prematur, menahan tekanan engine lebih baik dan menciptakan lapisan yang lebih tipis dan lebih efisien pada permukaan engine. Semua ini menambah minyak yang tahan lama. Meskipun Anda mengawasi hal itu, berikut adalah 15 perbaikan mobil yang disarankan berdasarkan jarak tempuh mobil.

Sumber READER DIGEST



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog