Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Waspada Facebook SCAM Yang Wajib Anda Cermati

Facebook di Indonesia pada khususnya semakin banyak peminatnya. Tua Muda semuanya menggemari Facebook untuk berbagai maksud dan tujuan mulai dari mencari pertemanan, berjualan, ajang foto selfie, kampanye Nyaleg, Tutorial hingga urusan gosip dan perselingkuhan juga ada di Facebook.  

Walaupun banyak kebebasan dalam menggunakan Facebook, ternyata ada beberapa hal yang beredar di Facebook yang berpotensi menimbulkan masalah keamanan yaitu pencurian data. SCAM di Facebook menurut Marissa Laliberte ada banyak macamnya yang wajib kamu waspadai, Apa saja itu :

Menerima kuis.
teman kami baru tahu apa bintang pop tahun 80-an itu binatang roh mereka dan sekarang Anda tidak sabar untuk mengetahuinya Jangan biarkan rasa ingin tahu Anda menjadi lebih baik dari Anda. Beberapa kuis Facebook akan meminta akses ke profil Anda, dan yang lain bahkan akan melangkah lebih jauh dengan melemparkan pertanyaan tertentu ke dalam kuis itu sendiri, kata Adam Levin, pendiri perusahaan perlindungan identitas global dan layanan risiko data CyberScout dan penulis Swiped.

"Mereka murni untuk mengumpulkan informasi karena ... mereka bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan keamanan," katanya. Hanya ikuti kuis di situs yang Anda kenal dan percayai, dan buat jawaban palsu untuk pertanyaan pemulihan kata sandi sehingga sulit dipecahkan, kata Levin. Mungkin cukup mudah bagi penipuan Facebook untuk mengetahui nama gadis ibu Anda, jadi tinggalkan kebohongan yang mudah diingat.

Jani Hadiah Yang Tidak Jelas
Hadiah iPad gratis? Daftarkan aku! Tetapi tunggu — sebelum Anda mengklik tautan undian itu, tanyakan pada diri Anda apakah itu tampak nyata, kata Eva Velasquez, CEO dan presiden dari Identity Theft Resource Center. "Ya, ada undian dan undian yang sah dan hadiah, tetapi biasanya ada tujuan akhir di sana," katanya.

Sebagian besar perusahaan berharap janji iPad gratis (atau penerbangan atau perhiasan) akan cukup memikat Anda untuk, misalnya, mendaftar untuk nawala atau membeli produk. Sebelum Anda memberikan informasi pribadi kepada perusahaan, pertimbangkan peluang untuk menang dengan apa yang Anda akan kehilangan jika memberikan informasi pribadi. Cari tahu cara menemukan 12 bendera merah yang dimata-matai seseorang di komputer Anda.



Gambar dari Internet
Gambar dari Internet


Teman lama "baru".
Bersikap skeptis jika Anda menerima permintaan teman dari seseorang yang bisa bersumpah telah memiliki halaman Facebook. Tentu, beberapa orang suka membersihkan rumah dengan membuang profil lama mereka, tetapi permintaan teman lain tidak begitu polos. Scammers akan mengkloning seluruh profil Facebook seseorang, membuat profil palsu dari orang sungguhan. Dari halaman "teman" Anda, peretas dapat mengirim tautan untuk skema cepat kaya atau kutipan lucu.

Ini adalah jenis hal yang Anda abaikan dari pesan email anonim, tetapi bukan dari teman yang setia. "Mereka mengandalkan fakta bahwa Anda akan mempercayai pesan itu," kata Levin. Masalahnya adalah, mengklik tautan itu dapat menambahkan malware ke komputer Anda. Sebelum Anda menerima permintaan teman yang aneh, bidik teks atau telepon orang itu untuk mengonfirmasi itu bukan akun palsu.

Penggosong gosip.
Apakah Anda tahu orang yang mempostingnya atau tidak, Anda mungkin masuk ke mode panik ketika seseorang meninggalkan Anda pesan peringatan, "OMG lihat apa yang mereka katakan tentang Anda" dan klik tautan untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

“Ini benar-benar tentang melibatkan rasa ingin tahu Anda dan mendapatkan sifat ingin tahu Anda untuk mengatakan, 'Saya ingin tahu,'” kata Velasquez. Tapi jangan klik! Sebuah pesan yang tidak jelas ("Apakah Anda melihat foto Anda?" Vs "LOL di depan Anda sedang makan kue di pesta Sam akhir pekan lalu") dicurigai, dan mengkliknya bisa memuat malware ke komputer Anda, kata Velasquez. Kirim SMS ke teman Anda untuk mengonfirmasi tautan yang asli.

Kode kupon.
Menyukai halaman penggemar toko atau restoran — atau bahkan mengawasi iklan — dapat menjadi cara yang bagus untuk tetap berada dalam lingkaran ketika ada penjualan. (Tetapi jika Anda tidak menyukainya, cari tahu cara mematikan iklan Facebook yang menyeramkan.) Jika sebuah posting menunjukkan kode promo dan berfungsi, beruntunglah Anda! Anda baru saja menghemat uang tunai.

Tetapi bersikap skeptis jika Anda perlu memberikan informasi pribadi atau membuat akun untuk membuka kunci tabungan. Dalam beberapa penipuan Facebook, sebuah situs berpose di toko sungguhan tetapi informasi phishing. "Buka tab browser baru dan Google," kata Velasquez. "Pergi ke sumbernya dan lihat apa yang terjadi." Jika ada promosi asli, Anda dapat bertaruh situs resmi toko akan memberi tahu Anda. Sebelum Anda menyelami riset Anda, pelajari 16 trik ini untuk mengetahui ulasan online palsu.

Penggalangan dana.
Khususnya setelah tragedi besar, Anda akan melihat banyak iklan dan pos dari badan amal yang menawarkan untuk membantu para korban. Sementara beberapa penggalang dana benar-benar akan pergi ke orang-orang yang membutuhkannya, yang lain hanya bisa menjadi scammer memangsa semangat kepedulian Anda, kata Levin.

Untuk satu hal, mengklik tautan dari perencana itu dapat menempatkan malware di komputer. Lebih buruk? Uang Anda tidak akan jatuh ke korban tragedi, tetapi langsung di saku bajingan. Untuk menjaga keamanan uang Anda, lakukan pencarian di situs Google alih-alih mengklik tautan posting Facebook, kata Levin. Kunjungi situs seperti Charity Navigator atau GuideStar, yang menilai nirlaba tentang seberapa membantu mereka sebenarnya. Carilah badan amal tepercaya alih-alih menyumbang untuk yang pertama kali Anda lihat diiklankan. Waspadai penipuan ini yang muncul setelah bencana alam.

Santa rahasia
.
Kedengarannya seperti ide yang bagus: Beberapa orang asing sedang membuat "Santa Rahasia," di mana Anda mengirim satu orang hadiah $ 10, dan tiga orang lainnya akan mengirim Anda satu juga. Tapi seperti rantai tiket lotere surat siput tua itu, tidak ada jaminan

Anda akan mendapatkan uang Anda kembali dalam penipuan Facebook ini. Jika tidak ada orang lain yang mengikuti dengan mengirimkan hadiah Anda, Anda mungkin tidak mendapatkan imbalan apa pun. "Anda baru saja memberikan alamat rumah Anda kepada orang asing dengan daftar barang yang Anda sukai," kata Velasquez. "Apakah pengembaliannya benar-benar bernilai investasi?"

Tag yang mencurigakan.
Jika seorang teman memberi tag Anda dan beberapa teman lain di pos publik, insting pertama Anda mungkin mengklik tautan, bahkan jika video terlihat mencurigakan. Bagaimanapun, Anda mempercayai teman Anda. Tetapi jangan yakin bahwa itu benar-benar teman Anda yang menandai Anda.

Seorang peretas masuk ke akun mereka dan mengirim Anda ke situs yang meminta Anda mengunduh pembaruan pemutar Flash. Anda mengklik tautan ... yang segera mulai mengunduh malware ke komputer Anda, membuat Anda rentan terhadap pencurian identitas dan informasi. Waspadai tautan yang diperpendek atau video yang terdengar sensasional, yang merupakan tanda merah untuk pos spam, menurut Better Business Bureau. Di aplikasi lain, inilah cara mengenali 10 penipuan Uber yang harus Anda perhatikan.

Ancaman untuk menghapus akun Anda.

Perut Anda turun ketika Anda melihat pesan atau email langsung dari Facebook: Akun Anda sedang dinonaktifkan. Pesan itu mungkin akan menyertakan tautan untuk memulihkan akun Anda, dan halaman yang dikirimkan kepada Anda akan meminta informasi login Anda dan kemungkinan data pribadi lainnya. Jangan pernah mengklik tautan tanpa mengonfirmasi apakah itu benar, atau Anda bisa berakhir dengan malware, plus memberikan data Anda jika Anda menjawab pertanyaan.

Facebook tidak akan meminta izin sebelum menonaktifkan akun Anda, jadi taruhan terbaik Anda adalah langsung ke situs itu sendiri. Masih bisa masuk? Besar! Sekarang hapus pesan itu. Jika akun Anda benar-benar dihapus, ikuti instruksi di situs itu sendiri daripada mengklik tautan apa pun dari email. Lihatlah 17 rahasia lain yang harus Anda ketahui tentang profil Facebook Anda.

Pesan dari Mark Zuckerberg.
Jika CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri mengirimi Anda pesan di platform media sosial yang ia dirikan bersama, Anda mungkin akan melompat untuk melihat apa yang ia katakan. Tetapi ada puluhan akun yang menyamar sebagai dirinya dan COO Sheryl Sandberg, jadi jangan membelinya. Tembakan besar palsu mungkin mengklaim Anda telah memenangkan uang dalam “lotere Facebook” dan perlu mengirim kartu hadiah untuk mengklaim kemenangan Anda. Maaf, tetapi Anda tidak akan mendapatkan uang itu kembali. Cari tahu bagaimana cara menghindari 10 penipuan online yang menginginkan uang Anda.

Mencari tahu siapa yang melihat profil Anda.
Facebook memiliki (dan berbagi) satu ton data Anda, jadi masuk akal jika itu juga akan membuka pintu untuk membiarkan Anda melihat siapa yang mengklik profil Anda. Tapi itu satu baris yang tidak akan dilewati Facebook, sesuai dengan sikap resminya. Bahkan aplikasi pihak ketiga tidak memiliki kemampuan untuk melacak siapa yang telah melihat Anda. Jika Anda melihat aplikasi yang mengklaimnya dapat mengungkapkan siapa yang mengawasi Anda, laporkan sebagai penipuan.

Peringatan "Anda telah diretas".
Dengan "kloning" profil media sosial menjadi lebih populer, masuk akal untuk menyadari bahwa itu mungkin terjadi pada Anda juga. Tapi jangan percaya teman secara otomatis. Dilaporkan, pesan persis yang sama telah dikirim ke pengguna Facebook yang tak terhitung jumlahnya, langsung dari teman lain, tetapi itu bohong: "Hai ... saya sebenarnya mendapat permintaan teman lain dari Anda kemarin ... yang saya abaikan sehingga saya mungkin ingin memeriksa akun Anda. Tahan jari Anda pada pesan sampai tombol maju muncul ... lalu tekan maju dan semua orang yang ingin Anda teruskan juga ... Saya harus melakukan orang-orang secara individual.

Semoga Sukses! "Saat meneruskan pesan tidak akan menyebarkan malware, itu berarti Anda tidak perlu membanjiri kotak masuk semua orang yang Anda kenal. Alih-alih, cari nama Anda sendiri untuk akun yang identik dengan Anda, dan tanyakan kepada teman-teman apakah mereka memiliki permintaan mencurigakan dari Anda. Laporkan profil palsu jika peringatan itu sah, dan abaikan pesan jika tampaknya tidak ada ancaman. Ini adalah 10 penipuan panggilan telepon yang mencoba mencuri uang Anda.

Pesan Romantis Palsu
Waspadai permintaan teman dari orang yang tidak Anda kenal. Kadang-kadang, interaksi dimulai dengan cukup polos: Orang asing di ujung lain hanya mencari teman saat ditempatkan dan mulai membuka, dan kalian berdua bertukar cerita pribadi. Tak lama kemudian, Anda merasa seperti teman "nyata", dan bahkan ada percikan romantis. Jadi ketika mereka meminta uang kepada Anda, Anda melompat pada kesempatan untuk membantu teman dekat ini.

Tetapi orang lain telah berbohong sepanjang waktu, berusaha untuk mendapatkan kepercayaan Anda. Sekarang setelah mereka memilikinya, mereka akan mengklaim bahwa mereka membutuhkan uang untuk keadaan darurat buatan yang membuat bola salju terus kering dan pada akhirnya menghapus rekening bank Anda, menurut Komisi Persaingan & Konsumen Australia. Jangan pernah menerima permintaan teman dari orang asing, dan jangan mengirim uang kepada siapa pun — apakah Anda mengenal mereka secara langsung atau tidak — tanpa memverifikasi situasinya.
 (Marissa Laliberte)

Judul Asli
14 Facebook Scams You Need to Take Seriously


Penulis
Marissa Laliberte


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.rd.com/advice/saving-money/facebook-scams-keep-falling-for/?_cmp=readuprdus&_ebid=readuprdus692019&_mid=284864&ehid=d87325dcb82e27867b61cbe13f4d7c727f86dcdf





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog