Banner 17 Agustus 2019 - WWW.SIMPLYASEP.COM
Social media banner SIMPLYASEP.COM


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Akankah Masjid Masjid kembali Sepi Pasca Ramadhan Nanti ?

www.simplyasep.com  Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah akan segera pergi meninggalkan kita semua. Meninggalkan segala kekhusyukan amal ibadah di waktu siang hingga di malam nan hening. Alunan ayat suci Al Quran, Tadarus Al Quran, SholatTaraweh, Keliling kampung membangunkan warga untuk sahur, dan berbagai amal ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT kelak akan menjadi kenangan manis.  

Bagaimana dengan puasa sahabat dan kawan kawan semuanya sampai hari ini? Semoga semua ibadah dan amal kebaikan yang dilakukan sejak awal Ramadhan hingga saat ini diterima oleh Allah SWT.  Aamin Ya Rabbal Alamin.  Hari ini saya mencoba mengulas sedikit saja , masih bertema Ramadhan, yakni fenomena Masjid Masjid pasca ditinggal bulan Ramadhan.  Akankan Masjid Masjid Kembali Sepi Pasca Ramadhan ?

Sudah bukan rahasia lagi jika sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan, masjid masjid, surau, dan mushola di seluruh Indonesia (pada khususnya) penuh disesaki oleh Jamaah yang datang baik perorangan, perkelompok besar datang tumpah ruah. Bahkan konon para Milenial (Kelompok usia remaja yang identik dengan Gadget dan kehidupan Hedonis) baik cewek maupun cowok akan bermunculan untuk ikut Melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih. 


Yang putri yang biasa mangkal di cafe atau Mall Mall, kali ini tampil anggun elegan dengan balutan busana muslimah, yang cowok pun demikian, Kopiah, gamis dan kain sarung.  Itu saja sudah merupakan kebahagiaan dan kegembiraan bagi kita semua, anak anak muda Milenial ini pada kembali ke masjid.  Gadget Gadget sementara ditinggalkan dahulu, berganti dengan Al Quran sebagai teman hidup setiap hari

Tapi tunggu dahulu. Fenomena masjid masjid penuh di awal Ramadhan adalah hal yang biasa, dan umumnya selalu terjadi di setiap awal memasuki Bulan Ramadhan.  Tapi cobalah perhatikan jika Ramadhan sudah mendekati hari akhirnya, biasanya di 10 Malam terakhir. Apa yang akan terjadi. AKankah masjid masjid, surau, langgar dan Musholla akan tetap makmur penuh sesak oleh Jamaah dari kalangan Milenial ini. Jawabannya bisa YA bisa juga TIDAK. 



KULTUM : Kultum saat Malam Ramadhan di Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya. Akankah masjid masjid kembali sepi ditinggal para jamaahnya pasca Ramadhan? Ayo makmurkan kembali. Tugas kita semua. Foto Asep Haryono
KULTUM : Kultum saat Malam Ramadhan di Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya. Akankah masjid masjid kembali sepi ditinggal para jamaahnya pasca Ramadhan? Ayo makmurkan kembali. Tugas kita semua. Foto Asep Haryono


Beberapa orang Jamaah yang pernah saya tanyakan fenomena Masjid Kembali sepi pasca Ramadhan ini mengatakan bahwa Sepinya Masjid Masjid, Suray, Langgar, Musholla setelah lepas Bulan Ramadhan adalah hal yang lumrah terjadi, dan sampai sekarang belum didapat formula yang tepat untuk mengatasinya.   Benarkah tidak ada solusi sama sekali untuk kembali memakmurkan Masjid Masjid dengan atau tanpa Ramadhan? Bahkan tanpa di bulan Ramadhan sekalipun, masjid masjid harus tetap makmur dengan jamaah dan segala aktifitas di dalamnya.

Namun hadirnya Bulan Suci Ramadhan yang berhasl memikat Generasi Milenial untuk kembali ke Masjid masjid untuk kegiatan menyemarakkan bulan Ramadhan (selain misi cari gebetan sepulang Tarawih-red) seharusnya menjadi titik untuk "mengunci" mereka agar tetap betah dan berlama lama di Masjid. Karena Masjid kini tidak hanya sebagai sarana dan tempat untuk mendekatkan diri kita kepada sang Pencipta ALLAH SWT, namun masjid kini sudah menjadi tempat untuk belajar, menambah ilmu dan wawasan juga sebagai sarana untuk menyambung tali silaturahmi


Nah bagaimana caranya agar Jamaah yang penuh sesak di awal awal bulan Ramadhan ini akan tetap full sesak hingga di akhir Ramadhan, dan bahkan setelah bulan Ramadhan pergi meninggalkan kita semua, masjid masjid surau langgar Musholla tetap penuh sesak makmur dengan para jamaahnya. Itu merupakan tugas dan tanggung jawab tidak saja dibebankan kepada para panitia dan pengurus Masjid saja, melainkan tanggung jawab dan tugas kita semuanya. (Asep Haryono)

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog