Banner Utama SIMPLY ASEP Banner sosial media Asep
Hello there. Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)
Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Bagaimana Cara Menemukan Plagiarisme

Para penjiplak mengandalkan anonimitas dan luasnya Internet untuk menyembunyikan aktivitas mereka. Hampir selalu, mereka tahu apa yang mereka lakukan salah (setidaknya secara moral) dan meskipun mereka tampak sangat berani tentang kegiatan mereka, mereka bertaruh bahwa Anda tidak akan belajar tentang penyalahgunaan mereka terhadap pekerjaan Anda.

Apa yang tidak disadari oleh para penjiplak adalah bahwa alat yang sama yang membuatnya mudah bagi mereka untuk menemukan karya untuk dicuri juga memudahkan Anda, pemegang hak cipta, untuk menelusuri kembali langkah mereka dan menangkapnya. Karena, meskipun internet sangat luas, sangat baik diindeks sehingga menemukan plagiarisme adalah tugas yang sangat mudah.

Gambar Dari WHoIsHostingThisCOM
Gambar Dari WHoIsHostingThisCOM

Penulis Non-Blogging
Jika Anda seorang penulis yang mencari peniru, Google adalah teman terbaik Anda. Basis data situs Google yang sangat besar, dikombinasikan dengan kemampuannya untuk mencari jenis dokumen lain (termasuk Adobe PDF dan Word DOC) menjadikannya alat yang sangat ampuh untuk melacak pelanggaran.

Langkah pertama menuju pencarian Google yang sukses adalah TIDAK menggunakan judul karya Anda. Banyak penjiplak, untuk menyembunyikan aktivitas mereka, akan mengubah judul pekerjaan Anda sambil menjaga tubuh tetap utuh.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah menemukan frase yang mustahil secara statistik (SIP) dalam pekerjaan Anda dan mencarinya. SIP yang baik biasanya antara 6-12 kata dan sepenuhnya unik untuk pekerjaan Anda.

Pada percobaan pertama Anda, tempatkan SIP Anda dalam tanda kutip. Jika itu tidak mengembalikan kecocokan, cari lagi tanpa tanda kutip untuk memperluas pencarian Anda. Jika tidak ada pencarian yang menghasilkan apa pun dan pekerjaan Anda diposting secara online, itu berarti Google belum mengindeks situs Anda dan yang terbaik adalah menunggu beberapa hari dan coba lagi.

Namun, jika hasilnya muncul, langkah selanjutnya adalah melihat dengan cermat pada setiap tautan yang bukan dari situs Anda atau di tempat lain Anda memposting karya tersebut. Periksa setiap tautan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa itu adalah pekerjaan Anda dan kemudian untuk melihat apakah penggunaannya sesuai dengan pedoman Anda.

Penting untuk dicatat bahwa, ketika melakukan pencarian ini, Google dapat memberi Anda pesan yang mirip dengan yang ini:

“Untuk menunjukkan kepada Anda hasil yang paling relevan, kami telah menghilangkan beberapa entri yang sangat mirip dengan 1 yang sudah ditampilkan. Jika Anda suka, Anda dapat mengulangi pencarian dengan menyertakan hasil yang dihilangkan. ”

Jika Anda mendapatkan pesan ini, klik tautan dan ulangi pencarian. Ini berarti, secara harfiah, halaman lain di Web memiliki konten yang hampir identik dengan milik Anda dan Anda tentu perlu menindaklanjutinya. Meskipun bisa menjadi halaman lain di situs Anda, itu juga bisa menjadi penjiplakan.

Namun, sekuat Google, ia memiliki keterbatasan. Untuk satu, itu cenderung tidak mengindeks beberapa tempat yang paling merajalela untuk penjiplakan seperti papan pesan pribadi dan situs jejaring sosial. 


Untuk mempercepat proses ini, Anda dapat menggunakan alat yang disebut Copyscape untuk membuat proses pencarian melalui Google jauh lebih efisien. Untuk menggunakan Copyscape, Anda cukup memencet URL karya yang ingin Anda periksa dan klik kirim. Copyscape akan melakukan sisanya.

Copyscape menggunakan Google sebagai backendnya sehingga ia akan memiliki batasan yang sama dengan mesin pencari itu sendiri dalam hal apa yang diambilnya. Juga, versi gratis mungkin terlalu terbatas untuk beberapa pengguna karena hanya mengembalikan sepuluh hasil. Namun, layanan berbayar mereka 5 sen per pencarian dan menawarkan hasil yang tidak terbatas.

Jika Anda tertarik dengan layanan gratis tanpa batas, Anda mungkin ingin melihat Plagium. Ini sangat mirip dengan Copyscape tetapi juga memungkinkan Anda untuk menyalin dan menempelkan teks dan mendapatkan hasil tanpa batas secara gratis. Layanan ini menggunakan Yahoo! mesin pencari sebagai backend-nya, artinya akan menghasilkan hasil yang berbeda dari Copyscape atau Google.

Terakhir, jika Anda ingin mengotomatiskan pencarian Anda, gunakan Google Alerts untuk mendeteksi plagiarisme atas nama Anda. Cukup siapkan permintaan pencarian seperti yang dijelaskan di atas dan perintahkan Google Alerts untuk mengirimi Anda email dengan hasil baru. Layanan ini sepenuhnya gratis dan sangat ideal untuk situs-situs yang isinya relatif statis.

Blogger
Blogger memiliki tantangan khusus dalam mendeteksi plagiarisme. Sifat dinamis dari pekerjaan mereka membuatnya tidak praktis untuk memeriksa setiap karya untuk pelanggaran. Lebih buruk lagi, dengan RSS scraping dan spam blogging meningkat, konten mereka sering terangkat segera setelah karya-karya baru diposting.

Salah satu cara untuk mendeteksi pengikisan RSS secara khusus adalah dengan menambahkan sidik jari digital ke umpan Anda. Sidik jari digital pada dasarnya adalah serangkaian karakter unik yang tidak muncul di tempat lain di Web. Jika konten umpan Anda dikikis, sidik jari Anda akan dikikis dengannya dan Anda cukup mencari frase itu untuk menemukan situs yang mencurigakan. Lebih baik lagi, Anda dapat membuat Google Alert, yang dibahas di atas, untuk mengotomatiskan proses dan mengirim email kepada Anda ketika ada kecocokan baru.

Untuk menambahkan sidik jari ke umpan Anda, Anda dapat memanipulasi file template Anda secara langsung, menggunakan plugin atau menggunakan layanan seperti FeedBurner. Meskipun alat-alat ini akan memungkinkan Anda mendeteksi sebagian besar RSS dan pengikisan otomatis, mereka tidak akan melindungi Anda dari penjiplakan “salin dan tempel” yang lebih tradisional.


Artis / Fotografer
Seniman dan fotografer memiliki waktu yang jauh lebih sulit menemukan penjiplakan daripada penulis karena sifat pekerjaan mereka. Tidak ada cara untuk mencari frasa unik atau hanya "Google" untuk salinan karya tertentu.

Saat ini, alat gratis terbaik yang tersedia untuk mendeteksi penyalahgunaan gambar adalah mesin pencari visual Tineye. Tineye bekerja dengan meminta Anda mengunggah gambar atau memberikan URL untuk itu, Tineye kemudian menjelajahi basis datanya untuk mencari gambar yang duplikat tepat atau sangat dekat.

Penting untuk dicatat bahwa basis data Tineye agak terbatas ukurannya, hanya mencakup sebagian kecil dari gambar Web, tetapi ditargetkan dengan baik untuk menemukan pelanggar terburuk dan yang perlu Anda khawatirkan.

Selain Tineye, Anda mungkin dapat menggunakan Google Image Search untuk menemukan salinan pekerjaan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik tab "gambar" di bagian atas area pencarian sebelum memasukkan istilah Anda.

Namun, karena Anda tidak dapat mencari garis yang berbeda, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan mencari judul. Meskipun banyak peniru akan mengubahnya, banyak peniru tidak akan melakukannya dan Anda dapat menemukan hasilnya.

Juga pertimbangkan melakukan pencarian gambar untuk nama file. Jika Anda meluangkan waktu untuk memberikan masing-masing gambar Anda nama file yang sangat asli (dan tentu saja bukan hanya angka), ada peluang bagus bahwa para penjiplak akan tersentuh ketika memposting karya tersebut. Ini berfungsi bahkan jika mereka mengedit file, misalnya, untuk menghapus tanda air atau mengecilkan gambar dan merupakan kesalahan yang mudah dilakukan oleh pembuat plagiar yang paling berhati-hati, terlepas dari betapa mudahnya untuk memperbaikinya.

Tetapi, ketika pencarian mungkin kurang efektif, tautan rujukan jauh lebih kuat. Banyak orang, terutama yang memposting papan pesan, tidak akan meluangkan waktu untuk menyimpan dan mengirim ulang gambar Anda. Sebagai gantinya, mereka hanya akan menautkan ke file gambar yang di-host di server Anda dan, jika Anda memiliki akses ke log server, Anda dapat memeriksa rujukan untuk setiap gambar dan menangkap orang-orang yang menghubungkannya secara ilegal, tidak hanya mengambil kredit untuk pekerjaan Anda, tetapi juga mencuri bandwidth Anda

Tentu saja, jika Anda mengontrol server Anda sendiri, ini mungkin merupakan masalah yang Anda ingin gigit sejak awal, untuk menghemat biaya bandwidth jika tidak ada yang lain. Karena itu, ada beberapa metode untuk menghilangkan hotlinking gambar menggunakan skrip dan dengan mengedit file server.

Hal utama yang harus diingat adalah, sebagai seorang seniman, jauh lebih sulit untuk melacak pencuri daripada bagi seorang penulis. Namun Anda memiliki langkah-langkah proaktif yang lebih signifikan yang dapat Anda ambil untuk menghentikan pencuri termasuk gambar watermarking dengan indikator visual. Saya sangat mendesak seniman untuk lebih fokus pada langkah-langkah proaktif daripada deteksi.

Musisi dan Pembuat Film
Ada banyak alat untuk mendeteksi dan menemukan salinan karya musik. Namun, alat-alat itu ditargetkan untuk audiens perusahaan dan tidak tersedia secara gratis.

Namun, dalam pengalaman saya, meskipun karya video dan audio dibagikan secara luas, plagiarisme relatif jarang, sebagian besar karena waktu dan upaya yang diperlukan untuk memodifikasi karya-karya ini.

Seperti seni visual, biasanya lebih baik untuk fokus pada langkah-langkah proaktif untuk mencegah penyalahgunaan seperti memasukkan tanda air pada video dan data ID3 dalam file MP3. Meskipun metode seperti itu tidak akan mencegah pekerjaan Anda disalin, mereka akan membantu memastikan bahwa atribusi dilakukan bersama mereka ketika diedarkan, setidaknya memberi Anda kredit. 
 (Sumber dari PlagiarismToday COM)

Judul Asli
How To Find Plagiarism

Sumber
www.plagiarismtoday.com

Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.plagiarismtoday.com/stopping-internet-plagiarism/1-how-to-find-plagiarism/





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog