Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Konten YouTuber Kimi Hime "CLICKBAIT" : Strategi Marketing Atau Misleading?

www.simplyasep.com  Sedang viral saat ini kasus yang menimpa Youtuber Kimi Hime yang beberapa konten videonya dianggap "clickbait" atau misleading oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sehingga vonish blokir dan suspend langsung dijatuhkan kepada YouTuber cantik berkulit putih ini yang sontak menjadi viral.   

Berita nya sudah tersebar di berbagai kanal berita online termasuk DETIK COM yang menjadi salah satu referensi pemberintaan online tercepat yang saya andalkan selama ini. Bahkan dalam salah satu video Kimi Hime secara terang terangan meminta tolong Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo agar membantu mengatasi permasalahan yang melanda dirinya ini

Baca selengkapnya Tentang Judul Konten Video Kimi Hime Yang Clickbait

Apa itu konten "CLIKBAIT"
Ada banyak sumber referensi di Internet yang menjelaskan apa dan bagaimana konten "CLICKBAIT" itu dan bagaimana menggunakannya.  Salah satu referensi yang saya lihat tentang batasan atau defisini dari CLIKBAIT ini adalah Indonesiago Digital yang saya capture beberapa definisinya seperti tercantum di bawah ini

"CLICKBAIT adalah sebuah teknik dari membuat sebuah judul yang menarik. Fenomena clickbait telah banyak beredar di sosial media. Banyak pembuat konten yang menggunakan click bait untuk menarik pembaca/netizen, yang pada akhirnya mengklik judul unik tersebut karena tertarik dan penasaran untuk membacanya.

Selanjutnya INDONESIAGO DIGITAL juga menjelaskan bahwa Judul click bait bahkan membuat banyak dari netizen untuk mengklik tombol like & share tanpa membuka isinya. Judul click bait seringkali memiliki judul-judul yang ketika dibaca bahkan bisa membuat dahi mengernyit, tapi tak jarang hal itu “sukses” membawa pembaca untuk meng-klik artikel tersebut. Fenomena inilah yang sering disebut dengan clickbait.

Namun, belakangan ini, seperti dilansir oleh INDONESIAGO DIGITAL,  netizen seringkali menghindari artikel atau tautan yang memiliki gambar atau judul yang clickbait, alasannya tidak lain adalah penggunaan metode ini untuk sesuatu yang tidak benar, contohnyanya mengarahkan pembaca ke topik yang tidak relevan, berita bohong / hoax, dan bahkan membuat kita ingin memaki si konten kreator karena menyajikan konten yang tidak masuk akal ataupun bohong. 


Selanjutnya IndonesiaGo Digital menutup artikelnya itu dengan kesimpulan bahwa Tujuan sebenarnya dari membuat judul maupun gambar click bait tidak lain adalah untuk menjaring banyak orang untuk membaca konten yang kita buat, tentunya dengan menyelaraskan antara judul dengan isi konten agar pembaca tidak seperti membuka kotak yang indah namun saat dibuka ZONK.


Gambar dari Instagram @kimi.hime
Gambar dari Instagram @kimi.hime 


Strategi Marketing Atau Misleading
Saya mencoba melakukan "riset" kecil untuk membuktikan benar tidaknya konten Video Kime Hime ini seperti yang disematkan kepadanya yakni berbau konten "CLICKBAIT" beberapa menit yang lalu.  Beberapa video yang "berhasil" menarik jari jemari saya untuk mengklik tautan video Youtube Kimi Hime dan membuka dan menonton sampai habis video Kimi Hime judul judulnya seperti di bawah ini



  • Pertama Kali ternyata enak ya
  • Kimi Hime : Saya minder kegedean (Unboxing KIme Hime Part 1) Feat Anji Manji
  • Keliling Bali Pake BIKINI

Saya sudah "tertipu" (kalau boleh saya katakan demikian) karena setealh saya liat viideonya biasa biasa saja, Tidak ada "Janji Janji Manis" berupa (maaf) seperti yang ada dalam judul videonya.  Tidak ada scene Kimi Hime memakai BIKINI di dalam videonya, tidak ada penampaka "benda" yang beukuran gede seperti dalam judul videonya, Dan "pertama kali ternyata enak ya" lebih kepada konten berbelanja (Shopping), dan Wisata Kuliner. 

Nah kalau sudah begini siapa yang salah?   Tunggu dahulu jangan mudah memvonis seseorang itu bersalah atau tidak salah. Karena konsekuensinya ada jika tidak terbukti seseorang membuat sebuah kesalahan.   

Namun kalau kasus Youtuber Kimi Hime ini jelas mendapat sorotan  pihak  Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) yang menganggap konten Video Kime Hime misleading dan sarat bernuansa CLICKBAIT.  Walaupun Kimi Hime membantahnya dengan mengatakan videonya tidak Vulgar dan balik "menuduh" pikiran para pemirsa dan penonton videonya saja yang menganggap konten videonya vulgar.  

Dalam pandangan saya secara pribadi, Youtuber KIME HIME ini  cerdas dan dia tahu betul bahwa Judul judul yang provocative , vulgar dan berbau "esek esek" sangat menarik perhatian dan rasa penasaran para pengunjung  sehingga menonton videonya sampai habis walaupun banyak yang pada kecewa karena ekspetasi para pengunungnya yang terbuai dengan judul judulnya yang HOT ternyata isinya biasa biasa saja.  

Sebenarnya ini sudah masuk ranah copywriting, setidaknya ini pandangan saya. Pendapat saya pribadi.  Setiap orang boleh berpendapat donk. Nah menurut hemat saya inilah kejeniusan seorang Kimi Hime yang tau betul "kebiasaan" orang Indonesia yang suka sekali googling konten yang berbau "esek esek".  Tidak ada yang salah orang melakukan promosi dengan membuat copywriting dan judul yang bombastis yang menarik perhatian para pembacanya.  

Di sisi lain, dari sudut lain,  judul yang tidak sesuai dengan konten aslinya dianggap HOAX atau Misleading, dan bisa menyesatkan masyarakat.  Lebih parah lagi jika JUDUL yang diberikan mengandung kata yang sensitif yang menjurus kepada urusan ranjang atau menjurus ke arah seksual. Sesuatu yang masih tabu bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Dapatkah hal seperti ini , dengan membuat konten CLICKBAIT , dapat dianggap sah untuk mendapatkan traffic atau sah dianggap sebagai bagian cari kreatifitas content creator dalam mengasah kemampuan copyrwiting nya?  Apakah memang kenyataannya karakter masyarakat kita memang menyukai sekali dengan semua yang berbau esek esek dan bernafsu untuk membuka dan melihat lihatnya?. (Dari Berbagai Sumber / Referensi )  

2 comments:

  1. Dan ternyata memang sukses judul-judul yang seperti itu. demi clikcbait.
    Karena sekarang memang lagi malas membaca atau menonton kesuluruhan konten yang penting judulnya beres. Walau akhirnya baru sadar ketipu.
    Aduh dikit dikit kok presiden, presiden kok dikit dikit :D

    ReplyDelete
  2. Dikunjungi blogger lawas...
    Berasa kedatangan tamu teman lama hehehe
    Makasih sudah singgah di blog saya, Pak.

    Mengenai Kimmy, sekarang persoalan negeri jadi tambah banyak banget, ya. Yang nambah2in soal kadang masalah yang kurang perlu dibahas menurut saya :(

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog