Penipuan Online yang Perlu Anda Sadari Dan Cara Menghindarinya

Sudah bukan rahasia lagi kalau dalam dunia Internet atau dalam dunia maya ada banyak sekali jebakan SCAM atau bahkan jebakan ONLINE SCAM yang sangat berbahaya yang mengancam komputer anda jika anda tidaki segera menyadarinya&lt. Penipu mungkin mengikuti setiap kicauan dan kiriman Anda di berbagai penjuru sosial media, dan merkea berusaha, mencari peluang untuk menipu Anda.  Berikut cara ada beberapa penipuan ONLINE yang sebaiknay anda ketahui dan bagaimana cara mengatasinya

Penawaran uji coba gratis! (Bayar selamanya). Cara kerjanya: Anda melihat tawaran Internet untuk uji coba gratis selama satu bulan dari beberapa produk luar biasa — sering kali pemutih gigi atau program penurunan berat badan. Yang Anda bayar adalah $ 5,95 untuk pengiriman dan penanganan.

Apa yang sebenarnya terjadi: Terkubur dalam cetakan halus, seringkali dengan warna yang menutupi latar belakang, adalah persyaratan yang mengharuskan Anda membayar $ 79 hingga $ 99 sebulan dalam biaya, selamanya.

Gambaran besar: "Orang-orang ini benar-benar cerdas," kata Christine Durst, seorang pakar penipuan internet yang telah berkonsultasi untuk FBI dan FTC. "Mereka tahu bahwa kebanyakan orang tidak membaca semua cetakan kecil sebelum mengklik 'Saya setuju,' dan bahkan orang yang meliriknya hanya mencari nomor. Jadi perusahaan menguraikan angka-angka, tanpa tanda dolar; segala sesuatu yang berkaitan dengan uang atau kerangka waktu akan terbawa ke dalam teks. 


"Itulah yang akan Anda lihat dalam istilah untuk Xtreme Cleanse, pil penurun berat badan yang berakhir dengan biaya" tujuh puluh sembilan dolar sembilan puluh lima sen ditambah lima dolar dan sembilan puluh lima sen pengiriman dan penanganan ”setiap bulan begitu masa percobaan gratis 14 hari berakhir atau sampai Anda membatalkan.

Manuver penghindaran:
Baca cetakan kecil pada penawaran, dan jangan percaya setiap testimonial. Periksa TinEye.com, mesin pencari yang mencari-cari foto identik di Web. Jika wanita dengan gigi sempurna itu muncul di mana-mana mempromosikan produk yang berbeda, Anda dapat yakin bahwa "kesaksian" nya palsu. Perusahaan bereputasi akan memungkinkan Anda untuk membatalkan, tetapi jika Anda tidak dapat keluar dari "kontrak," segera membatalkan kartu Anda, maka negosiasikan pengembalian dana; jika itu tidak berhasil, naik banding ke perusahaan kartu kredit Anda. 


Penipu hot spot (Dia sangat dekat, sangat dekat). Bagaimana cara kerjanya: Anda duduk di bandara atau kedai kopi dan Anda masuk ke zona Wi-Fi lokal. Itu bisa gratis, atau bisa menyerupai layanan pembayaran seperti Boingo Wireless. Anda terhubung, dan semuanya tampak baik-baik saja.

Apa yang sebenarnya terjadi: Situs ini hanya terlihat sah. Ini sebenarnya dijalankan oleh penjahat terdekat dari laptop. Jika ini adalah situs "gratis", penjahat itu menambang komputer Anda untuk perbankan, kartu kredit, dan informasi kata sandi lainnya. Jika ini adalah situs pembayaran palsu, ia mendapatkan pembayaran pembelian Anda, kemudian menjual nomor kartu Anda ke penjahat lain.

Gambaran besar: Hotspot Wi-Fi palsu muncul di mana-mana, dan sulit untuk mengatakannya dari yang asli. "Ini menguntungkan dan mudah dilakukan," kata Brian Yoder, wakil presiden bidang teknik di CyberDefender, produsen perangkat lunak antivirus. "Penjahat menduplikasi halaman Web yang sah dari penyedia Wi-Fi seperti Verizon atau AT&T dan mengubahnya sehingga mengirimkan informasi Anda ke laptop mereka."

Manuver penghindaran: Pastikan Anda tidak mengatur untuk terhubung secara otomatis ke jaringan yang tidak disukai. (Untuk PC, buka Network and Sharing Center di Control Panel. Klik tautan untuk jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan. Kotak dengan tab "General" akan muncul. Klik "Wireless Properties." Kemudian, hapus centang pada kotak di samping "Sambungkan secara otomatis ketika jaringan ini dalam jangkauan," dan klik OK untuk mengaktifkan. Untuk Mac, klik tombol Wifi di kanan atas, klik "Buka Preferensi Jaringan," dan centang "Minta untuk bergabung jaringan baru. ") 


Sebelum bepergian, beli kartu hadiah Visa atau MasterCard $ 20 untuk membeli akses Wi-Fi bandara (cukup untuk dua hari) sehingga Anda tidak akan menyiarkan informasi kartu kredit atau kartu debit Anda. Atau buat akun muka dengan penyedia di bandara yang akan Anda kunjungi. Dan jangan melakukan belanja perbankan atau Internet dari hot spot publik kecuali Anda yakin jaringannya aman. (Cari https di URL, atau periksa sudut kanan bawah browser Anda untuk melihat ikon gembok kecil.) Akhirnya, selalu waspada terhadap bendera merah ini yang dimata-matai seseorang di komputer Anda, apakah Anda di depan umum atau tidak
Gambar dari MACROVECTOR/SHUTTERSTOCK
Gambar dari MACROVECTOR/SHUTTERSTOCK 




Komputer Anda terinfeksi! (Dan kami dapat membantu) .Bagaimana cara kerjanya: Sebuah jendela muncul tentang program perangkat lunak antivirus yang terdengar seperti "Antivirus XP 2010" atau "SecurityTool," yang memperingatkan Anda bahwa mesin Anda telah terinfeksi bug berbahaya. Anda diminta mengklik tautan yang akan menjalankan pemindaian. Tentu saja, virus ditemukan — dan dengan biaya, biasanya sekitar $ 50, perusahaan berjanji untuk membersihkan komputer Anda.

Apa yang sebenarnya terjadi: Ketika Anda mengklik tautan, perusahaan palsu memasang malware — perangkat lunak berbahaya — di komputer Anda. Tidak mengherankan, tidak akan ada pembersihan. Tetapi pencuri memiliki nomor kartu kredit Anda, Anda mengeluarkan uang, dan komputer Anda dibiarkan hidup.

Gambaran besar: "Scareware" seperti ini diprediksi menjadi penipuan internet paling mahal tahun 2010, dengan lebih dari satu juta pengguna terkena dampak setiap hari, menurut Dave Marcus, direktur keamanan dan penelitian untuk McAfee Labs, produsen perangkat lunak antivirus. "Ini adalah trik yang sangat pintar," kata Marcus, "karena orang telah diberitahu selama 20 tahun terakhir untuk berhati-hati terhadap virus komputer."

Bahkan veteran komputer menjadi mangsa. Stevie Wilson, seorang blogger dan konsultan bisnis media sosial di Los Angeles, mendapat pop-up dari sebuah perusahaan bernama Personal Antivirus. "Itu terlihat sangat Microsoft-ish, dan dikatakan saya telah mengunduh virus," kenangnya. “Ia melakukan pemindaian dan mengatakan menemukan 40 kuda, cacing, dan virus Trojan.

Saya khawatir mereka menginfeksi email yang saya kirim ke klien, jadi saya membayar untuk memutakhirkan perangkat lunak anti-virus saya. Tepat setelah saya reboot, komputer saya berhenti bekerja. "Wilson harus membersihkan hard drive komputernya dan menginstal ulang semuanya. Meskipun sebagian besar file-nya didukung, dia kehilangan foto-foto pribadi dan ratusan file iTunes. “Saya merasa tidak berdaya,” katanya.

Manuver penghindaran: Jika Anda mendapat peringatan virus pop-up, tutup jendela tanpa mengklik tautan apa pun. Kemudian jalankan pemindaian sistem lengkap menggunakan perangkat lunak antivirus yang diperbarui dan diperbarui, seperti AVG Anti-Virus edisi gratis atau ThreatFire AntiVirus.

Kicauan yang tidak terlalu manis
(Ini adalah kesempatan yang sangat panjang)
Cara kerjanya: Anda mendapatkan "tweet" dari pengikut Twitter, mengoceh tentang kontes untuk iPad gratis atau hadiah mahal lainnya: "Cukup klik pada tautan untuk mempelajari lebih lanjut."

Apa yang sebenarnya terjadi: Tautan mengunduh "bot" (robot perangkat lunak), menambahkan komputer Anda ke botnet "zombie" yang digunakan scammer untuk mengirim email spam.

Gambaran besarnya: Scammers memanfaatkan layanan pemendek URL yang memungkinkan pengguna Twitter untuk berbagi tautan yang seharusnya lebih panjang dari maksimum 140 karakter untuk tweet. Layanan yang sah ini memecah URL yang sangat besar menjadi sepuluh atau 15 karakter. Tetapi ketika pengguna tidak dapat melihat URL yang sebenarnya, mudah bagi orang jahat untuk mengirim tautan jahat.

Manuver penghindaran: Sebelum mengklik tautan Twitter dari seorang pengikut yang Anda tidak tahu, lihat profilnya, kata Josh George, seorang pengusaha situs web di Vancouver, Washington, yang mengikuti penipuan online. "Jika dia mengikuti ratusan ribu orang dan tidak ada yang mengikutinya, itu adalah bot," katanya — tip yang baik untuk diingat tentang cara melindungi diri Anda secara online dan menghindari penipuan.


Melakukan panggilan untuk dolar (Dengan serangkaian penipuan). Bagaimana cara kerjanya: Anda mendapatkan pesan teks di ponsel Anda dari bank atau penerbit kartu kredit: Ada masalah, dan Anda harus segera menelepon dengan beberapa informasi akun. Atau pesannya mengatakan Anda telah memenangkan sertifikat hadiah ke toko rantai — cukup hubungi nomor bebas pulsa untuk mendapatkan milik Anda sekarang.

Apa yang sebenarnya terjadi: "Bank" adalah penipu yang berharap Anda akan mengungkapkan informasi akun Anda. Sertifikat hadiah sama-sama palsu; ketika Anda menelepon nomor itu, Anda akan diberitahu bahwa Anda perlu berlangganan majalah atau membayar biaya pengiriman untuk mengumpulkan hadiah Anda. Jika Anda menggigit, Anda akan menyerahkan informasi kartu kredit Anda kepada pemasar "topi hitam" yang akan memungut biaya palsu.

Gambaran besar: Selamat datang di "smishing," yang merupakan singkatan dari "SMS phishing," versi teks-pesan dari penipuan email yang menguntungkan. Dalam taktik ini, scammers mengambil keuntungan dari revolusi ponsel pintar — berharap bahwa pesan teks ke sel Anda akan membuat semakin kecil kemungkinan Anda akan menyelidiki sumbernya, seperti yang mungkin Anda lakukan saat duduk di meja Anda.

Karena banyak bank dan bisnis yang menawarkan notifikasi pesan teks, penipuan tersebut memiliki kesan legitimasi. Shirena Parker, seorang wanita berusia 20 tahun yang baru menikah di Sacramento, California, sangat senang ketika dia menerima pesan teks yang mengumumkan dia memenangkan kartu hadiah Wal-Mart seharga $ 250. Ketika dia menelepon nomor itu, seorang perwakilan menjelaskan akan ada biaya pengiriman $ 2 (kemudian naik menjadi $ 4 oleh "perwakilan" lain).

Parker memberi scammer nomor kartu debitnya dan mulai menerima panggilan sepanjang waktu, menanyakan nomor telepon dan email teman dan keluarga. "Itu berubah menjadi pelecehan," katanya. Setelah dua hari, dia menghubungi Better Business Bureau, yang memberitahunya bahwa Wal-Mart tidak memberikan kartu hadiah. Mendengar itu, suami Parker membatalkan kartu debit mereka sebelum penipu itu dapat mengosongkan akunnya tetapi tidak sebelum dia mengambil sendiri biaya "pengiriman" $ 4. "Saya tidak tahu bagaimana mereka mendapatkan nama dan nomor telepon saya," kata Parker. "Tapi aku belajar hikmahku."

Manuver penghindaran: Bank dan toko sungguhan mungkin mengirimi Anda pemberitahuan melalui pesan teks (jika Anda sudah mendaftar untuk layanan ini), tetapi mereka tidak pernah meminta informasi akun. Jika Anda tidak yakin, hubungi bank atau toko secara langsung. Anda juga dapat mencoba Better Business Bureau, atau Google nomor telepon untuk melihat apakah ada laporan penipuan yang muncul. Jika Parker memeriksa nomor teleponnya, dia akan mengetahui ini adalah penipuan, dan mungkin bisa menghindari penipuan panggilan telepon yang dapat mencuri uang Anda juga.. (Meghan Jones)

Judul Asli
10 Online Scams You Need to Be Aware of—And How to Avoid Them


Penulis
Meghan Jones


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.rd.com/advice/saving-money/how-to-avoid-online-scams/





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog