Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Beberapa Latihan Berikut Ini Bisa Memperlambah Penuaan Anda

Mengalami proses aging (penuaan) adalah hal yang wajar dan natural karean semakin bertambahnya usia maka kondisi fisik manusia mengalami banyak penurunan mulai dari kondisi fisik tubuh dari kepala hingga kaki, proses rambut yang menjadi memutih, penghilatan yang semakin berkurang kemampuan daya liatnya, daya ingat yang menurun dan masih banyak lagi akibat alami dari yang manya porses aging (penuaan) ini.

Penuaan adalah angka angka. Benarkah demikian. Anda mungkin tidak dapat memutar balik waktu, tetapi Anda dapat mengubah efek waktu pada tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang di usia kronologis yang sama mungkin memiliki "usia biologis" yang berbeda. Dalam sebuah penelitian di Duke University, hampir 1.000 peserta pada usia yang sama diperiksa untuk kemampuan kognitif mereka, kesehatan kardiovaskular , dan penanda kebugaran lainnya pada tiga usia yang berbeda: 26, 32, dan 38. 


Para peneliti memplot kemiringan biomarker masing-masing individu dan menemukan bahwa mereka tidak semua menurun pada laju yang sama. Beberapa, pada kenyataannya, tidak memiliki kemiringan sama sekali, yang berarti mereka tidak menua! Pada usia 38 tahun, para sukarelawan ini memiliki usia biologis mulai dari yang lebih muda dari 30 hingga hampir 60 tahun.

Penulis penelitian mengatakan di situs web Duke, "Apa artinya ini bagi Anda adalah bahwa faktor-faktor selain genetika dapat memengaruhi tingkat usia Anda. Banyak dari ini berada dalam kendali Anda, jadi baca terus untuk mengetahui bagaimana memperlambat laju penuaan Anda. Juga, jangan jatuh cinta pada 8 mitos penuaan. Semua orang harus berhenti percaya.


Nah Tina Donvito mencoba memaparkan sejumlah latihan yang bisa dipraktekkan di rumah yang diyakini bisa mengurangi proses penuaan:


OUTDOOR : Berada di luar diyakini bisa membuat anda lebih sehat dari biasanya. Gambar dari JACOB LUND/SHUTTERSTOCK
OUTDOOR : Berada di luar diyakini bisa membuat anda lebih sehat dari biasanya. Gambar dari JACOB LUND/SHUTTERSTOCK 
  • Olah Raga Atau Latihan Setiap hari. Atlet senior ini adalah bukti hidup bahwa usia tidak boleh menghalangi Anda dalam hal aktivitas fisik. Dan faktanya, cara terbaik untuk memperlambat penuaan adalah tetap dalam kondisi prima. Satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa orang tua yang berolahraga secara teratur sepanjang hidup mereka memiliki massa otot, kadar kolesterol, dan bahkan fungsi sistem kekebalan tubuh banyak anak muda. Tidak mengherankan, olahraga mengarah pada penurunan berat badan yang sehat - dan mendorong penurunan lemak (sebagai lawan dari otot); Ini juga membantu mengontrol gula darah untuk mencegah diabetes. Benjamin Epstein, MD, spesialis Kedokteran Keluarga dengan Piedmont Physicians, mengatakan: "Latihan aerobik - aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung-meningkatkan kesehatan jantung." "Latihan keseimbangan dan latihan kekuatan menjaga kekuatan tulang, mengurangi nyeri radang sendi, dan mengurangi risiko terjatuh." Olahraga juga memiliki efek menguntungkan. "Aktivitas fisik dapat mengurangi depresi dan kecemasan, dan dapat membantu fungsi kognitif agar pikiran Anda tetap tajam." Epstein berkata. Dia berkata: "Tetap kuat, mantap di kaki Anda, dan lentur juga dapat membantu menjaga kemampuan Anda untuk hidup lebih lama secara mandiri. Dia mengatakan bahwa untuk tujuan 30 menit aktivitas aerobik lima hari seminggu, dengan 10 menit latihan kekuatan dan keseimbangan dua hari seminggu, katanya.
  • Seluruh makanan. Para ahli sepakat diet terbaik untuk mencegah kerusakan yang berkaitan dengan usia dan penyakit dimulai dengan makanan alami yang utuh. "Diet sehat mencakup lebih sedikit makanan olahan tanpa tambahan gula, lemak, dan garam," kata Dr. Epstein. Menghindari gula dan lemak yang tidak sehat dapat membantu mencegah peradangan, diabetes, dan penyakit jantung. Di antara makanan yang dimakan oleh para ahli anti-penuaan setiap hari — berikut daftarnya — ia merekomendasikan “biji-bijian utuh, seperti gandum utuh dan beras merah; daging dan ikan tanpa lemak, unggas, dan telur; kacang, kacang polong, dan polong-polongan; dan lima atau lebih porsi buah dan sayuran sehari. ”Penelitian mengungkapkan bahwa makan makanan utuh meningkatkan pasokan nutrisi tubuh Anda yang menjaga sel-sel tetap sehat, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit kronis utama yang terkait dengan usia.

    Penelitian lain menemukan bahwa nutrisi yang tepat juga membantu menjaga fungsi otak lebih lama. “Seperti banyak aspek tubuh kita, apa yang kita makan juga memengaruhi pikiran,” kata Jyotir Jani, MD, dokter perawatan primer dengan Piedmont Healthcare. "Makan makanan yang alami, buatan rumah dengan cinta, dan membatasi daging merah membantu otak lebih tajam." 
  • Makan lebih banyak tanaman.
    Menambahkan lebih banyak makanan nabati ke dalam makanannya adalah salah satu rahasia Christie Brinkley yang menua untuk membuat usia terlihat seperti 34 — inilah sisanya. “Mengikuti pola makan nabati — atau yang menekankan makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian — dapat mendukung penuaan yang sehat dengan memberikan nutrisi penting bagi kesehatan otak dan tubuh,” kata Abby Sauer, MPH, RD, ahli diet terdaftar di Abbott . “Namun, nabati tidak harus berarti nabati eksklusif. Makanan lain seperti telur, susu rendah atau rendah lemak, dan makanan laut juga dapat menyumbang nutrisi penting. ”Diet Mediterania, yang mencakup beberapa produk hewani, adalah contoh yang bagus dari diet nabati, katanya. "Penelitian menunjukkan itu dapat menyebabkan kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah, dan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya yang lebih rendah." 
  • Cukup protein. Tetapi makan sebagian besar tanaman tidak harus berarti kehilangan protein — penelitian menunjukkan protein sangat penting dalam menjaga massa otot seiring bertambahnya usia. "Orang yang berusia di atas 40 dapat kehilangan hingga 8 persen dari massa otot mereka per dekade, dan tingkat penurunan dapat berlipat ganda setelah usia 70," kata Sauer. "Namun studi yang baru-baru ini diterbitkan dari para peneliti di Abbott dan The Ohio State University menemukan bahwa lebih dari satu dari tiga orang Amerika di atas 50 tidak mendapatkan jumlah protein yang direkomendasikan." Dia merekomendasikan orang dewasa untuk mengudap sumber protein seperti kacang, yogurt Yunani, atau keju tali. Juga: "Tambahkan protein-toppers ke dalam makanan, seperti hummus ke sandwich kalkun, ayam potong dadu ke pasta, atau kacang-kacangan untuk salad, dan bertujuan untuk makan 25 hingga 30 gram protein pada setiap kali makan," katanya.
  • Berada di luar ruangan. Vitamin D, "vitamin sinar matahari," membantu menjaga tulang Anda kuat, dan itu juga dapat membantu melindungi terhadap kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung dan kanker. Menurut sebuah penelitian pada lebih dari 2.000 wanita, mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi juga memiliki telomer yang lebih lama, tutup pada ujung sel DNA yang menentukan umur sel. Studi lain menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan kadar vitamin D rendah mengalami kesulitan dengan tugas sehari-hari seperti berjalan menaiki tangga, berpakaian, dan bahkan memotong kuku jari kaki mereka. "Mendapatkan 15 hingga 30 menit paparan sinar matahari sehari harus memadai untuk produksi vitamin D," kata Dr. Jani. "Tentu saja, itu bukan melalui berjemur tetapi dengan berada di luar dengan pakaian normal." Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dalam makanan, seperti ikan berlemak seperti salmon, kuning telur, dan makanan yang diperkaya termasuk sereal. 
  • Melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Mendapatkan vitamin D di luar adalah pedang bermata dua karena matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, keriput, dan meningkatkan risiko kanker kulit — yang semuanya mempromosikan penuaan internal dan eksternal. Dan sementara semua orang tahu bahwa terbakar sinar matahari berbahaya, orang-orang cenderung terkejut mendapati bahwa bahkan mendapatkan cokelat akan merusak kulit. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), Anda dapat melindungi dari penuaan dini kulit dengan menutupinya dengan pakaian, mengenakan spektrum luas SPF 30 atau tabir surya yang lebih tinggi, dan mencari naungan. Selain itu, AAD merekomendasikan untuk mencuci wajah dua kali sehari dan mengoleskan pelembab agar kulit Anda tetap muda. Inilah cara mencari tahu apakah wajah Anda menua lebih cepat dari Anda. 

Masih ada beberapa aktifitas atau latihan sehari hari di rumah yang jika anda praktekkan mempunyai manfaat yang besar untuk memperlambat proses penuaan anda antara lain misalnya dengan cara menghindari TOXIN atau Racun.  Apa itu maksudnya ? 

Meskipun penelitian di bidang ini masih dalam masa pertumbuhan, ini menunjukkan bahwa racun lingkungan yang kita hadapi dapat menua lebih cepat. Para peneliti menyebut racun ini "gerontogen." 

Beberapa contoh gerontogen adalah arsenik dalam air tanah dan benzena dari buangan mobil dan emisi industri. Penelitian lain menunjukkan BPA, bahan kimia yang ditemukan di beberapa plastik, dapat mempercepat proses penuaan, itulah sebabnya mungkin bijaksana untuk tetap menggunakan plastik bebas BPA. Asap rokok jelas merupakan gerontogen yang diberikan semua penelitian yang menunjukkan bagaimana hal itu dapat menua wajah dan tubuh. “Berhenti merokok adalah satu-satunya tindakan paling penting yang dapat dilakukan seseorang tanpa memandang usia,” kata Dr. Jani. 

“Merokok benar-benar menyebabkan kerusakan internal pada kode genetik Anda, serta pembuluh darah dan berbagai sistem organ.” Jika Anda perlu bantuan untuk berhenti, periksa 23 cara terbaik untuk berhenti merokok.



Berikutnya adalah usahakan agar Tetap terhidrasi, Menjaga gigi, Menjaga usus tetap sehat, pencernaan sehat, Mengurangi stres, Memiliki sikap positif, cukup istirahat,  Untuk yang terakhir ini, Istirahat Yang Cukup maksudnya adalah Memiliki sikap positif tentang penuaan, mempertahankan tujuan, dan tetap terlibat secara sosial dapat membantu memperlambat proses penuaan fisik dan mental.

Satu studi mengungkapkan bahwa orang dengan sikap positif hidup 7,5 tahun lebih lama daripada orang pesimis, tanpa memandang kesehatan; lain menemukan bahwa berpikir negatif menyebabkan penurunan fisik dan kognitif lebih curam. Namun studi lain menunjukkan bahwa tipe setengah gelas penuh kurang mungkin untuk mengembangkan demensia, bahkan jika mereka memiliki risiko tinggi untuk penyakit ini. "Mempertahankan sikap positif dan tetap terhubung secara sosial tidak hanya membantu kita mencegah depresi, tetapi juga membantu kita mengatasi kondisi kesehatan dengan lebih baik, dan bahkan hidup lebih lama," kata Dr. Epstein. (Tina Donvito)

Judul Asli
15 Things You Didn’t Know Could Literally Slow Down Aging


Penulis
Tina Donvito


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.rd.com/health/wellness/slow-down-aging/?_cmp=readuprdus&_ebid=readuprdus612019&_mid=283715&ehid=d87325dcb82e27867b61cbe13f4d7c727f86dcdf





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog