Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Peta-peta ini bisa menunjukkan cara untuk menghentikan malaria

www.gatesnotes.com  Ini adalah Mosquito Week lagi di Gates Notes. Tahun ini saya mengeksplorasi beberapa ilmu di balik malaria dan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk lainnya. Anda dapat membaca di bawah tentang bagaimana peta merevolusi perjuangan melawan malaria. Saya juga menulis tentang bagaimana parasit malaria adalah pengubah bentuk yang cerdik dan bagaimana pengeditan nyamuk secara genetis dapat membantu kita mengalahkan penyakit tersebut.

Bayangkan memanggil pemadam kebakaran dan memberi tahu mereka: "Ada rumah yang terbakar di suatu tempat di kota!" Mereka meminta Anda untuk alamat atau setidaknya beberapa jalan di dekatnya, tetapi Anda tidak yakin. Tanpa lebih spesifik, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk membantu.

Selama beberapa dekade, komunitas malaria telah menghadapi masalah yang sama, tetapi dalam skala nasional. Di banyak negara dengan banyak malaria, kami memiliki perkiraan nasional tentang seberapa lazimnya penyakit itu, tetapi sangat sedikit informasi yang dapat dipercaya tentang kerusakan di negara tersebut. Itu berarti pejabat kesehatan harus mendistribusikan kelambu di seluruh wilayah, berharap untuk mendapatkan semua orang yang mungkin berisiko sementara juga melindungi orang-orang yang tidak.

Image courtesy from  GatesNotes COM
Image courtesy from  GatesNotes COM

Image courtesy from  GatesNotes COM
Image courtesy from  GatesNotes COM



Masalah ini sangat mendesak sekarang. Setelah lebih dari 15 tahun mengalami kemajuan yang stabil terhadap penyakit ini, perbaikannya melambat. Pendanaan untuk malaria juga datar. Jika kita hanya bertahan dengan alat yang sama dan strategi yang sama, kemajuan akan terhenti, dan penyakit itu mungkin kembali. Kita perlu berbuat lebih banyak dengan apa yang kita miliki.

Saya senang melaporkan bahwa semuanya berubah, berkat data yang lebih baik. Kombinasi teknologi baru dan sistem yang ditingkatkan membantu kami menargetkan intervensi penyelamatan nyawa di tempat-tempat di mana terdapat risiko malaria terbesar — ​​memastikan bahwa setiap dolar yang dihabiskan memiliki dampak sebesar mungkin.

Saya akui bahwa data tidak se-seksi seperti pengubah bentuk atau penghancur-X. Namun topiknya sangat penting. Ini adalah fokus besar untuk strategi malaria yayasan kami, salah satu hal utama yang kami bawa ke meja mengingat minat kami dalam teknologi dan inovasi. Posting ini akan mendapatkan lebih banyak ilham daripada yang biasanya saya lakukan di TGN, tetapi jika Anda terobsesi dengan malaria seperti saya, saya harap Anda akan menemukan itu menarik. 


Pakar kesehatan memperkirakan beban penyakit dengan dua cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan informasi anonim yang dikumpulkan oleh petugas kesehatan.

Tetapi informasi ini memiliki banyak celah dan dikumpulkan ketika bergerak naik rantai dari klinik ke kabupaten ke provinsi. Ini kira-kira sama dengan menjumlahkan kasus di setiap rumah sakit di negara bagian A.S dan hanya melaporkan totalnya. Ini mengaburkan satu ton variasi lokal, dan pada saat semua data diproses, laporan mungkin satu tahun kedaluwarsa.

Sumber lainnya adalah survei. Petugas kesehatan pergi ke sebuah komunitas dan menguji beberapa sukarelawan untuk malaria, kemudian mengulanginya di lokasi-lokasi di seluruh negeri. Tetapi proses ini mahal dan memakan waktu, yang membatasi jumlah sampel yang bisa diambil oleh suatu negara dan seberapa sering dapat diambil.

Komunitas malaria menangani masalah ini dengan dua cara. Nirlaba yang disebut Proyek Atlas Malaria (didanai oleh yayasan kami) dimulai dengan mengumpulkan semua data yang dapat mereka temukan dari setiap negara endemis. Mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan: Meskipun ada celah besar di peta di mana kami memiliki informasi yang sangat sedikit, secara keseluruhan ada lebih banyak data daripada yang diperkirakan siapa pun.

Menggunakan informasi yang mereka miliki, bersama dengan data tentang kondisi lokal yang mempengaruhi penyebaran malaria (seperti suhu, kelembaban, dan lokasi klinik kesehatan), MAP mulai membangun model komputer yang memberi kita gambaran yang lebih jelas tentang apa yang terjadi . 


Hasilnya luar biasa. Kami sekarang memiliki peta kaya data dengan piksel yang hanya 5 km persegi. Alih-alih menyelimuti seluruh wilayah dengan kelambu dan tindakan anti-malaria lainnya, pejabat kesehatan dapat menargetkan upaya di mana mereka akan melakukan yang terbaik. Saya mendorong Anda untuk meluangkan waktu menjelajahi alat interaktif MAP — ini adalah karya yang luar biasa.

Sekarang tiba langkah selanjutnya: mendapatkan data yang lebih baik sehingga kami membuat peta dengan resolusi yang lebih tinggi. Untuk mencapai hal ini, yayasan kami dan mitra lainnya membantu negara memperkuat sistem mereka untuk memantau penyakit.

Di tempat-tempat termiskin, ini mungkin berarti memisahkan data mereka dan memastikan itu akurat dan tepat waktu. Bagi yang lain, itu berarti melengkapi petugas kesehatan dengan ponsel atau tablet sehingga mereka dapat memasukkan informasi secara digital. Lebih dari 60 negara telah menggunakan perangkat lunak yang sama untuk melaporkan data kesehatan, sangat menyederhanakan proses pengumpulan dan analisis informasi.

Di bawah ini Anda dapat melihat contoh dramatis bagaimana masa depan pemetaan itu. Keduanya adalah peta Haiti. Yang di sebelah kiri menggunakan resolusi 5x5 km, dibangun dengan data agregat. (Ingat, ini sudah merupakan lompatan besar dari perkiraan nasional.) Yang di sebelah kanan menggunakan data dari fasilitas kesehatan individu untuk membuat piksel yang hanya 1x1 km persegi. Lihat seberapa detailnya itu? Ketika Anda perlu memaksimalkan sumber daya yang langka, informasi seperti ini sangat berharga.
(Bill Gates)

Judul Asli
These maps could point the way to stopping malaria

Penulis
Bill Gates

Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.gatesnotes.com/Health/These-maps-could-point-the-way-to-eradicating-malaria




No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog