Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tindakan keras militer di Hong Kong akan menjadi bumerang bagi perekonomian China

CNN.COM  Hong Kong (Bisnis CNN) Gagasan Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) di jalan-jalan Hong Kong tampak tidak terpikirkan beberapa minggu yang lalu. Sekarang sedang dipertimbangkan kemungkinan.

Ketika protes pro-demokrasi Hong Kong tumbuh dalam frekuensi dan intensitas, komandan garnisun PLA kota itu berbicara tentang demonstrasi untuk pertama kalinya minggu lalu, mengatakan bahwa kekerasan "tidak boleh ditoleransi."


Sejak itu Hong Kong telah menyaksikan lima hari protes massa berturut-turut, yang telah menutup toko-toko, mengganggu perjalanan udara dan menyebabkan bentrokan antara polisi dan demonstran. Pasar saham Hong Kong mengalami hari terburuk dalam beberapa bulan pada hari Senin.


Meskipun belum ada indikasi bahwa Beijing berencana untuk mengerahkan pasukan untuk memulihkan ketertiban, ketakutan akan intervensi PLA telah menyebar ke seluruh kota dan memicu ingatan akan penumpasan Lapangan Tiananmen 1989 yang brutal.


Baca juga America Under Attack. Aklankah segera berakhir

Tetapi keputusan untuk menempatkan PLA di jalan-jalan Hong Kong akan "sangat merugikan" bagi kota dan ekonominya, kata Willy Lam, asisten profesor di Chinese University of Hong Kong.Pasar saham kemungkinan akan runtuh, diikuti oleh pasar perumahan. Eksodus massal bisa terjadi.


Pemerintah Hong Kong secara hukum diizinkan untuk meminta bantuan dari pasukan PLA yang terdiri lebih dari 6.000 tentara jika ketertiban umum di kota itu tidak terkendali. Tetapi mengingat hubungan dekat Hong Kong dengan daratan Cina, keputusan untuk menempatkan mereka dapat memantul ke seluruh negeri pada saat ekonomi terbesar kedua di dunia itu sudah rentan karena perang dagang dengan Amerika Serikat.


"Bahkan 100 tentara di kawasan pusat bisnis, jika mereka tiba-tiba muncul di halaman depan semua surat kabar utama, itu akan memiliki dampak yang sangat mengerikan pada perusahaan multinasional yang berbasis di Hong Kong," kata Lam.


Gambar dari CNN.COM
Gambar dari CNN.COM



Status khusus Hong Kong
Bekas koloni Inggris itu dikembalikan ke Beijing pada tahun 1997, tetapi sekarang dijalankan di bawah sistem hukumnya sendiri yang memberikan kebebasan ekonomi dan sosial yang lebih besar daripada kota-kota di Cina daratan.


Itu telah membantu melindungi reputasi Hong Kong sebagai salah satu pusat keuangan terpenting di dunia. Ini dianggap sebagai tempat yang aman dan stabil di mana perusahaan dan investor asing dapat beroperasi. Banyak perusahaan multinasional datang ke Hong Kong untuk melakukan bisnis di Cina, sementara perusahaan Cina menggunakan pasar sahamnya untuk meningkatkan modal.


Raksasa teknologi China, Alibaba (BABA) bahkan sedang mempertimbangkan listing sekunder senilai $ 20 miliar di Hong Kong setelah listing New York yang sangat sukses pada tahun 2014.


Status khusus Hong Kong secara besar-besaran menguntungkan ekonomi Tiongkok. Ini memberi negara cara untuk menerima investasi besar dan perdagangan dari perusahaan internasional tanpa sepenuhnya membuka pasarnya.


Pada 2016, 61% dari investasi langsung asing China, atau $ 82 miliar, datang melalui Hong Kong, menurut Otoritas Moneter Hong Kong.Tetapi protes besar - yang telah menarik jutaan orang - telah mengganggu kota. Pada bulan Juni, ketika protes terbesar dimulai, penjualan ritel Hong Kong turun 6,7%, menurut media pemerintah Cina.


Singapura memberi isyarat

Pasar saham Hong Kong, terbesar kelima di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, kemungkinan akan turun tajam begitu PLA muncul. Itu bisa menghapus miliaran dari nilai perusahaan.


Dan mengingat kerusakan serius pada reputasi kota sebagai tempat di mana bisnis lebih atau kurang bebas untuk beroperasi tanpa campur tangan Beijing, tidak jelas kapan atau apakah pasar saham akan pulih.


Dalam menghadapi ketidakstabilan semacam itu, perusahaan akan mulai mempertimbangkan kembali investasi mereka di kota, kata Lam, pakar politik Hong Kong. Perusahaan dapat melihat untuk memindahkan operasi besar.


"Mereka tidak akan menutup operasi mereka sepenuhnya di Hong Kong tetapi akan memindahkan bagian-bagian penting ke Singapura dan menjadikannya markas regional mereka," katanya. "Sejumlah besar penduduk Hong Kong dari kelas menengah ... latar belakang mungkin mulai beremigrasi ke negara-negara berbahasa Inggris."


Bukti eksodus dari kota kemungkinan akan menghancurkan pasar properti Hong Kong juga.Itu sebelum efek knock-on pada ekonomi Cina - yang telah melambat - dari hilangnya semangat ekonomi Hong Kong dan kedudukan internasional.


Beberapa politisi AS bahkan menyarankan mereka akan mendorong untuk evaluasi ulang resmi status perdagangan "negara paling disukai" Hong Kong dengan Amerika Serikat jika situasinya menjadi terlalu mengerikan. Status khusus itu memberi negara keuntungan perdagangan tertentu, termasuk tarif yang lebih rendah untuk barang impor, menurut pemerintah AS.


Kelompok bipartisan senator AS memperkenalkan "Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong" pada Juni, yang mensyaratkan pemeriksaan tahunan bahwa Hong Kong cukup otonom "untuk membenarkan perlakuan khusus.

Kejatuhan diplomatik

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa ia akan meninggalkan masalah di Hong Kong kepada pemerintah Cina."Itu antara Hong Kong dan itu antara Cina, karena Hong Kong adalah bagian dari China ... mereka tidak memerlukan nasihat," katanya kepada wartawan di luar Gedung Putih.


Tetapi pemerintah asing akan sangat memperhatikan penyebaran PLA. Sebagian karena statusnya sebagai pusat keuangan global, Hong Kong adalah tujuan utama bagi ekspatriat dari seluruh dunia.Ratusan ribu warga Australia, Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat bisa terkena dampak penumpasan di Hong Kong.


"Pukulan diplomatik dan reputasi ke China akan sangat besar jika ada insiden seperti Tiananmen lainnya, karena akan disiarkan dan tweet langsung ke dunia," kata Ben Bland, rekan peneliti di Lowy Institute di Sydney, sebuah lembaga think tank Australia.


Baca juga 20 Orang Tewas Dalam Penembakan Masal Di El Paso TEXAS

Ketika PLA dikerahkan ke jalan-jalan Beijing pada tahun 1989 untuk membersihkan para demonstran pro-demokrasi, yang menyebabkan banyak kematian, masyarakat internasional dengan cepat mengutuk tindakan militer.Tetapi Bland mengatakan reaksi secara global bisa lebih dingin lagi jika PLA bergerak lagi untuk menindak di Hong Kong.


"Kita berada dalam era persaingan yang jauh lebih pahit antara AS dan Cina pada khususnya, serta China dan kekuatan Barat lainnya," katanya."Ini akan menggarisbawahi bagi banyak orang bahwa hampir tidak mungkin untuk melakukan bisnis dengan China dan bahkan hidup dengan China."Sherisse Pham dari CNN Business berkontribusi pada laporan ini
 (Ben Westcott).

Judul Asli
A military crackdown in Hong Kong would backfire on China's economy


Penulis :
Ben Westcott


Artikel ini sudah muncul di halaman website aslinya dengan alamat :
https://edition.cnn.com/2019/08/05/business/hong-kong-protest-china-army-pla/index.html

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog