Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

KEREN : Mahasiwa Berbagi Takjil Di Jalan

www.simplyasep.com  Ketika saya baru pulang kerja sore hari sekitar pukul 16.00 WIB Sabtu 25 Mei 2019 atau bertepatan dengan Ramadhan Hari ke 20 (Dua Puluh) , saat Honda Supra Fit saya berhenti karena ada lampu merah di simpang jalan Zainudin Pontianak,  saya melihat beberapa Mahasiswa (Terlihat dari jaket mahasiswa yang dikenakan mereka-red) membagikan Takjil (Makanan untuk berbuka puasa).

Satu persatu kendaraan yang sedang menunggu Lampu Merah itu mendapatkan 1 bungkus kecil, dan ketika giliran saya seorang mahasiswi berjilbab mendatangi saya dan memberikan saya satu bungkus Takjil.  Saya tidak tau jaket mahasiswa dari kampus atau pergruan tinggi apa dari Jaket yang dikenakannya jelas bukan jaket dari kampus almamater saya di FKIP Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.

Setelah mengucapkan terima kasih , takjil yang tidak saya lihat apa isinya itu, dan saya langsung melanjutkan perjalanan pulang ke rumah saya di komplek Duta Bandara Kubu Raya.  Jarak dari kantor ke rumah saya (Sebaliknya) memakan waktu lebih kurang 25 menit.

Saat proses pembagian Takjil di lampu merah tadi, saya berusaha untuk mengambil foto saat mereka sedang action berbagai kebaikan dengan membagikan Takjil di Lampu merah tadi, namun kondisi tidak memungkinkan, Saya berada paling depan dari urutan motor motor yang berhenti di Lampu Merah tadi, namun saya tidak mau kehilangan akal. 

Saya ambil Samsung Galaxy Grand Prime saya yang memang sudah on dan saya mengarahkan kaca spion motor saya dan mengambil foto dari refleksi lampu Spion, Hasilnya memang tidak terlalu buruk.  Nah ini dia salah satu foto yang saya ambil saat itu :



BERBAGI TAKJIL DI JALAN : Terlihat seorang mahasiswi denga kantung kantung Takjil yang dia dan teman temannya bagikan di Lampu merah kawasan Simpang JalanZainudin Pontianak Sabtu (25/4) sekitar pukul 16.14 WIB. Foto Asep Haryono
BERBAGI TAKJIL DI JALAN : Terlihat seorang mahasiswi denga kantung kantung Takjil yang dia dan teman temannya bagikan di Lampu merah kawasan Simpang JalanZainudin Pontianak Sabtu (25/4) sekitar pukul 16.14 WIB. Foto Asep Haryono

TAKJIL : Isi satu bungkus Takjil nya antara lain sebutir Buah Kurma, Puding mini, sebuah kueh, dan satu gelas kecil air mineral.  Sederhana, namun cukup untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka tiba. Foto Asep Haryono
TAKJIL : Inilah takjil yang saya dapatkan di jalan Isi satu bungkus Takjil nya antara lain sebutir Buah Kurma, Puding mini, sebuah kueh, dan satu gelas kecil air mineral.   Sederhana, namun cukup untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka tiba. Foto Asep Haryono


Sesampai di rumah sekitar pukul 16.40 WIB, saya pun langsung memarkir motor kesayangan saya di garasi, dan satu bungkus Takjil yang saa dapatkan tadi langsung saya taruh di atas meja untuk diambil foto atau gambarnya untuk keperluan dokumengtasi dan bahan tulisan saya.  Ini memang sering dibahas oleh banyak blogger tentang Takjil On The Road, saya pun sudah pernah menulisya, namun tidak ada salah nya saya nulis lagi dengan tema yang sama. Nah foto isi Takjilnya seperti yang sudah saya cantumkan di atas.

Nah teka teki mahasiwa/mahasiswi dari kampus manakah saat berbagi Takjil di Jalan tadi?  Akhirnya teka teki itu terjawab sudah.  Karena begitu 1 bungkus Takjil yang saya dapatkan saat di lampu Merah tadi saya buka di rumah terdapat kartu nama yang dicetak di plastik pembungku Takjil dan 1 buah Brosur kampus mereka yang ternyata adalah para Mahaiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat  yang belokasi di Jalan K.H.Ahmad Dahlan No,72 Pontianak.  

Ini fenomena yang menarik saya kira

Di sisi lain mereka, para mahasiswa Program Studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar itu itu sudah menunjukkan rasa keperdulian yang tinggi terutama di saat Bulan Ramadhan 1440 Hijriah ini dimana semua kebaikan akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT.  Berbagi Takjil di jalan seperti itu adalah perbuatan yang mulia.  

Jangan dilihat dari isi atau konten dari Takjil yang mereka berikan tapi lihatlah kemuliaan yang ada serta niat yang tulus yang ditunjukkan para mahasiswa mahasiwa itu dalam kegiatan berbagai Takjil di Jalan seperti itu di bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah yang mulia ini.   Dengan konten sederhana saja seperti itu (1 butir kurma, 1 gelas air mineral, dan 1 buah kue) sudah lebih dari cukup untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka puasa sudah tiba. Bukan hamba Allah SWT akan selalu berada dalam kebaikan saat mereka menyegerakan berbuka puasanya. (Asep Haryono)

1 comment:

  1. Sayang sekali tidak potret langsung kan bisa sekalian berkenalan.
    Baik banget ya.

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog