Wajah hitam Trudeau mengungkap kebenaran: Kanada bukanlah surga rasial

CNN.COM  Bagi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, wajah hitam hanya merupakan hambatan yang harus diatasi dalam menjalankan kampanyenya setelah menerima teguran minggu ini karena menggelapkan wajahnya beberapa kali di masa lalu . Tetapi bagi jutaan orang kulit hitam, Pribumi dan orang kulit berwarna lainnya di Kanada, ini jauh lebih dari sekadar skandal sederhana. Blackface adalah pengingat bahwa orang kulit berwarna masih dianggap sebagai 'karakter' daripada manusia yang sama dan penuh.

Untuk memakai blackface adalah menjadi merendahkan penderitaan orang lain. Untuk mengambil tampilan kulit seseorang, tetapi tidak ada penderitaan yang dialami sebagai akibat dari rasisme, membuat ejekan dari pengalaman kita. Itu merendahkan siapa kita sebagai manusia.

Dan kenyataan yang menyebalkan adalah bahwa Kanada menyangkal rasisme mereka sendiri, rasisme yang sama hadir dalam lingkungan yang sangat berkulit putih, elit, dan istimewa di mana Trudeau tampaknya mengetahui bahwa wajah hitam itu dapat diterima, membuatnya tidak mungkin untuk diubah dengan cara yang berarti.




Photo courtesy CNN.COM
Photo courtesy CNN.COM


Sebagai seorang anak, saya diajari bahwa Kanada adalah negara kebebasan, multikulturalisme, dan keanekaragaman. Tetapi ketika saya tumbuh di jalanan Toronto, realitas dan pengalaman material saya tidak sesuai dengan narasi itu. Kebrutalan polisi , representasi yang berlebihan di panti asuhan , tingkat pengusiran astronomi di Toronto dan representasi yang berlebihan di penjara federal Kanada secara keseluruhan semua adalah bagian dari apa artinya menjadi hitam di Kanada.

Namun, ketika saya menggambarkan realitas ini kepada orang-orang, mereka segera mengaitkan kualitas ini dengan AS. Hidup di Amerika telah membawa saya pulang betapa meresapnya mitos ini - bahwa rasisme yang diwujudkan dalam wajah hitam adalah masalah Amerika - telah menjadi.


Dan tidak ada yang mewujudkan mitos Kanada sebagai surga rasial lebih dari Trudeau. Cara dia menampilkan dirinya sendiri dan cara dia mempraktikkan kebijakan dan politiknya tidak konsisten. One Trudeau adalah kekasih internasional. Di seluruh Amerika Utara dan luar negeri, ia dipandang sebagai feminis, juara keberagaman, penari bhangra , pemimpin Partai Liberal yang merayakan Ramadhan di utara yang merupakan lawan kutub dari Presiden Donald Trump, dan penggalian untuk keabadian ketidakadilan Amerika.


Baca juga Nasib Netanyahu tergantung pada keseimbangan setelah pemilihan Israel

Trudeau yang lain adalah salah satu yang sangat berbeda dari benteng keadilan murni yang dihadirkannya. Trudeau ini memiliki beberapa orang kulit berwarna, tetapi tidak ada orang kulit hitam di kabinet aslinya dan hanya menunjuk satu sejak itu, meskipun kebutuhan mendesak untuk lebih banyak kepemimpinan kulit hitam di Kanada. Trudeau ini baru-baru ini membuat komentar sarkastik kepada aktivis Pribumi dan meminta maaf untuk itu. Trudeau ini tidak bisa secara pasti menghitung berapa kali dia memakai wajah hitam .

Masalahnya dengan blackface adalah selalu disengaja. Pilihannya adalah bagian dari hak istimewa. Trudeau, terlepas dari permintaan maafnya sejak foto dirinya terungkap, memilih untuk melakukan wajah hitam. Namun, konsekuensi dari pilihan itu akan paling terasa oleh orang-orang yang tidak mirip dengannya. Orang yang terlalu sering tidak dapat memilih.

Orang-orang yang harus menanggung komentar yang tidak diminta pada kulit mereka di tempat ibadah mereka; orang-orang yang tiba-tiba menemukan diri mereka terkunci dalam perdebatan sengit tentang manfaat Trudeau di tempat kerja, dan argumen tentang apakah rasisme itu nyata atau tidak dari orang-orang yang tidak pernah mengambil buku tentang keadilan rasial dan yang tentu saja tidak diajarkan tentang hal itu dalam cara yang berarti dalam sistem pendidikan Kanada. Anak-anak, yang masih mengembangkan rasa identitas,

Terlepas dari rasisme yang mengerikan, ada anggapan bahwa kita harus mengatasinya dan terus maju. Itulah yang tampaknya siap dilakukan oleh Trudeau dan sebagian besar Kanada. Berpindah. Trudeau mungkin merasa bahwa dia telah meminta maaf atas kesalahan ini dan itu sudah cukup. Tetapi yang kita butuhkan sekarang adalah tindakan. Kanada tidak lagi bisa berpura-pura menjadi sempurna seperti yang dilakukan Trudeau, dan orang Kanada harus memutuskan negara macam apa mereka di balik topeng itu.(
Janaya Khan)

Janaya Khan
Janaya Khan
Judul Asli
Trudeau's blackface exposes the truth: Canada is no racial haven



Tulisan Opini
Janaya Khan

Janaya Khan adalah seorang aktivis, penulis dan pendongeng yang berbasis di Los Angeles yang memberikan kuliah tentang keadilan rasial, budaya dan kesetaraan gender di seluruh AS dan luar negeri.

Janaya telah muncul di Vogue, The Cut dan BET's Finding Justice dan berfungsi sebagai Direktur Program untuk Color Of Change. Mereka dapat ditemukan di Twitter @janaya_khan. Pandangan yang diungkapkan dalam komentar ini adalah milik penulis. Lihat opini lain di CNN.

Artikel ini sudah tayang di website aslinya dengan alamat

https://edition.cnn.com/2019/09/21/opinions/trudeau-blackface-canada-no-racial-haven-khan/index.html





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog