Pontianak Creative Culinary 2019
Ayo ke Ayam Pak Usu
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
こんにちは。ご訪問いただきありがとうございます...ご意見をお聞かせください。あなたのコメントは私にとって非常に重要です:)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Ketika Media Sosial Sebagai Pilihan Masyarakat Untuk Berexpresi

Mendengar kata "CEKAL" atau cegah tangkal biasa kita dengar jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Juru Bicaranya Mas Johan Budy (Wajahnya sangat mirip dengan Mas Rawins-red) menyebut "cekal" kepada seorang tersangka Korupsi, itu berarti yang bersangkutan (si tersangka-red) tidak diperkenankan bepergian atau melakukan perjalanan ke Luar Negeri.

Kalau saya pribadi di cekal sama KPK dijamin saat ini saya tidak akan bepergian ke Luar Negeri karena belum ada biayanya hiheiheihiee. Mangap eh maaf itu cuma intermezo aja.

Saya tergelitik untuk menuliskan hal ini karena terinspirasi oleh tulisan Miss Syahdini yang baru saja kembali ke Tanah Air setelah menunaikan Ibadah Umrah bersama suami tercintanya, nah tulisan Miss Syahdini yang berisi dan berjudul "Jika Belum Menguasai Media Massa Minimal Kuasai Media Sosial" yang saya baca bari ini. Dan beliaulah coretan ini berhasil saya luncurkan *udah kaya roket aja meluncur*.

Ada Banyak Kepentingan
Pernahkah kawan kawan mengirimkan Surat Pembaca kepada Media Cetak atau Surat Kabar atau Majalah sekalipun dan Surat Pemabacanya tidak dimuat? Pernahkah kawan kawan mengirimkan Artikel atau OPINI keapda mereka dan juga tidak dimuat?

Tungggu, jangan berpikiran buruk atau berprasangka buruk mengenai kualitas tulisan kawan kawan semua. Tidak ada masalah dengan semua itu karena di setiap Media Massa semacam koran dan Majalah tentu sudah ada tim Bahasa yang akan mengeditnya. Ada penanggung jawab rubrik yang akan mengedit karya anda. Jika karya tulisan atau aspirasi anda kepanjangan tentu mereka akan memangkasnya, mengeditnya, tanpa mengurangi substansinya.




SOSIAL MEDIA :  Ada banyak pilhan Media Sosial yang bisa digunakan untuk menyampaikan suara dan aspirasi anda kepada masyarakat dan dunia.  Gambar diambil dari  webdesignledger.com

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak Media Cetak (Majalah, dan Surat Kabar) yang memiliki Media Partner , Mitra Kerja dan Mitra Usaha yang bekerja sama dengan perusahaan mereka dan kerja sama itu biasanya dilandasi oleh Win Win Solutions dalam arti saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Jadi jika ada keluhan atau pun kritik dari masyarakat yang ditujukan kepada mereka yang di "titipkan" di media massa akan menemui kendala jika tidak mau disebut dengan DICEKAL.

Saya pernah mengalami hal ini ketika saya mengajukan protes kepada Bank **** yang ternyata menjadi Media Partner atau Relasi Bisnis di Media Cetak yang saya percayakan Surat atau Aspirasi saya kepadanya, dan setelah saya tunggu berhari hari ternyata aspirasi saya tidak muncul sama sekali. Saya memprotes karena Bank ***** tersebut membatalkan sepihak permohonan KTA (Kredit Tanpa Agunan) tanpa pemberitahuan sama sekali.

Saya tidak menyalahkan Redaktur yang melakukan "cekal" terhadap Surat Pembaca yang berisi protes saya terhadap Bank **** tersebut karena saya memahami posisinya yang mungkin serba salah dan berada dalam posisi yang sulit.

Di sisi lain Surat Pembaca dari masyarakat perlu diketahui oleh umum karena menyangkut pelayanan umum, dan kontrol sosial. Namun di sisi yang lain kritik dan keluhan tersebut bisa berdampak buruk pada image Media atau perusahaan Media yang bersangkutan dengan Bank **** yang menjadi target keluhan saya. Saya memahami hal itu. Karena bisa jadi jika saya jadi mereka barangkali saya akan melakukan hal yang sama

Masih Ada Media Sosial
Jelas di sini masyarakat sudah tidak pelu lagi berkecil hati jika aspirasi dan suara nya tidak bisa ditampung oleh Media Massa, dan seperti yang sudah disebut dalam tulisan Miss Syahdini hari ini jika tidak bisa menguasi Media Massa minimal kuasailah Media Sosial. Masyarakat awam seperti kita , masyarakat pada umumnya (civilian) bisa dengan mudah menyuarakan aspirasi dan suaranya secara langsung kepada masyarakat melalui jejaring sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Blog.

Inilah yang mungkin makna daripada Citizen Journalism yang kini sudah semakin booming di mana mana bahkan Televisi Swasta Terkenal di Indonesia, Metro TV dengan acara andalannya yang sangat saya sukai WideShot Metro TV juga gencar menawarkan kepada pemirsanya, kepada para masyarakat umum untuk melaporkan langsung apa yang dirasakannya,. dilihatnya kepada mereka. 


Kalau aspirasi masyarakat tidak bisa diakomodir atau ditampung oleh Media Massa, akankah kita masih memerlukan Media Massa? Jika pertanyaan ini ditujukan kepada saya, ya masyarakat tetap akan membutuhkan Media Massa seperti Koran dan Majalah. Karena Surat Kabar lah yang paling mampu mencapai pelosok pelosok, dan lagi pula tidak semua pelosok di Indonesia terhubung dengan jaringan Internet. Masyarakat akan selalu memerlukan Surat Kabar dan itu pasti.

Namun jika dalam hal tertentu aspirasi dan suara masyarakat tidak dapat ditampung oleh Media Massa, ternyata masih ada media sosial (sosial media) yang bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada dunia tanpa harus melalui sekat sekat Birokrasi.

Semudah itukah masyarakat awam bisa dengan langsung menyuarakan aspirasi dan suaranya untuk kepada dunia melalui sosial media? Tentu saja. Namun yang menjadi persoalan di sini adalah substansi atau konten dari aspirasi atau suara tersebut. Sebagai pengguna Jejaring Sosial, masyarakat juga dituntut untuk hati hati dalam menggunakan Jejaring Sosial Media untuk tidak mempublish hal yang tidak pantas atau santun seperti SARA, Pornography, Kekerasan , Mendeskriditkan pihak lain dan menebarkan kebencian.

Perduli Masyarakat Lewat Kebebasan Berexpresi

Masih ingat kisah mengharukan seorang pengemudi Taxi yang bernama Alex Ridwan yang berhasil mewujudkan mimpinya merayakan Hari Ulang tahun anaknya di KFC dan dihadiri banyak petinggi perusahaan dan tamu penting?. Ya Alex Ridwan hanyalah seorang pengemudi Taxi yang sederhana saja namun mampu merayakan HUT anaknya dengan meriah di restoran cepat saji yang terbilang mewah itu. Apa ada yang sudah pernag mendengar kisah sang sopir taxi ini?. 


Baik sekilas saja ya. Kisahnya bermula sekitar bulan Mei 2015 yang lalu. Kisahnya bermula dari foto yang dipasang sang supir taxi di dashboard kemudi nya. Foto anaknya yang saat itu masih berusia 5 tahun. Fotonya terlihat oleh salah seorang penumpang yang memakai jasa taxinya. Sang penumpang bertanya kepada sang supir taxi perihal foto siapa yang dipajang di dashboard kemudi sang supir taxi itu.

Dijawabnya itu adalah foto anaknya yang akan ulang tahun. Sang ayah memasang foto anaknya di dashboard kemudi Taxinya agar memicu semangatnya cari uang untuk mewujudkan mimpinya merayakan ULTAH sang anak di KFC.

Kemudian orang penumpang itu di publish lewat akun pathnya. Foto dan kisah mengharukan itu menyebar ke seluruh jagat, dan mengundang haru dan simpati para Netizen. Kemudian postingan path nya itu terbaca oleh pimpinan perusahaan tempat bekerja sang Sopir Taxi dan juga pimpinan KFC itu sendiri.

AKhirnya para petinggi KFC dan BlueBird sepakat mengundang sang Sopir Taxi itu mewujudkan mimpinya akhirnya sang anak, putra Pak Alex Ridwan, sang sopir taxi. bisa terwujud. Merayakan HUT anaknya dengan gratis di KFC bahkan dihadiri oleh oleh manager dan Direktur kedua perusahaan (KFC dan Blue Bird) tersebut. K

Sosial Media Bisa Bermanfaat
Itulah peran sosial media. Peran yang seperti ini yang bisa menjadi pilihan bagi kita semua para pengguna Sosial media. Bagaimana postingan kita di sosial media itu bisa berguna dan bermanfaat bagi sesama. Bukan untuk mencari sensasi, bukan untuk mengajak ribut orang, bukan berkelahi di sosial media, bukan memfitnah atau bahkan mengunggah hal hal yang tidak baik lainnya di sosial media. Kita semua bisa menjadi "pahlawan" dengan membantu sesama dengan sosial media.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di jejaring sosial media yang kita miliki. Kabarkan kepada dunia apa yang seharusnya diketahui oleh masyarakat. Agar masyarakat waspada atau tanggap terhadap lingkungan. Peran dari pengguna sosial media sangat diharapkan untuk dapat memberikan informasi penting dan cepat kepada masyarakat. Itulah Jurnalis warga atau Citizen Journalist. Kita semua bisa berbagi informasi penting kepada masyarakat luas.

Misalnya jika sahabat lewat sebuah jalan dan menemukan Pipa PDAM Bocor misalnya. Jika memungkinkan kabarkan Pipa PDAM yang bocor itu kepada masyarakat lewat sosial media yang kalian punya. Berikan informasi itu agar diketahui oleh masyarakat. 


Saya yakin postingan itu akan terbaca banyak orang. Saya yakin ada orang yang lantas menelpon atau mengontak PDAM agar segera datang mengatasinya. Saya tadinya tidak berharap tweet saya soal PDAM itu ditanggapi. Saya hanya mengabarkan (tweet) saja "ini loh ada pipa PDAM yang bocor". Saya yakin ada banyak orang yang perduli 



Inilah Cuitan saya di Twitter tentang adanya kebocoran pipa PDAM yang saya tweet beberapa menit setelah fotonya saya jepret hari itu Jumat 30 Oktober 2015.  Foto Asep Haryono


Inilah foto aseli sang Pipa PDAM yang bocor.  Saya hentikan motor di pinggir jalan dan mengambil foto pipa yang bocor ini kemudian langsung saya Tweet agar semua orang tau kalau ada pipa PDAM bocor harus ditangani segera.  Foto Asep Haryono
Inilah foto aseli sang Pipa PDAM yang bocor.  Saya hentikan motor di pinggir jalan dan mengambil foto pipa yang bocor ini kemudian langsung saya Tweet agar semua orang tau kalau ada pipa PDAM bocor harus ditangani segera.  Foto Asep Haryono

Sempat bertengger di urutan nomor sekian di google dengan keyword "sosial media"
Sempat bertengger di urutan nomor sekian di google dengan keyword "sosial media"

Setelah siangnya hari itu (Selepas Sholat Jumat) pipa PDAM yang bocor yang fotonya berhasil saya unggah lewat media sosial sudah tidak tampak lagi kebocorannya. Pipa PDAM nya sudah diperbaiki dan tidak bocor lagi. Saya tidak tau apakah mereka memang sudah tau kalau Pipa PDAM itu bocor, atau mereka membaca cuitan saya di Twitter saya juga tidak tau. Yang jelas saya hanya mengabarkan kalau ada pipa Bocor PDAM lewat sosial media agar diketahui banyak orang. Berharap (kebocoran) itu bisa diatasi oleh pejabat/instansi yang terkait

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan sosial media semacam twitter, facebook, path, Instagram (IG) dan lain sebagainya. Setiap dari kita punya maksud dan tujuan masing masing dengan sosial media yang contohnya sudah saya sebutkan di awal tulisan sederhana pada hari ini. Nyaris setiap dari diri kita baik orang dewasa sampai anak baru gede alias ABG kalau ditanya sudah punya akun FB? Relatif jawabannya sama. Punya.

Nah apa yang dapat kita lakukan dengan akun akun sosial media tersebut terpulang kepada diri masing masing. Buat narsis boleh. Buat jualan (dagang) juga silahkan. Catatan: asal tidak dibuat untuk saling menjelekkan, saling hujat apalagi berantem. Ingat loh undang undang undang ITE sudah mengintai. Kita semua tentu sudah paham "rambu rambu" apa yang seharusnya tidak dilanggar jika menggunakan sosial media

Semudah itukah masyarakat awam bisa dengan langsung menyuarakan aspirasi dan suaranya untuk kepada dunia melalui sosial media? Tentu saja. Namun yang menjadi persoalan di sini adalah substansi atau konten dari aspirasi atau suara tersebut. Sebagai pengguna Jejaring Sosial, masyarakat juga dituntut untuk hati hati dalam menggunakan Jejaring Sosial Media untuk tidak mempublish hal yang tidak pantas atau santun seperti SARA, Pornography, Kekerasan , Mendeskriditkan pihak lain dan menebarkan kebencian
 (Asep Haryono)




No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog