Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tips Memilih VPS Hosting

Seiring dengan perkembangan website Anda, tidak menutup kemungkinan Anda perlu untuk beralih dari shared hosting ke VPS (Virtual Private Server). Seperti diketahui, VPS pada umumnya menawarkan performa yang lebih baik katimbang shared hosting, dan jenis hosting yang satu ini akan sangat sesuai untuk website yang memiliki traffic tinggi yang tentunya membutuhkan resource yang lebih besar. 


Gambar dari PT Exabyte Network Indonesia
Gambar dari PT Exabyte Network Indonesia

VPS adalah sebuah server virtual yang memiliki resource dedicated. Layanan ini berbeda dengan shared hosting, dimana VPS memberikan resource secara khusus untuk klien. Klien dapat menginstal aplikasi dan menggunakan semua resource VPS tersebut tanpa harus berbagi dengan klien lain. Setiap virtual mesin melayani OS dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Selain digunakan oleh website berskala besar, biasanya VPS digunakan untuk cloud computing, menjalankan software forex trading, software bot, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak perusahaan VPS Indonesia atau provider hosting dalam negeri yang menawarkan layanan VPS server sesuai dengan kebutuhan klien. Namun, pastikan Anda untuk memilih provider yang memiliki reputasi bagus dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih VPS hosting.

  • Traffic website. Pertimbangkan aspek internal dan eksternal. Misalkan website Anda memiliki traffic tinggi dengan mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia, maka dalam hal ini pilihan terbaik untuk website Anda adalah VPS IIX.
  • Sumberdaya dan Teknologi. Jika Anda berencana membeli layanan VPS, pastikan layanan VPS tersebut telah menggunakan teknologi terbaru. Teknologi baru akan memudahkan Anda dalam mengelola website Anda. Adapun salah satu teknologi yang harus ada antara lain adalah fitur untuk melakukan monitoring CPU, RAM, Inode, dan diskspace. Sebagai informasi, inode adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang sebuah file pada akun hosting Anda. Jumlah inode mengindikasikan jumlah dari file dan folder yang Anda miliki. Ini termasuk semua didalam akun Anda, email, file, folder atau apapun yang Anda simpan di server.
  • Tentukan Besaran Traffic Data dan Kebutuhan Interkoneksi. Sebagai gambaran, misalnya Anda memiliki website dengan jumlah pengunjung 2500 setiap harinya, tentunya memori sebesar 300 MB tidaklah cukup. Rumus menghitung kebutuhan bandwidth website adalah sebagai berikut:Visitor = 1000 / day = 30k / bulan. BW = 500 x 3 x 30,000 = 45,000,000 KB atau 45 GB per Bulan.  Dan jika Anda takut salah, Anda dapat berkonsultasi ke bagian customer service terlebih dulu sebelum memutuskan order layanan VPS.
  • Aspek Keamanan. Pilihlah provider yang menawarkan sistem keamanan bagus. Dalam memilih layanan hosting, aspek keamanan merupakan salah satu pertimbangan prioritas. Anda tentunya tidak ingin website yang Anda bangun dengan sedemikian gigih dan telah menghabiskan banyak waktu Anda nantinya dengan begitu mudah menjadi korban peretasan.
  • Dukungan Pelanggan. Sebagai pelanggan layanan VPS, Anda harus mendapatkan prioritas layanan kapanpun Anda membutuhkannya. Provider manapun yang akan Anda pilih, pastikan Anda akan terlayani dengan baik sehingga setiap permasalahan pengelolaan hosting yang Anda temui dapat terselesaikan dengan cepat.
  • Pertimbangan Harga. Jika ada yang murah, pastinya Anda tidak akan menginginkan yang lebih mahal. Namun demikian, jangan sampai Anda terjebak pada “harga murah”. Pilihlah provider yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas layanan yang sudah teruji. Bagaimana untuk menguaknya? Ketahui reputasi provider tersebut, seberapa banyak jumlah kliennya, dan standar perangkat yang digunakan. (Sumber : Blogger Lamongan)

Pilihlah VPS Sesuai Dengan Kebutuhan Anda. 
Memilih server yang berkaitan dengan layanan Virtual Private Server yang sering kita kenal dengan VPS tidak segampang yang dikira. Ini membutuhkan pertimbangan khusus apakah website anda saat ini membutuhkan VPS atau cukup menggunakan shared hosting, untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi artikel berjudul “Shared Hosting vs VPS“. 


Tentunya dengan menggunakan VPS maka hasilnya adalah hosting yang akan anda gunakan untuk website menjadi lebih stabil dan maksimal, namun dengan catatan VPS yang digunakan telah teroptimasi dengan baik. Beruikut ini tips untuk memilih VPS yang layak untuk kamu gunakan.

Sesuaikan dengan kebutuhan pengunjung atau visitor anda
Ini menjadi sangat penting yang berdampak terhadap visitor dalam website anda jika VPS tidak berjalan maksimal seperti tidak teroptimasi dengan baik atau VPS yang dipilih tidak sesuai kebutuhan seperti kurangnya resource pada VPS. Hasilnya pasti profit anda menjadi berkurang akibat pengurangan jumlah visitor terhadap website kamu. 


Dalam mempertimbangkan ini diibaratkan bahwa kamu dan vistor merupakan dua sisi yang saling membutuhkan, mereka membutuhkan jasamu dan kamu membutuhkan mereka untuk menaikkan rating trafik pada website kamu dan juga menggunakan proyek layanan yang sedang kamu bangun dalam website tersebut.

Ini perlu untuk dipelihara dan diatur dengan baik. VPS lah yang paling memiliki peran banyak dalam menjaga kestabilan website tersebut. Pastikan bahwa VPS tersebut sesuai dengan kebutuhan website saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan website, maka akan lebih menguntungkan jika menggunakan Cloud Server karena resource (CPU,RAM,Disk) dapat dilakukan kostumisasi.

Memikirkan harga dan biaya pengeluaran lainnya
Membeli paket VPS tidak harus mahal walaupun ada pepatah ada hargaada rupa. Tidak semuanya seperti demikian, karena yang terpenting dalam pemilihan VPS adalah sesuai kebutuhan. Dalam melakukan pemilihan VPS sebenarnya gampang-gampang susah. 


Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa kebutuhan website saat ini berdasarkan visitor yang ada. Jika saat ini hanya perlu menggunakan RAM berkisar 512MB maka pilihlah VPS dengan RAM 1GB hal ini di fungsikan jika terdapat kenaikan visitor maka server masih bisa menangani. Kenapa tidak menggunakan RAM 2GB? tentu hal ini tidak menjadi permasalahan, namun perlu diperhatiakn bahwa semakin tinggi resource yang dibutuhkan maka semakin tinggi juga harga yang akan dikeluarkan.

Memastikan teknologi yang digunakan
Tips untuk memilih VPS yang layak untuk kamu gunakan selanjutnya adalah dengan memastikan teknologi apa yang digunakan dalam VPS tersebut, apakah VPS tersebut memiliki panel untuk melakukan remote seperti shutdown, reboot, reinstall, dsb atau VPS tersebut tidak memiliki panel. Tentunya hal ini sangat penting karena jika terdapat kendala pada website/server maka kita dapat melakukan pembenaran melalui console, maupun melakukan reboot. Ini akan bermanfaat dalam mengelola dan mengatur server.

Memperhitungkan Bandwidth dan kecepatan server
Untuk menghindari biaya tambahan pada VPS karena bandwidth yang melebihi batas, maka harus dilakukan perhitungan untuk memperkirakan bandwidth yang nantinya akan digunakan. Dalam menentukan BW terdapat ukuran agar kamu terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Secara sederhananya ukuran yang digunakan untuk kebutuhan bandwith website atau blog adalah sebagai berikut

Jika dimisalkan terdapat 1000 pengunjung setiap harinya dengan kebutuhan bandwidth setiap pengunjung adalah 5MB, maka

1 Bulan = 30.000 pengunjung
Bandwith 5MB x 30.000 = 150.000 MB setara dengan 150 GB per bulannya.
Maka dengan perhitungan sederhana diatas, kebutuhan BW pada VPS setidaknya adalah 200-500 GB untuk setiap bulannya.

Memastikan keamanan data
Dari sekian tips tersebut ditutup dengan keamanan data. Walaupun kamu menggunakan VPS dengan server tinggi namun kenyataannya tidak ada jaminan keamanan data seperti VPS tersebut menggunakan RAID 0, maka jika terdapat disk failur maka seluruh data hardisk jika menjadi failur. Pasti hasilnya akan merugikan website atau blog yang sedang kamu jalankan.

Demikian artikel terkait Tips Untuk Memilih VPS yang Sesuai dengan Kebutuhan saat ini. Jika kamu masih bingung untuk menentukan pilihan vps yang tepat, yuk segera kunjungi website daiserver.com untuk berkonsultasi dengan tim support kami 


Mengenal Virtual Server Domainesia
DomaiNesians pernah mendengar kata Virtual Server? Yaps, pasti sudah sering mendengar dong ya. Banyak panduan- panduan sebelumnya yang membahas mengenai Virtual Server DomaiNesia. Salah satu VPS Indonesia yang memiliki keunggulan dengan teknologi termutakhir yaitu Virtual Server DomaiNesia. Namun, tahukah anda apa itu Virtual Server? Apa bedanya Virtual Server dengan Hosting? Bagaimana cara order VPS Indonesia dengan teknologi terbaru? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Virtual Server DomaiNesia.

Apa itu Virtual Server?
Sekilas dari namanya Virtual Server merupakan server yang virtual (tidak nyata). Definisi tersebut memang benar adanya. Namun menurut Wikipedia, Virtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Jadi, Virtual Server merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

Hampir sama ketika anda melakukan instalasi VirtualBox dalam komputer. Bedanya yaitu, sebuah Virtual Server berjalan pada suatu server yang biasa disebut Node/ Hypervisor pada data center. Jadi anda dapat melakukan aktivitas dalam Virtual Server full 24 jam dengan akses root (utama). Oiya jangan bingung dengan penamaan Virtual Server sendiri ya DomaiNesians. Virtual Server sering juga disebut dengan VPS (Virtual Private Server) atau VM.


Apa Beda Virtual Server dengan Hosting?
Perbedaannya yaitu pada akses kontrol, kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting, anda tidak akan mendapatkan akses root dari server. Apa guna akses root? 


Akses root merupakan akses utama dari server. Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa batas ketika anda login dengan username password root. Nah, pada Virtual Server anda bisa mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root ini. 

Kedua, pada Hosting anda tidak dapat memilih ukuran RAM, jumlah core pada CPU, kapasitas penyimpanan SSD maupun bandwidth pada jaringan. Sedangkan pada Virtual Server (VPS) dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketiga, pada Virtual Server anda bebas menggunakan sistem operasi (OS) yang digunakan. DomaiNesia menyediakan berbagai OS yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian bahkan custom ISO.

Apa Kegunaan Virtual Server?
Adapun kegunaan Virtual Server yaitu,
1. Sebagai web server menggantikan fungsi hosting
2. Sebagai server remote desktop
3. Sebagai host server untuk VPN
4. Sebagai storage server

Mengapa Harus Memilih Virtual Server DomaiNesia?
Sebenarnya ada berbagai macam VPS (Virtual Server) yang menjamur di kalangan masyarakat. Yaitu VPS dengan provider luar negeri dan VPS Indonesia. Nah, Virtual Server DomaiNesia ini merupakan salah satu VPS Indonesia yang harus anda pilih. Inilah alasan mengapa anda harus memilih menggunakan Virtual Server di DomaiNesia.

1. Instant Spin
Dengan fitur deploy dan spin VM, anda akan mendapatkan akses root dalam waktu kurang dari 40 detik!

2. Menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai Media Penyimpanan
Tidak tanggung- tanggung, Kami menggunakan SSD sebagai media penyimpanan dalam Virtual Server. Hal tersebut Kami lakukan untuk menunjang kebutuhan anda. Ingin lebih tahu mengenai SSD? Silahkan baca artikel Keunggulan SSD dibanding dengan Hardisk

3. Spesifikasi Node/ Hypervisor yang Cukup Mumpuni
Kami tahu betul bahwa Node/ Hypervisor merupakan pondasi utama dalam terbentuknya Virtual Server dengan performa tinggi. Untuk itu, Kami menggunakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, Minimum 64GB ECC Registered Memory, Enterprise SSD dengan RAID sebagai Node/ Hypervisor Virtual Server.

4. DomaiNesia menyediakan Lisensi Software
Kami menyediakan lisensi untuk beberapa software berbayar seperti cPanel, CloudLinux, Softaculous, dan lainnya.

5. Menggunakan Bentuk Virtualisasi KVM
Kami menggunakan bentuk virtualisasi penuh dengan KVM untuk efisiensi dan performa tinggi. Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling bagus karena aktivitas dari satu Virtual Server tidak akan berpengaruh terhadap Virtual Server yang lain dalam satu Hypervisor. Ingin lebih tahu keuntungan lain menggunakan Virtualisasi KVM pada VPS? Silahkan cek artikel Apa sih Virtualisasi KVM

6. Memiliki OS yang Beragam
DomaiNesia menyediakan berbagai OS (sistem operasi) yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian serta custom ISO.

Bagaimana Cara Order VPS Indonesia di DomaiNesia?
Nah, bagi DomaiNesians yang tertarik dengan keunggulan Virtual Server DomaiNesia, silahkan kunjungi halaman Virtual Server DomaiNesia. Kami memiliki berbagai ukuran Virtual Server dengan harga yang beragam dan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Paket- paket yang kami tawarkan didasarkan pada ukuran RAM, core CPU, kapasitas penyimpanan SSD serta bandwidth pada jaringan internet. Semakin tinggi ukuran RAM dan core CPU maka performa Virtual Server menjadi lebih tinggi. Semakin besar SSD, maka semakin besar pula kapasitas penyimpanan file (storage) yang anda miliki. Dan semakin besar bandwidth, tentu saja akses VPS menjadi semakin cepat. Jadi, semua pilihan ada di tangan anda 😀 Adapun langkah- langkah order, silahkan baca Panduan Order Virtual Server DomaiNesia.


VPS DomaiNesia Pilihan Yang Bijaksana
Virtual Server merupakan salah satu teknologi virtualisasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Virtual Server juga sering disebut dengan VPS (Virtual Private Server) atau VM (Virtual Machine). 


Perbedaan yang mendasar antara Hosting dengan Virtual Server yaitu terletak pada akses kontrol, kebutuhan resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting sangatlah terbatas. Anda hanya mendapatkan suatu kapling untuk diisi dengan website. Anda tidak dapat mendapatkan akses root, tidak dapat memilih resource dan tidak dapat memilih sistem operasi yang digunakan. 

Namun, tidak begitu dengan Virtual Server. Anda dapat memanfaatkan Virtual Server sesuai dengan keinginan layaknya server biasa. Virtual Server DomaiNesia merupakan salah satu VPS Indonesia dengan berbagai fitur dan keunggulan. Tertarik dengan Virtual Server DomaiNesia? Silahkan order di VPS Murah Indonesia DomaiNesia. Bagi anda yang memiliki pertanyaan atau kesulitan, jangan ragu – ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia!


Sumber Sumber :



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog