Kematian misterius Model menyinari industri hiburan Thailand

CNN.COM Bangkok, Thailand (CNN) Kematian misterius seorang wanita muda di Thailand, yang mayatnya ditemukan di lobi sebuah gedung apartemen, telah mencengkeram bangsa dan menyoroti risiko yang dihadapi wanita yang bekerja di industri jasa dan promosi industri.

Polisi menangkap seorang model pria sehubungan dengan kematian Thitima Noraphanpiphat pada hari Rabu setelah rekaman CCTV menunjukkan dia menyeret tubuhnya yang tak bernyawa ke lift dan meninggalkannya di sofa di lobi kondominium Bangkok-nya.

Thitima, 25, adalah seorang model, presenter produk dan penghibur pesta dan telah dibayar untuk menyajikan minuman di sebuah pesta pada 16 September di sebuah rumah di luar Bangkok di Nonthaburi. Jenazahnya ditemukan di lobi gedung apartemen tersangka utama malam itu, kata Kepala Polisi Metropolitan Letjen Suthipong Wongpin kepada CNN.


Kematian Thitima Noraphanpiphat telah menarik perhatian luas di Thailand. Foto diambil dari Instagram Thitima.
Kematian Thitima Noraphanpiphat telah menarik perhatian luas di Thailand. Foto diambil dari Instagram Thitima.

Kematian Thitima telah mendominasi berita utama di negara itu, dan keadaan sekitar jam-jam terakhirnya telah menjadi pusat spekulasi dan rumor yang intens.

Pada hari Kamis, polisi menangkap enam orang lagi yang menghadiri pesta itu setelah seorang wanita lain mengajukan pengaduan kepada polisi dengan mengatakan bahwa dia dipaksa minum terlalu banyak sehingga dia menjadi tidak sadar. Dia bangun telanjang keesokan paginya. Wanita kedua, diidentifikasi dalam laporan polisi sebagai "Rusa," juga disewa untuk melayani minuman di pesta, kata polisi.


Kehidupan yang 'canti'

Kasus ini telah mencermati industri layanan Thailand, di mana perempuan - yang dikenal sebagai "cantik" - dipekerjakan untuk pekerjaan promosi di acara-acara seperti pameran mobil, pesta, dan di bar dan klub malam.

Pelecehan dan pelecehan seksual adalah hal biasa, dan para wanita sering ditekan untuk minum alkohol berlebihan, kata Naiyana Supapung dari Teeranat Foundation, sebuah organisasi yang mengadvokasi hak asasi manusia dan kesetaraan gender. Naiyana mengatakan masyarakat memandang rendah "kecantikan" dan stigma dapat membuat mereka tidak mencari jalan hukum jika mereka dilecehkan.

Thitima adalah pencari nafkah utama bagi keluarganya, dan dia ingin mengirim putrinya yang berusia 3 tahun ke sekolah yang bagus, lapor the Bangkok Post. Kematiannya telah memicu seruan agar undang-undang diperkenalkan untuk melindungi mereka yang bekerja di industri dan kampanye kesadaran untuk mengubah sikap seputar pekerjaan mereka. "Kita harus mengubah kepercayaan ini agar generasi kita berikutnya memahami bahwa tidak ada yang berhak melecehkan atau menyakiti orang lain," kata Naiyana.


Baca Juga Mengapa Orang Amerika Menggunakan Fahrenheit daripada Celcius

Kasus yang mencekam Thailand
Tersangka utama, Rachadech Wongtabutr, 24, orang terakhir yang terlihat hidup bersama Thitima, pada awalnya diinterogasi oleh polisi tetapi kemudian melepaskannya setelah menyangkal keterlibatan kriminal.

Ketertarikan pada kasus itu meledak setelah polisi mengkonfirmasi bahwa Rachadech telah memposting foto-foto Thitima, yang dikenal sebagai Lunlabelle, di media sosial pada malam dia meninggal. Rilis rekaman CCTV dari kondominiumnya menambah spekulasi seputar insiden tersebut.

Polisi kemudian menangkap Rachadech setelah pemeriksa medis menentukan waktu kematian berarti Thitima mungkin sudah meninggal pada saat dia membawanya ke apartemennya.

Rachadech didakwa Rabu dengan penahanan ilegal yang menyebabkan kematian, penculikan dengan maksud melakukan tindakan tidak senonoh, dan ketidaksenonohan. Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki orang lain yang bisa terlibat, termasuk tuan rumah pesta dan tamu.

CNN tidak dapat menghubungi pengacara Rachadech untuk memberikan komentar. Suthipong, kepala polisi, mengatakan bahwa Rachadech mengakui bahwa dia membawa Thitima ke apartemennya tetapi membantah tuduhan itu, mengatakan dia pikir dia hanya mabuk dan tidak menyadari dia telah meninggal.

Rekaman kamera keamanan dari malam hari muncul untuk menunjukkan Rachadech memasuki gedung kondominiumnya dengan apa yang tampak seperti wanita yang tidak sadar dan membawanya ke kamarnya di lantai enam. Beberapa jam kemudian rekaman itu diduga menangkap Rachadech membawa wanita itu kembali ke lobi dan menempatkannya di sofa.

Kecurigaan semakin meningkat ketika, segera setelah menemukan tubuhnya, polisi mengatakan mereka harus masuk ke kamar Rachadech karena dia tidak akan membuka pintu. Laporan otopsi awal yang dirilis minggu lalu menunjukkan bahwa wanita itu meninggal karena "keracunan alkohol ekstrem," kata Suthipong . Temuan menunjukkan dia memiliki konsentrasi alkohol dalam darah 418 miligram per 100 mililiter.

Ada juga spekulasi bahwa Thitima telah dibius dan mengalami pelecehan seksual meskipun otopsi tidak menemukan bukti obat dalam sistemnya atau bukti serangan, menurut Suthipong.

Fokus dalam kasus ini adalah pada saat kematian, yang diberikan oleh pemeriksa medis empat jam pada 16 September, antara jam 3 malam. dan 7 malam Polisi bahkan telah mempertimbangkan data biometrik pada jam tangan pintar untuk menentukan kapan dia meninggal, meskipun data tersebut tidak mungkin dihitung sebagai bukti.

Seorang pengacara yang bekerja untuk keluarga Thitima mengatakan kepada CNN bahwa mereka sedang menunggu otopsi baru selesai pada 2 Oktober karena mereka percaya kematiannya mencurigakan. "Saat ini masalahnya adalah masalah waktu," kata Pongsa Ratri, menambahkan bahwa mereka akan menunggu laporan forensik baru sebelum memutuskan bagaimana melanjutkan kasus ini.
(Helen Regan )

Helen Regan
Helen Regan  
Judul Asli
Model's mysterious death is shining a light on Thailand's entertainment industry


Penulis
Helen Regan  and Angie Puranasamriddhi, CNN

Artikel ini sudah terbit di website utamanya dengan alamat
https://edition.cnn.com/2019/09/27/asia/thailand-model-death-investigation-intl-hnk-scli/index.html


No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog