Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Seluruh negara baru saja diretas

cnn.com  Asen Genov sangat marah. Data pribadinya diumumkan kepada publik minggu ini setelah catatan lebih dari 5 juta orang Bulgaria dicuri oleh peretas dari kantor penerimaan pajak negara itu.

Di negara berpenduduk hanya 7 juta orang, skala peretasan berarti bahwa hampir setiap orang dewasa yang bekerja telah terpengaruh."Kita semua harus marah. ... Informasi itu sekarang tersedia secara bebas untuk siapa saja. Banyak, banyak orang di Bulgaria sudah memiliki file ini, dan saya percaya itu tidak hanya di Bulgaria," kata Genov, seorang blogger dan analis politik. Dia tahu datanya dikompromikan karena, meskipun dia bukan ahli IT, dia berhasil menemukan file yang dicuri secara online. 


Serangan itu luar biasa, tetapi tidak unik.
Database pemerintah adalah pot madu untuk peretas. Mereka mengandung banyak sekali informasi yang dapat "berguna" untuk tahun-tahun mendatang, kata para ahli.


"Anda dapat membuat (kata sandi Anda) lebih lama dan lebih canggih, tetapi informasi yang dipegang pemerintah adalah hal-hal yang tidak akan berubah," kata Guy Bunker, seorang pakar keamanan informasi dan kepala petugas teknologi di Clearswift, sebuah perusahaan cybersecurity.


"Tanggal lahirmu tidak akan berubah, kamu tidak akan pindah rumah besok," katanya. "Banyak informasi yang diambil valid kemarin, valid hari ini, dan mungkin akan berlaku untuk sejumlah besar orang dalam lima, 10, 20 tahun mendatang."

Photo courtesy CNN COM
Photo courtesy CNN COM
Surga peretas 

Pelanggaran data dulu dipelopori oleh peretas yang sangat terampil. Tetapi semakin tidak membutuhkan operasi yang canggih dan terencana untuk masuk ke sistem TI. Alat peretas dan malware yang tersedia di web gelap memungkinkan peretas amatir menyebabkan kerusakan besar.

Undang-undang perlindungan data yang ketat yang mulai berlaku tahun lalu di Uni Eropa telah menempatkan beban baru pada siapa pun yang mengumpulkan dan menyimpan data pribadi. Ini juga memperkenalkan denda yang lumayan bagi siapa pun yang salah mengelola data, berpotensi membuka pintu bagi pemerintah Bulgaria untuk mendenda dirinya sendiri atas pelanggaran tersebut.

Namun, serangan terhadap sistem pemerintah terus meningkat, kata Adam Levin, pendiri CyberScout, perusahaan keamanan siber lain. "Ini adalah perang sekarang - perang yang akan kita menangkan jika kita menjadikan keamanan siber sebagai masalah utama," katanya.


Gagasan bahwa pemerintah sangat perlu meningkatkan permainan cybersecurity mereka bukanlah hal baru. Para ahli telah membunyikan bel alarm selama bertahun-tahun.


Departemen Urusan Veteran AS mengalami salah satu pelanggaran data besar pertama pada 2006, ketika data pribadi lebih dari 26 juta veteran dan personel militer dikompromikan.


"Dan itu semua, 'Oh, ini mengerikan. Kita harus melakukan hal-hal untuk menghentikannya.' ... Dan inilah kita, 13 tahun kemudian, dan data seluruh negara telah dikompromikan, dan di antaranya, ada sejumlah besar data warga yang dikompromikan di berbagai negara, "kata Bunker.


Sistem out-of-date sering menjadi masalah. Beberapa pemerintah mungkin telah menggunakan perusahaan swasta untuk mengelola data yang mereka kumpulkan sebelum susunan peretasan dan pelanggaran membuat perhatian mereka pada keamanan dunia maya.


"Dalam banyak kasus, data kami dikirim ke kontraktor pihak ketiga tahun lalu," kata Levin. "Cara kami melihat pengelolaan data 10 tahun yang lalu tampaknya kuno hari ini, namun data lama masih di luar sana dikelola oleh pihak ketiga, menggunakan sistem warisan."


Jika "data lama" tidak berubah, masih berharga bagi peretas.
Peristiwa Bulgaria memprihatinkan, kata Desislava Krusteva, seorang pengacara privasi dan perlindungan data Bulgaria yang memberi nasihat kepada beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia tentang cara menjaga keamanan informasi klien mereka.


"Insiden semacam ini tidak boleh terjadi di lembaga negara. Sepertinya itu tidak membutuhkan upaya besar, dan mungkin data pribadi dari hampir semua warga negara Bulgaria," kata Krusteva, mitra di Dimitrov, Petrov & Co., sebuah firma hukum di Sofia.


Komisi Bulgaria untuk Perlindungan Data Pribadi telah mengatakan akan meluncurkan penyelidikan ke dalam peretasan.


Seorang juru bicara Badan Pendapatan Nasional tidak akan mengomentari apakah data itu dilindungi dengan benar."Karena ada penyelidikan, kami tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan di balik peretasan," kata Direktur Komunikasi Rossen Bachvarov. 


'Sangat memalukan bagi pemerintah'
Seorang pekerja cybersecurity berusia 20 tahun telah ditangkap oleh polisi Bulgaria sehubungan dengan peretasan tersebut. Komputer dan perangkat lunak yang digunakan dalam serangan itu mengarahkan polisi ke tersangka, menurut kantor kejaksaan Sofia.


Pria itu telah ditahan, dan polisi menyita peralatannya, termasuk ponsel, komputer, dan drive, kata kantor kejaksaan dalam sebuah pernyataan. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghabiskan delapan tahun di penjara.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi, tetapi dari perspektif politik, tentu saja, sangat memalukan bagi pemerintah," kata Krusteva.


Rasa malu diperparah oleh fakta bahwa ini bukan pertama kalinya pemerintah Bulgaria menjadi sasaran. Register Komersial negara itu dijatuhkan kurang dari setahun yang lalu oleh serangan.


"Jadi, setidaknya selama satu tahun, masyarakat Bulgaria, politisi, mereka yang bertanggung jawab atas negara itu, mereka tahu betul tentang masalah keamanan siber yang serius dalam infrastruktur pemerintah," kata Genov, "dan mereka tidak melakukan apa-apa tentang itu." (By Ivana Kottasová, CNN)

Judul Asli
An entire nation just got hacked


Penulis
By Ivana Kottasová, CNN


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://edition.cnn.com/2019/07/21/europe/bulgaria-hack-tax-intl/index.html





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog