Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Ketika Anda Merasa Anda Tidak Layak Menjadi Bahagia

Kehidupan, kebebasan, dan pengejaran kebahagiaan - kita semua tahu kata-kata ini dari Deklarasi Kemerdekaan, tetapi banyak orang menyerah untuk mengejar waktu yang lama. Beberapa orang dapat menandai hari dan waktu ketika pandangan mereka tentang kehidupan dan diri mereka sendiri berubah: Pikirkan agen Dinas Rahasia yang malang itu, 40 tahun kemudian, ketika diwawancarai mengatakan bahwa dia tidak akan pernah bisa memaafkan dirinya sendiri karena dia percaya bahwa jika dia bertindak lebih cepat, dia bisa mencegah pembunuhan John Kennedy.

Tetapi bagi banyak orang lain, momen-momen itu kurang didefinisikan. Alih-alih, keyakinan bahwa mereka tidak layak mendapatkan kebahagiaan semakin meredup, dan secara aktif namun secara halus menyabot segala upaya untuk menjadi bahagia. 


Jadi, mereka berjuang dengan tingkat rendah tetapi depresi kronis , atau tidak pernah melampaui kencan pertama, atau berbicara tentang gairah mereka, tetapi tidak pernah sepenuhnya mengejar mereka. Atau mereka hidup dalam kondisi kecemasan yang konstan , meskipun mereka tidak dapat menentukan sumbernya. Apakah kepercayaan mereka tentang diri mereka sadar atau tidak, produk akhirnya adalah sama - erosi kehidupan mereka.

Berikut adalah beberapa sumber sabotase diri yang umum ini :

Dosa masa lalu

Di sini orang-orang melihat kembali kehidupan mereka dan hanya melihat apa yang telah mereka lakukan salah, orang-orang yang telah mereka sakiti. Kehidupan mereka adalah catatan kehancuran dan kesedihan; rasa bersalah dan penyesalan adalah emosi utama mereka. Ketidakbahagiaan mereka adalah silih yang harus mereka bayar selamanya.

Rasa bersalah orang yang selamat

Saudara kembar Elvis Presley meninggal tak lama setelah kelahirannya, dan dikatakan bahwa Elvis selalu dihantui oleh rasa bersalah bahwa ia telah selamat dan saudara kembarnya tidak. Rasa bersalah orang yang selamat ini juga kemungkinan besar menimpa agen Dinas Rahasia, mereka yang selamat dari kecelakaan pesawat ketika yang lain tidak, atau responden pertama yang merasa tidak cukup berbuat untuk menyelamatkan korban. Ini adalah rasa bersalah yang sering sarat dengan dosis berat stres pascatrauma .


Baca juga 

Trauma

Saya telah bertemu dengan wanita yang mengalami pelecehan seksual sebagai anak-anak, yang datang dari trauma itu berpikir bahwa mereka “kotor.” Dan karena mereka percaya bahwa mereka memang kotor, mereka merasa bahwa mereka tidak layak memiliki anak sendiri.

Trauma masa kanak-kanak tidak hanya meninggalkan luka emosional, ia meninggalkan anak dengan pandangan menyimpang tentang diri mereka sendiri; mereka hidup dengan menyalahkan diri sendiri, dengan rasa takut meniru luka-luka ini, dengan pandangan dunia yang selamanya tidak aman, mengaburkan perasaan bahagia apa pun.


Baca juga  Apa Yang Ingin Sudah Saya Ketahui Sebelum Memutuskan Menjadi Ayah Tiri

Kekhawatiran orangtua

“Orang tua hanya bahagia seperti anak yang paling tidak bahagia.” Banyak orang tua merasakan hal ini karena mengasuh anak tidak dimatikan pada usia 18 tahun. Kekhawatiran mereka, kadang-kadang rasa bersalah mereka, dan perasaan tidak berdaya mereka dapat menjadi hambatan dalam kehidupan sehari-hari. 



Photo courtesy WEBMD COM
Photo courtesy WEBMD COM



Citra diri yang kritis

Mereka yang terus-menerus mengkritik diri mereka sendiri - mereka yang perfeksionis, susah payah, yang berasal dari masa kanak-kanak kritis atau kasar - pada dasarnya terjebak di dasar sumur dengan sedikit atau tidak ada cara untuk keluar. 


Jika kebahagiaan didasarkan pada siapa Anda, dan siapa Anda berdasarkan pada apa yang Anda lakukan, dan jika semuanya harus sempurna, maka kesuksesan Anda jarang. Meskipun Anda dapat mencoba waktu untuk mencapai sasaran, lama kelamaan Anda mungkin mulai menyadari bahwa Anda tidak bisa. Yang tersisa hanyalah suara marah di kepala Anda yang mengingatkan Anda bagaimana Anda selalu mengacau, bagaimana Anda menjadi pecundang, bagaimana Anda tidak akan pernah cukup baik, resep untuk ketidakbahagiaan kronis.

Merasa bersalah jika Anda bahagia

“Aku merasa bersalah jika menertawakan sesuatu atau tiba-tiba merasa seperti sedang dalam suasana hati yang baik. Saya sudah lama tertekan dan tertekan sehingga saya takut jika saya tidak terlihat seperti itu, maka saya membohongi diri sendiri dan orang-orang yang dekat dengan saya. ”

Ketika ketidakbahagiaan Anda telah menjadi normal baru Anda, pandangan Anda tentang diri sendiri dan apa yang Anda perlihatkan kepada orang lain, itu bisa terasa meresahkan dan membingungkan ketika Anda tidak merasakan hal ini bahkan untuk periode waktu yang singkat. Anda tidak dapat membiarkan diri Anda menikmati atau membangun saat-saat bahagia ini karena Anda justru merasa bersalah dan cemas.

Kebahagiaan yang layak

Apa yang membuat cara ini memandang hidup Anda tetap hidup adalah luka yang mendasari dari masa lalu atau masa kini yang terus membusuk. Berikut adalah beberapa saran untuk mulai menyembuhkan masa lalu dan masa kini, dan menerima kebahagiaan dalam hidup Anda:

Menebus kesalahan

Jika ada penyesalan, rasa bersalah, atau luka yang menghantui Anda dan merusak kebahagiaan Anda, Anda ingin menemukan cara untuk mengistirahatkannya, untuk mendapatkan penutupan. Di sini Anda mengirim surat kepada seseorang yang Anda rasa Anda sakiti; Anda meminta maaf atas kesalahan. Dan jika orang lain itu tidak dapat dihubungi, tetap tulis surat itu; buat beberapa upacara penutupan, beberapa tindakan penyesalan yang mengakui apa yang terjadi tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengakui bahwa itu sudah berakhir.

Sadarilah bahwa Anda melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan saat itu

Ya, ini bisa menjadi pil yang sulit untuk ditelan. Itu karena Anda percaya Anda tidak melakukan yang terbaik yang Anda bisa - di masa lalu, dengan anak-anak Anda - yang membuat Anda merasa sedih. Meskipun Anda tidak dapat secara langsung mengubah perasaan Anda, Anda dapat mengubah apa yang Anda pikirkan, dan kuncinya di sini adalah berpikir bahwa Anda telah melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan pada saat itu . 


Kritik-diri Anda datang dari pikiran emosional Anda yang melihat ke masa lalu melalui lensa masa kini. Tetapi seperti kita semua, Anda pada saat itu melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, berdasarkan usia Anda, mungkin, dan pengalaman yang lebih terbatas dan keterampilan mengatasi.

Ya, ini akan membutuhkan beberapa pekerjaan. Anda ingin berlatih berpikir dan mengatakan ini pada diri Anda sendiri. Tidak, Anda tidak akan langsung merasa lebih baik, tetapi seiring waktu, Anda dapat mulai mengubah cerita yang telah Anda ceritakan pada diri sendiri sejak lama.

Atasi trauma Anda

Sudah waktunya untuk menyembuhkan luka dan menempatkan peristiwa masa lalu ini untuk beristirahat. Seringkali trauma datang berlapis-lapis dan di sini sangat membantu untuk menemui terapis, yang dapat membantu Anda menjalani proses penyembuhan ini tanpa merasa kewalahan.

Langsung kerjakan kritik-diri Anda

Kepala Anda selalu memberi tahu Anda bahwa apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan adalah masalahnya, dan satu-satunya cara untuk memecahkan masalah adalah berusaha lebih keras. Tetapi masalah sebenarnya bukanlah "kegagalan" berulang-ulang Anda, melainkan proses pelecehan diri yang merusak dan menghancurkan hidup Anda. Di sini, seperti halnya trauma, bantuan dari terapis dapat mengajarkan Anda cara memperbaiki pola pikir ini.

Atasi kecemasan dan / atau depresi Anda secara langsung

Selalu ada masalah ayam dan telur yang berputar di sekitar topik ini. Apakah Anda memiliki masalah depresi atau kecemasan yang mendasarinya, yang ketika itu mengembang pada hari yang buruk, secara otomatis menyebabkan otak Anda memutar kaset-kaset lama itu? Atau apakah Anda depresi dan cemas karena Anda tidak dapat mengistirahatkan pikiran tentang masa lalu?

Ini bisa sulit untuk diselesaikan. Jika pikiran Anda tentang peristiwa datang dan pergi, Anda mungkin ingin menjelajahi apa yang memicu pikiran atau ingatan itu pada hari itu - stres, khawatir. 


Di sini Anda menggunakan pikiran Anda tentang masa lalu sebagai bendera merah, membiarkan Anda tahu bahwa ada sesuatu yang salah di sini dan bahwa Anda perlu memperhatikan . Jika, di sisi lain, pikiran dan perasaan ini tampaknya naik seiring dengan perasaan depresi atau cemas yang lebih konstan, itu mungkin merupakan gejala dari gangguan yang mendasarinya. Di sini Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda tentang mencoba pengobatan dan melihat apakah pikiran Anda berubah ketika suasana hati Anda membaik.

Lanjutkan pelajaran hidup Anda

Kesamaan dari semua sumber ini adalah terjebak - di masa lalu, di masa sekarang - terjebak dalam emosi dan cara berpikir yang terus mendaur ulang. Berpikir dengan sengaja secara berbeda, mendapatkan penutupan, dan menyelesaikan trauma semua dapat membantu Anda memperbaiki sirkuit otak yang sudah lama ada. Tetapi tindakan perilaku juga bisa membantu.

Di sini, misalnya, adalah tempat korban pelecehan sukarela atau memiliki pekerjaan yang membantu korban pelecehan lainnya. Di sinilah orang berkomitmen untuk mengubah nilai-nilai dan prioritas mereka sehingga hubungan mereka dengan diri mereka sendiri dan orang lain lebih berbelas kasih. Anda juga dapat mengubah tindakan Anda. Anda juga dapat mengubah keyakinan Anda, baik itu disadari atau tidak , bahwa Anda tidak pantas bahagia.

Kebahagiaan adalah produk sampingan dari kehidupan yang dijalani sepenuhnya, kehidupan yang didasarkan pada perawatan diri dan pengampunan yang bisa datang dengan niat baru, tindakan yang disengaja, dukungan. Jika tidak sekarang kapan? (
Robert Taibbi L.C.S.W.)



Judul Asli 

When You Feel You Don't Deserve to Be Happy

Consciously or unconsciously, our past can undermine our present happiness.


PenulisRobert Taibbi L.C.S.W.
Robert Taibbi L.C.S.W.

Artikel ini sudah tampil di halaman website utamanya dengan alamat


No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog