Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Pengaruh Insentif terhadap Kinerja Karyawan

LINOVHR.COM Dalam menjalankan bisnis, tantangan dan permasalahan akan selalu ada seiring dengan perkembangan zaman. Khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia. Manajemen dipacu untuk menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada

Mulai dari masalah menurunnya tingkat kedisiplinan, persaingan yang tidak sehat antar sesama karyawan, kurangnya pengetahuan teknologi sehingga tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan perusahaan, Turnover karyawan yang tinggi, hingga menurunnya kinerja karyawan yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan, baik dari sisi materiil maupun non materiil.

Bagaimana pun kondisinya, keberhasilan sebuah perusahaan sangat bergantung pada pendayagunaan sumber daya manusia yang berkualitas. Itu sebabnya perlu diberikan apresiasi terhadap kinerja karyawan agar mereka lebih bersemangat dalam bekerja dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan perusahaan. Salah satunya adalah dengan kebijakan pemberian insentif.

Lalu, apakah sebenarnya insentif itu? Bagaimana pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan?


Apa Itu Insentif?
Insentif adalah salah satu imbalan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada karyawan atas kinerja yang telah dilakukan berupa finansial maupun non finansial dengan tujuan untuk memotivasi, memberikan semangat, dan meningkatkan kontribusi karyawan bagi kemajuan perusahaan.

Meskipun tidak disebutkan dalam Undang-undang Ketenagakerjaan, namun istilah insentif sebenarnya sama dengan tunjangan yang ada dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003.

Baca Juga Etika Di Tempat Kerja Yang Seharusnya Anda Perhatikan


Bagaimana Pengaruh Insentif terhadap Kinerja Karyawan?

Seperti yang pernah dibahas melalui website Forbes, Pemberian insentif merupakan salah satu teknik motivasi yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Berikut adalah alasannya.

1. Meningkatkan Gairah Karyawan sehingga Menjaga Motivasi Mereka tetap Tinggi
Sebenarnya, pemberian insentif jangka pendek sangat mampu memotivasi kinerja mereka. Bayangkan jika Anda memberikan insentif dalam jangka panjang, apa yang akan terjadi? Tentu saja, karyawan akan semakin termotivasi dan merasa dihargai sehingga menciptakan gairah positif yang mereka salurkan di perusahaan.



Gambar dari LINOV HR
Gambar dari LINOV HR

2. Insentif dapat Membangun Koneksi secara Emosional Insentif adalah sebuah cara efektif yang digunakan pimpinan atau manajer sebuah perusahaan untuk memotivasi karyawan. Pendekatan yang dilakukan seorang pimpinan perusahaan ini selanjutnya akan meningkatkan hubungan baik dengan para karyawan sehingga terjalin sebuah komunikasi nilai dan kepercayaan secara emosional.

3. Insentif yang Terikat akan Memudahkan untuk Mencapai Tujuan Perusahaan Menawarkan pemberian insentif kepada karyawan yang telah mencapai target pekerjaan lebih cepat atau mencapai prestasi tertentu adalah cara sebuah perusahaan untuk mempermudah mencapai tujuannya.

Faktanya, seseorang yang mendapatkan pengakuan dan merasakan bagian dari hal yang lebih besar daripada diri mereka sendiri adalah sebuah kebanggaan. Itu sebabnya pemberian insentif sebaiknya bersifat terikat agar karyawan lebih bersemangat dalam pekerjaannya.



4. Insentif hanya Bekerja Jika Budaya Perusahaan telah Kuat Perlu Anda ketahui bahwa sebaiknya insentif diberikan pada sebuah perusahaan yang telah memiliki budaya positif yang kuat. Jika Anda menerapkan insentif di lingkungan perusahaan yang sudah beracun, Anda akan semakin memperburuk situasi yang ada di sana.

Baca Juga Kesempatan Berkarir Di Bidang Terapi


Pemimpin perusahaan harus bersikap lebih bijaksana dengan pendekatan yang lebih intens kepada karyawannya agar ide-ide dan gagasan baru dapat diimplementasikan untuk hasil yang positif dan memajukan perusahaan.



5. Insentif Ada karena Penghargaan terhadap Sikap Manusia sangatlah Penting
Tentu saja, pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan akan berdampak positif pada mereka. Ini sejalan dengan teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow, dimana pada tingkat tertinggi hierarki, karyawan akan merasakan sebuah kebutuhan akan aktualisasi diri (Self Actualization Needs). Secara otomatis, karyawan akan mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin karena ada apresiasi dari perusahaan atas hasil kinerja mereka.



6. Insentif Dipandang Sebagai Persepsi Keadilan
Saat sebuah perusahaan mengalami kemajuan dan peningkatan dari segi pendapatan, maka setiap bagian pun akan mengalami peningkatan. Mulai dari penambahan perlengkapan dan peralatan kerja, penambahan jam lembur kerja, sampai dengan perekrutan karyawan baru.

Itu sebabnya, beberapa karyawan yang telah berusaha keras memajukan perusahaan juga berhak mendapatkan persentase penambahan atas prestasi kerja mereka, dengan demikian, pemberian insentif juga dipandang sebagai persepsi keadilan bagi karyawan.



7. Insentif Tidak Harus Selalu Berwujud Uang, Sesuaikan dengan Kebutuhan Karyawan
Seperti yang telah dibahas pada paragraf sebelumnya bahwa pemberian insentif tidak harus berupa uang. Sesuaikan dengan kebutuhan karyawan Anda. Anda bisa mulai bertanya pada bagian Human Capital Management, apa yang dibutuhkan karyawan A, dan apa yang dibutuhkan oleh karyawan B?

Kesesuaian pemberian insentif kepada karyawan juga akan membuat karyawan Anda merasa lebih dihargai karena Anda paham betul apa kebutuhan utama dari karyawan Anda.

SDM yang anda miliki adalah aset yang bernilai tinggi. Pemberian insentif pada karyawan yang anda miliki merupakan investasi yang cukup efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka. Juga berdampak positif terhadap meningkatnya keuntungan perusahaan. (Sumber LINOVHR)


Judul Asli
Pengaruh Insentif terhadap Kinerja Karyawan 


Penulis
ADMIN LINOV HR

Artikel ini sudah tampil di halaman website aslinya yang beralamat
https://www.linovhr.com/pengaruh-insentif-terhadap-kinerja-karyawan/






No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog