Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Ketika Blogger Diajak Kampanyekan Kelestarian Hutan

Pontianak. simplyasep.com  Yayasan Doktor Sjahrir dan Climate Reality Project Indonesia kembali mengadakan Forest Talk With Bloggers yang kali ini diselenggarakan di Hotel Ibis , Pontianak pada tanggal 20 April 2019 yang lalu.   Semua peserta yang hadir dan menjadi peserta adalah para Blogger termasuk penulis sangat bersemangat dan antusias mengikuti jalannya acara ini hingga selesainya acara di siang harinya

Adapun yang menjadi Pemantik Diskusi di acara ini antara lain Dr. Amanda Katili Niode, Manager Climate Reality Indonesia , Dr. Atiek Widayati, Tropenbos Indonesia, dan Mas Dito  Mas Dito ini berbicara  tentang Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang merupakan binaan dari perusahaan APP Sinarmas.  Sedangkan yang menjadi Moderator: Amril Taufik Gobel. Materi Talkshow  meliputi hal-hal Perubahan Iklim, Pengelolaan Hutan Lestari dan Lanskap, Pohon dan Ekonomi Kreatif.

Sedangkan 
 Amril Taufik Gobel yang menjadi MODERATOR acara ini bukanlah orang sembarangan. Prestasinya segudang,. Amri Taufik Gobel adalah Blogger Senior, sekaligus mantan Vice President ASEAN Bloggers chapter Indonesia.


Tema yang diusung dalam Forest Talk With Blogger Pontianak ini adalah "Menuju Pengelolaan Hutan Lestari Bersama Blogger" diikuti oleh para Blogger kota Pontianak dan sekitarnya.  Di antara blogger yang menghadiri even tersebut juga banyak yang berprofesi sebagai Jurnalis sungguhan. Maksudnya di sini adalah mereka yang berprofesi sebagai Jurnalis / wartawan yang bekerja pada sebuah cetak dan online.  

YDS (Yayasan Doktor Sjahrir) itu adalah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk meneruskan warisan DR.Sjahrir (alm) dan bergerak dibidang Pendidikan, kesehatan dan lingkungan, sedangkan The Climate Reality Project Indonesia, merupakan cabang dari The Climate Reality Project, mendukung kerja lebih dari 300 pemimpin iklim di Indonesia yang berasal dari berbagai latar belakang dan termasuk para pemimpin bisnis, profesional, pendidik, atlet, musisi, ilmuwan, aktor, pelajar, dan pemuka agama. (Sumber Daeng Batala COM )

Apa Itu Blogger?

Dari judul acaranya sendiri adalah Forest Talk With Blogger sudah jelas di sini yang menjadi mitra bincang bincang santai tentang pelestarian hutan ini adalah Blogger. Apa itu Blogger?

Blogger adalah salah satu aktifitas menulis yang menggunakan media online sebagai sarana publikasi tulisannya. Jadi orang yang biasa menulis dan mempublikasikan di sebuah blog maka disebut blogger.  Blogger mempunyai kemiripan yang sangat tinggi dengan pekerjaan atau profesi seorang Jurnalis atau wartawan. Blogger bisa meliput sendiri sebuah even, mengambil foto sendiri, dan merangkainya dalam sebuah tulisan dan  dipublikasikan sendiri dengan media Blog miliknya.   

Blogger juga mempunyai "pedoman" dalam artikel atau tulisan yang dibuatnya yang merupakan standar umum seorang Jurnalis  atau wartawan sungguhan  yakni 5 W 1 H (Where, When, Who, What,  Why dan How).  Maka wajar apabila blogger juga disebut sebagai Jurnalis Warga. Kini siapa saja, warga masyarakat biasa sudah bisa melaporkan peristiwa apa pun, dan berbagi cerita dan informasi kepada masyarakat. 


Mengapa Harus Menggandeng Blogger sebagai mitra acara ini? 
Ini menjadi pertanyaan yang menarik. Blogger memang ada banyak tipenya tergantung minat dan kesukaan sang penulisnya misalnya Food Blogger, Travel Blogger, Fashion Blogger dan masih banyak lagi lainnya.  Blogger pada umumnya bergabung dalam sebuah komunitas Blogger. 

Seorang Blogger memiliki network (jaringan) yang sangat luas dan dapat diakses oleh pembaca di seluruh dunia,  Belum lagi seorang Blogger memiliki lebih dari satu akun sosial media (seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram) dan jika semua akun sosial media miliknya itu memiliki ribuan follower, maka apa pun artikel , tulisan atau berita yang ditulisnya di share ke semua akun sosial media tersebut, maka kemungkinan artikel atau tulisannya akan menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.  Terjadilah Multi Level Information (MLI) yang dahsyat yang mampu menaikkan tema, artikel atau berita setinggi langit dan menjadi trending topic dunia.

Peran para Blogger  sudah sangat diperhitungkan banyak pihak karena kemampuannya dalam mempublikasikan berita ke seluruh dunia dengan sangay cepat dan berbiaya sangat murah atau bahkan gratis. 
Kini blogger banyak diburu oleh para advertiser seperti perusahaan produk makanan, real estate , dan banyak perusahaan lainnya yang ingin produknya di review dan di publish oleh blogger mulai dari produk makanan siap saji seperti Siomay Ramai,  Pagelaran busana Ndastila Paduka, .  

Pemerintah seperti tidak mau kalah ingin menggandeng Blogger untuk mengkampanyekan dan memviralkan program pemerintah kepada masyarakat seperti kampanye Three Ends (Kampanye stop kekerasan pada anak, perempuan dan akses ekonomi perempuan)  BKKBN, Kampanye Penggunaan Helm SNI dari Kepolisian, Kampanye Ramadhan Berdaya dari Rumah zakat (Kampanye untuk memudahkan masyarakat dalam bersedekah dan berinfak melalui aplikasi), dan banyak lagi lainnya  Bahkan Militer pun menggandeng Blogger untuk menyampaikan informasi program Common Sosial Responsibility (CSR) seperti Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio.   Masih banyak lagi lainnya

Baca juga Blogger Pontianak Mendukung Kampanye Three Ends BKKBN


Atas dasar pertimbangan seperti tersebut di ataslah, Yayasan Doktor Sjahrir (SDJ) dan Climate Reality Project Indonesia memahami betul dahsyatnya Blogger jika dijadikan media partner dalam mengkampanyekan program program pelestarian Hutan, dan memandang bahwa Kelompok Blogger diharapkan juga dapat berpartisipasi aktif di dalam mengkampanyekan pentingnya pengelolaah hutan lestari di Indonesia.
Penulis percaya Blogger Pontianak dan blogger di seluruh Indonesia pasti akan merasa bangga bisa menjadi media partner bagi Yayasan Doktor Sjahrir (SDJ) dan Climate Reality Project Indonesia dan siap mengkampanyekan program program pelestarian Hutan ke seluruh dunia.



Jalanya Acara Forest Talk With Blogger


Pemantik diskusi yangi pertama disampaikan langsung oleh Ibu Amanda Katili Niode yang mengawali presentasinya dengan memperkenalkan kepada para blogger tentang The Climate Reality Project Indonesia , 
Yayasan Doktor Sjahrir, dan sejarah awal terbentuknya pemanasan Global di dunia 

"Pemanasan global berawal dari Amerika yang mengalami cuaca ekstrim hingga mencapai minus 40 derajat celsius dan justru pada benua lain seperti Australia yang meningkat hingga lebih dari 50 derajat celsius" Kata Amanda

  • "ini semua karena akibat kegiatan manusia yang berlebihan seperti efek rumah kaca hingga menyebabkan terjadinya pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim hingga menimbulkan bencana" tegas Amanda

Amanda kemudian memaparkan secara global terdapat 60 juta orang yang terdampak cuaca ekstrim dan di Indonesia sendiri pada tahun 2018 terdapat 2481 bencana, 97 % karena hidrometeorologi, 10 juta orang menderita dan mengungsi ke tempat yang aman.

  • "Hutan juga merupakan identitas dan kebanggan bangsa, its our national pride" tegas Amanda

Pemantik Diskusi yang kedua oleh Atiek Widayati dengan tema "menuju pengelolaan hutan lestari dan bagaimana semua pihak dapat berkontribusi dalam pengelolaan hutan lestari" dibawakan dengan sangat menarik. Pemaparan Atik lebih fokus pada isu seputar hutan, penyebab dan dampaknya bagi pengelolaan hutan lestari yakni deforestasi, degradasi hutan dan konversi hutan.

  • "Definisi Deforestasi perubahan permanen dari areal berhutan menjadi areal tidak berhutan atau lainnya sebagai akibat dari aktifitas manusia, sedangkan Degradasi hutan perusakan atau penurunan kualitas hutan seperti tutupan, biomasa atau aspek lainnya " kata Atik

Atik menjelaskan bahwa bentuk bentuk konversi hutan dan perubahan tutupan lahan ada yang berskala besar seperti pembalakan atau penebangan hutan seperti alih fungsi hingga pembangunan tanaman seperti akasia, kelapa sawit,dan skala kecilnya seperti penebangan masyarakat ladang berpindah, pertanian lahan kering dan kebun tradisional

Atik menekankan pentingnya pengelolaan hutan berkelanjutan dengan menjaga dan merawat POHON itu sendiri, dan upaya mengatasinya melalui Pengelolaan Lanskap berkelanjutan,

  • "Kita butuh kayu namun dukunglah produksi kayu yang berkelanjutan" pungkas Atik

Pemantik Diskusi yang ketiga oleh Mas Dito tentang Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang merupakan binaan dari perusahaan APP Sinarmas. 




HUTAN:  Inilah suasana saat  Dr. Amanda Katili Niode, Manager Climate Reality Indonesia  saat menyampaikan presentasinya. Foto Asep Haryono
HUTAN:  Inilah suasana saat  Dr. Amanda Katili Niode, Manager Climate Reality Indonesia  saat menyampaikan presentasinya. Foto Asep Haryono



Bertemu Deman Huri Gustira
Penulis berkesempatan berjumpa dengan Deman Huri Gustira, salah seorang teman kampus saat masih sama sama kuliah di Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak di era tahun 1990 silam.  Penulis mengenalnya karena aktifitas Deman Huri yang luar biasa saat di kampus, dan juga di media koran kampus MIMBAR UNTAN.  Siapakah Deman Huri Gustira ? 


BERSAMA  DEMAN HURI GUSTIRA : Penulis berfoto bersama dengan Deman Huri Gustira saat berlangsungnya Forest Talk With Blogger chapter Pontianak yang sukses digelar oleh Yayasan Doktor Sjahrir dan Climate Reality Indonesia di IBIS Pontianak (20/4)


"Saya orangnya santai, suka jalan-jalan, suka ngopi, menulis buku...terutama tentang kemanusian...sambil jalan-jalan saya sudah menerbitkan lima buku lo...ya hampir semua terinspirasi dari jalanan dan warung kopi..., bukan seperti dari kebanyakan orang yang terinpirasi dari ruangan belajar...bagiku semua itu sangat membosankan...wajar ketika aku kuliah dari semester II sampai selesai...saya tidak pernah mencatat... tapi dasar nasib mujur...saya bisa menamatkan kuliah " tulis Deman Huri Gustira dalam blog pribadinya  .
Bagi penulis, sosok dan aksi Deman Huri Gustira mungkin mirip dengan sepak terjang nya Pahlawan Hak Asasi Manusia Indonesia, almarhum Munir.  Profil Deman Huri Gustira yang tenang, namun menghanyutkan. Tidak pernah takut dengan segala tindak kesewenangan dan ketidakteraturan.   Sangat sulit sekali berjumpa dengan penulis buku yang satu ini.  

Kesan Mengikuti Forest Talk With Blogger

Kelompok Blogger sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia memang diajak untuk memviralkan pentingnya meningkatkan keperdulian masyarakat pentingnya pengelolaan hutan lestari dengan memanfaatkan program sederhana yang bisa diterapkan di rumah namun berdampak luar biasa yakni menanam pohon.

Oleh karena itu wajar Yayasan Doktor Sjahrir (YDS) menganggap penting peran Blogger dengan memberikan bekal pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman para blogger dalam hal kebijakan pengelolaan hutan lestari di Indonesia termasuk di dalamnya guna mencapai pembangunan berkelanjutan dan mengurangi dampak negatif dari emisi gas rumah kaca. 


Salah satu kesan menarik dari pelaksanaan Forest Talk With Blogger ini disampaikan Liansyah (26), seorang Blogger dari kota Pontianak.  Menurut pemuda yang tergabung dalam Komunitas Blogger Pontianak (KBP) ini mengatakan acara Forest Talk With Blogger mengingatkan dirinya akan hutan hutan yang ada di daerah asalnya yang masih perlu dioptimalkan

  • "Miemang sudah dioptimalkan namun tidak kreatif masih dalam skala kecil misalnya tentang Madu Pulut yang merupakan hasil dari hutan yang bisa saya kembangkan untuk bisnis, dan Forest Talk With Blogger ini mengingatkan saya akan pentingnya menjaga lingkungan, misalnya saja kalau ke supermarket saya jadi selalu ingin membawa tas sendiri, dan hal hal sederhana seperti itu yang saya terapkan, terima kasih Forest Talk With Blogger nya keren" kata Liansyah.


Kesan senanda diutarakan peserta lainnya Fadli (21), Blogger Pontianak yang juga merasakan Forest Talk With Blogger sangat penting untuk pelestarian hutan bagi generasi mendatang

"Keindahan alam tidak akan dirasakan oleh anak cucu kita jika sejak dini tidak dibekali ilmu yang bermanfaat tentang pentingnya hutan untuk sebuah peradaban bangsa" kata Fadli


Uniknya dalam acara ini juga diiselenggarakan DEMO MASAK.  Banyak yang bertanya apa korelasinya antara Forest Talk with Blogger dengan Demo Masak? Tentu ada karena sang Chef yang memperagakan demo masak kepada para peserta banyak menggunakan bahan bahan alami yang bersumber dari Hutan dan bisa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan dan meningkatkan kesehatan

Sebagai penutup dari rangkaian Forest Talk With Blogger ini adalah presentasi produk Produk mini-exhibition : Produk Kopi dan Madu Kelulut dari Desa Sumber Agung , Kulit Kapuak , serta pengumuman para pemenang lomba Live Tweet dan Instagram dengan hadaih hadiah yang menarik, dan juga para peserta masih diundang untuk mengikuti Lomba Blog khusus yang hadir dalam acara Forest Talk With Blogger dengan hadiah jutaan rupiah. (Dari Berbagai Sumber dan referensi)  





FOREST TALK WITH BLOGGER : Inilah suasana saat berlangsungnya Forest Talk With Blogger chapter Pontianak yang sukses digelar oleh Yayasan Doktor Sjahrir dan Climate Reality Indonesia di IBIS Pontianak (20/4) yang dihadiri puluhan blohgger dari kota Pontianak dan sekitarnya. Foto Asep Haryono
FOREST TALK WITH BLOGGER : Inilah suasana saat berlangsungnya Forest Talk With Blogger chapter Pontianak yang sukses digelar oleh Yayasan Doktor Sjahrir dan Climate Reality Indonesia di IBIS Pontianak (20/4) yang dihadiri puluhan blohgger dari kota Pontianak dan sekitarnya. Foto Asep Haryono

DOKUMENTASI FOTO:  Para peserta Forest Talk With Blogger  sedang mengabadikan para pematerii yang di depannya.  Ada lomba Love Tweet dan Live IG selama berlangsungnya acara ini dengan hadiah hadiah yang menarik.. Foto Asep Haryono
DOKUMENTASI FOTO:  Para peserta Forest Talk With Blogger  sedang mengabadikan para pematerii yang di depannya.  Ada lomba Love Tweet dan Live IG selama berlangsungnya acara ini dengan hadiah hadiah yang menarik.. Foto Asep Haryono


FOTO BERSAMA : Para peserta Forest Talk With Blogger chapter Pontianak bersama para pembiicara foto bersama sebelum acara ditutup siang jhari itu juga (14.4).  Foto IST
FOTO BERSAMA : Para peserta Forest Talk With Blogger chapter Pontianak bersama para pembiicara foto bersama sebelum acara ditutup siang hari itu juga (20/4).  Foto IST



1 comment:

  1. Keindahan alam tidak akan dirasakan oleh anak cucu kita jika sejak dini tidak dibekali ilmu yang bermanfaat tentang pentingnya hutan untuk sebuah peradaban bangsa

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog