Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

5 Alasan Pentingnya Punya Asuransi untuk Perlindungan Keluarga

Hidup bisa diibaratkan seperti mobil yang sedang menempuh perjalanan. Kadang lancar tanpa kendala, kadang harus menempuh jalan yang berliku dan berbatu. Meski perjalanan tersebut sudah direncanakan dengan matang, tetap tak ada satu orang pun yang bisa menduga apa yang akan terjadi beberapa menit atau beberapa jam ke depan. Hal-hal tak terduga itulah yang sebenarnya perlu diantisipasi. Di dalam hidup maka penting sekali punya asuransi untuk perlindungan keluarga tercinta. 

Kenapa sih kita perlu punya asuransi untuk melindungi keluarga kita? Sudah banyak sekali peristiwa di mana satu keluarga akhirnya makin terpuruk akibat masalah yang tiba-tiba datang. 


Ada satu peristiwa yang saya ingat sekali. Salah satu tetangga dekat saya yang mengalaminya. Keluarga mereka awalnya hidup berkecukupan. Semuanya terlihat baik-baik saja, sehat, dan bahagia. Lalu tanpa diduga, sang kepala keluarga terserang penyakit yang cukup berat. Hilangnya tulang punggung keluarga, ditambah dengan biaya pengobatan yang tidak murah, membuat kondisi keluarga itu seakan terbalik 180 derajat. 





Pernah suatu ketika ada tetangga lain yang bertanya pada istri dari keluarga yang kena musibah tadi. Apakah mereka punya perlindungan tambahan berupa asuransi atau BPJS? Ternyata tidak. Mereka hanya mengandalkan tabungan. Sementara, tabungan yang tak diikuti dengan pemasukan rutin, lama-lama ya akan habis juga. 


5 Alasan Pentingnya Punya Asuransi untuk Perlindungan Keluarga

Di masa lalu, kesadaran memiliki asuransi sangatlah minim di dalam masyarakat kita. Ketika pemerintah menghadirkan BPJS, awalnya juga cukup banyak penolakan. Kemudian saat kehadiran BPJS mulai dirasakan manfaatnya, akhirnya banyak juga yang ikut menggunakan. Lalu bagaimana dengan asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa? Apa ada manfaat yang bisa diambil jika memiliki asuransi?


1. Asuransi Menjadi Perlindungan Tambahan Bagi Keluarga akan Hal-hal Tak Terduga.
Saat berkomitmen memasuki mahligai pernikahan dan membangun rumah tangga, pastilah kita telah melakukan banyak persiapan, mulai dari mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan, mempersiapkan biaya pendidikan anak, juga menabung sebagai dana darurat. 


Namun sebaik apa pun perencanaan yang kita lakukan, tetap saja tak menutup kemungkinan terjadi hal-hal tak terduga, entah sakit penyakit, kecelakaan, kebakaran, kehilangan, dan sebagainya. Di sinilah peran asuransi akan mampu memberi perlindungan tambahan bagi keluarga sehingga ketika musibah terjadi kita tak akan sampai terpuruk habis-habisan. 


Saat ini ada banyak asuransi yang tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, bahkan bisa disesuaikan pula dengan kemampuan kita membayar premi. Untuk mencari tahu lebih banyak tentang asuransi, juga produk-produknya sebagai langkah menambah informasi, bisa mulai baca-baca di artikel yang ada di internet atau mampir saja di website Lifepal.


2. Membantu Mengelola Keuangan Dengan Lebih Baik
Dengan memiliki satu atau beberapa produk asuransi, kita sebenarnya dibantu untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Untuk kesehatan, ada produk asuransi kesehatan. Menyediakan cadangan dana kalau terjadi kecelakaan, ada juga produknya, seperti asuransi kecelakaan.


Tiap-tiap asuransi memiliki benefitnya sendiri-sendiri yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita untuk mengalokasikan dana serta perlindungan tambahan apa yang kita butuhkan. 


Dengan cara ini, pengelolaan keuangan juga jadi lebih disiplin karena secara tak langsung kita mau tak mau menyisihkan dana secara rutin (yang jangka waktunya kita tentukan sendiri). Berbeda dengan menabung yang kadang kita lakukan sesuka kita tanpa ada jadwal yang tetap.


3. Sebagai Cadangan Dana di Masa Depan yang Sesuai Kebutuhan
Jika sejak dini kita telah melindungi diri dan keluarga kita dengan perlindungan tambahan melalui produk-produk asuransi sesuai kebutuhan, maka ketika terjadi hal-hal tak terduga.


Contoh kasus lain. Ada satu keluarga yang istrinya mendadak kecelakaan. Bertepatan dengan kejadian itu, sang suami baru saja membayar cicilan rumah yang jumlahnya cukup besar. Tabungan ada, tapi jumlahnya tak banyak. Karena mereka memiliki asuransi kesehatan dan biaya pengobatan hingga perawatan masuk dalam perlindungan asuransi tersebut maka keluarga ini tak perlu lagi menghabiskan seluruh tabungan. Mereka bisa menggunakan dana cadangan dari produk asuransi kesehatan yang mereka miliki.


4. Cara Baru Dalam Berinvestasi
Apakah produk asuransi, apa pun jenisnya, baru bermanfaat kalau terjadi sesuatu? Tentu saja tidak, karena ada jaminan pengembalian dana jika tak terjadi sesuatu. Pengembalian dana ini disertai dengan pembagian laba/keuntungan. Sama halnya seperti kita menabung di bank dan mendapatkan bunga, namun keuntungan yang didapatkan dari produk asuransi biasanya lebih besar dibandingkan dengan menabung secara konvensional.


Untuk lebih jelas mengenai berinvestasi melalui produk asuransi, kita bisa menanyakannya dengan lebih detail kepada agen asuransi yang membantu menguruskan polis kita. Setiap jenis atau produk asuransi memiliki skema yang berbeda dalam hal ini dan perlu benar-benar dipertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan memiliki produk yang dikehendaki. Alangkah lebih baik lagi selain mempertimbangkan keuntungan, perlu juga mempertimbangkan kemampuan dalam pembayaran premi.


5. Jaminan Kesejahteraan Keluarga Saat Hilangnya Tulang Punggung
Dalam masyarakat modern saat ini memang banyak keluarga muda, suami maupun istri, memutuskan sama-sama bekerja demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan bisa meningkatkan taraf hidup keluarga. Di saat yang sama, banyak pula keluarga yang hanya mengandalkan satu orang sebagai sumber keuangan. 


Jika selama bertahun-tahun bertahan dengan satu sumber uang, lalu ketika sumber uang meninggal hingga tak ada lagi yang bisa memberi penghidupan bagi seluruh anggota keluarga, apa yang akan terjadi? 


Anda, juga saya, pastilah tak ingin kehilangan kenyamanan dan kebahagiaan hidup yang saat ini sudah dimiliki hanya karena musibah, sakit penyakit, atau kepergiaan orang yang dicintai, kan? Itu sebabnya, mumpung masih punya waktu dan daya, persiapkan dan rancang sedini mungkin agar kelak masa depan jadi lebih baik. Salah satunya, ya penting banget punya asuransi untuk perlindungan keluarga.

2 comments:

  1. Memang asuransi itu sangat penting terutama bagi orang orang yang sudah berkeluarga. Wajib deh hukumnya...

    ReplyDelete
  2. Repayment of the entire excellent debt (e.g. home loan, vehicle loan etc.) of the plan holder·Following debt repayment, the cover or sum sure should have surplus funds to produce enough monthly revenue to protect all the residing costs of the dependents of the plan dish, factoring in inflation·After debt repayment and generating Asuransi Allianz revenue, the sum certain should also be ample to meet future obligations of the policy loop, like children's knowledge, marriage etc.
    https://www.asuransi-jiwa.org

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog