Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Apakah ada krisis dalam kapitalisme?

Saya penggemar berat Paul Collier. Seorang ekonom Oxford yang sangat dihormati (dan seorang ksatria!), Ia telah menghabiskan karirnya untuk mencoba memahami dan mengurangi kemiskinan global. Bukunya The Bottom Billion masih dalam daftar pendek buku yang saya rekomendasikan kepada orang-orang, walaupun banyak yang telah berubah sejak diterbitkan 12 tahun yang lalu.

Jadi saya sedikit terkejut ketika mengetahui bahwa buku terbaru Collier sama sekali bukan tentang kemiskinan. Tetapi ketika saya melihat bahwa itu adalah tentang sesuatu yang saya juga sangat tertarik — polarisasi yang kami lihat di AS, Eropa, dan tempat-tempat lain — saya sangat ingin melihat apa yang dia katakan. Saya senang saya melakukannya. Masa Depan Kapitalisme: Menghadapi Kegelisahan Baru, adalah buku yang ambisius dan menggugah pikiran.


Gambar dari INTERNET / Gatesnotes.com


Collier bergulat dengan masalah yang sulit. Jika Anda mengukur berdasarkan hal-hal seperti pertumbuhan PDB dan masa hidup, kehidupan lebih baik bagi lebih banyak orang di dunia daripada sebelumnya. Namun banyak orang mempertanyakan sistem kapitalis yang menghasilkan keuntungan itu. Ada pengertian bahwa sistem ini sedang dalam krisis.


= Mengapa ini terjadi? Collier mengatakan kami mengalami tiga celah besar: 1) kesenjangan spasial antara kota-kota yang booming dan kota-kota kecil yang sedang berjuang; 2) pembagian kelas antara orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi dan mereka yang tidak; dan 3) kesenjangan global antara negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah di satu sisi, dan negara-negara rapuh di sisi lain.

Collier memiliki perspektif pribadi pada ketiga bagian. Dia tumbuh di Sheffield industri, Inggris; sekarang dia membuat rumahnya di kota perguruan tinggi kelas atas. Kedua orang tuanya meninggalkan sekolah ketika mereka berusia 12 tahun; dia pergi ke Oxford. Dia tinggal di negara kaya, tetapi karena pekerjaannya, dia menghabiskan banyak waktu di beberapa tempat termiskin di dunia.

Sebagai hasil dari tiga tren, Collier mengatakan, kapitalisme memberikan bagi beberapa orang tetapi meninggalkan yang lain. Sebagai contoh, ia membuat poin yang seharusnya terasa akrab bagi siapa pun yang tinggal di London, New York City, atau kampung halaman saya di Seattle. 


Pekerja yang sangat terampil memiliki insentif besar untuk pindah ke kota, di mana mereka bisa mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi. Ketika semua orang yang berpenghasilan besar berkumpul di satu tempat, lebih banyak bisnis yang tumbuh untuk mendukung mereka. Gerakan besar-besaran ke kota ini menaikkan biaya tanah, membuatnya lebih terjangkau untuk semua orang. Ini adalah siklus yang baik untuk beberapa yang beruntung dan yang jahat bagi yang lain.

Ini semua menambahkan hingga deskripsi masalah yang meyakinkan. Apa yang harus kita lakukan tentang ini?

Saya menemukan diri saya setuju dengan banyak hal yang dikatakan Collier. Saya terutama dikejutkan oleh ide sentral bukunya, bahwa kita perlu memperkuat kewajiban timbal balik yang kita miliki satu sama lain. Ini tidak akan secara langsung mengatasi perpecahan, tetapi itu akan menciptakan suasana di mana kita dapat berbicara lebih banyak tentang solusi pragmatis kepada mereka. 


“Ketika kami mengakui kewajiban baru kepada orang lain,” Collier menulis, “kami membangun masyarakat yang lebih mampu berkembang; ketika kita mengabaikannya kita melakukan yang sebaliknya…. Untuk mencapai janji [kemakmuran], rasa saling menghormati kita harus dibangun kembali.

Dia melihat empat bidang di mana kita dapat melakukan ini: tingkat global, negara-bangsa, perusahaan, dan keluarga. Secara global, misalnya, ia berpendapat bahwa kita perlu merevitalisasi kelompok-kelompok seperti NATO dan UE sementara juga mengakui perlunya membantu orang-orang termiskin di dunia untuk keluar dari kemiskinan (suatu bidang yang menarik bagi saya karena pekerjaan Gates Foundation).

Di tingkat perusahaan, Collier mengkritik gagasan bahwa satu-satunya tanggung jawab perusahaan adalah menghasilkan uang bagi para pemegang sahamnya. Satu-satunya fokus pada garis bawah, menurutnya, berarti banyak perusahaan tidak lagi merasa bertanggung jawab kepada karyawan mereka atau masyarakat di mana mereka beroperasi. Ia berkata, ini adalah pendorong besar, “penghinaan massal di mana kapitalisme dipegang — sebagai rakus, egois, korup.”

Saya setuju bahwa perusahaan perlu mengambil pandangan jangka panjang dari minat mereka dan tidak hanya fokus pada keuntungan jangka pendek. Itu penting bagaimana bisnis dilihat di komunitas mereka dan oleh karyawan mereka. 


Saya pikir motif laba mendorong perusahaan untuk mengambil pandangan yang luas tentang minat mereka lebih sering daripada yang diakui Collier, meskipun ada banyak pengecualian. Dan ketika kita ingin perusahaan bertindak dengan cara tertentu — misalnya untuk mengurangi polusi atau membayar pajak dalam jumlah tertentu — saya pikir lebih efektif untuk membuat pemerintah mengesahkan undang-undang daripada berharap mereka secara sukarela mengubah perilaku mereka.

Jika aku punya kesempatan, aku akan bertanya pada Collier tentang ini. Saya menyelesaikan buku itu dengan bertanya-tanya apakah menurutnya kami dapat mengubah struktur insentif sehingga perusahaan bertindak berbeda. Atau mungkin beberapa perusahaan tidak menyadari bahwa minat jangka panjang mereka membutuhkan menilai sesuatu selain dari garis bawah. Akan sangat menarik untuk berdiskusi dengannya.

Saya juga akan mengambil argumen dunia / bangsa / perusahaan / keluarga Collier selangkah lebih maju. Saya akan menambahkan kategori kelima: komunitas. Kita perlu terhubung kembali di tingkat lokal, di mana kita secara fisik cukup dekat untuk saling membantu di saat dibutuhkan. Gereja dapat melayani tujuan ini. Begitu juga kelompok masyarakat. Alat digital juga telah membantu orang terhubung dengan tetangga mereka, meskipun saya pikir masih banyak yang bisa dilakukan di sana. 
(Bill Gates)

Judul Asli
Is there a crisis in capitalism?

Penulis
Bill Gates


 Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.gatesnotes.com/Books/The-Future-of-Capitalism





No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog