Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Ada Apa DI Dalam Lubang Hitam ?:

Benda-benda misterius ini mewakili semua yang tidak diketahui — tetapi untuk pertama kalinya, para ilmuwan mengintip dengan gambar lubang hitam pertama kali. Inilah yang mereka temukan.

Anda tahu semua foto lubang hitam yang Anda lihat online atau di buku teks astronomi sekolah menengah Anda? Semuanya ilustrasi. Ya, mereka hanya representasi palsu dari apa yang menurut para ilmuwan tampak berdasarkan perhitungan mereka.

Lubang hitam adalah salah satu misteri sains yang belum ditemukan. Itulah mengapa rilis terbaru dari gambar aktual pertama dari lubang hitam, yang terletak di galaksi M87, sangat penting: Ini adalah bukti pengamatan langsung pertama yang menunjukkan bahwa lubang hitam ada. "Sangat menginspirasi untuk memiliki gambaran nyata dari objek luar biasa ini yang sebelumnya kita 'lihat' hanya dalam diagram dan simulasi dan persamaan," kata ahli astrofisika Benjamin Monreal, PhD, Profesor Fisika Agnar Pytte Associate of Physics di Case Western Reserve University.

Tapi itu membawa kita ke pertanyaan berikutnya: Apa yang ada di dalam lubang hitam? Untuk mencoba menjawab itu, pertama, kita perlu menjelajahi beberapa fakta astronomi yang tidak pernah Anda pelajari di sekolah.

Gambar dari EVENT HORIZON TELESCOPE COLLABORATION/HANDOUT/EPA-EFE/REX/Shutterstock
Gambar dari EVENT HORIZON TELESCOPE COLLABORATION/HANDOUT/EPA-EFE/REX/Shutterstock

Apa itu black hole?
Meskipun semua orang tahu istilah itu, kebanyakan dari kita (yang bukan ahli astrofisika) mungkin tidak tahu persis apa itu lubang hitam. "Lubang hitam adalah benda yang begitu masif sehingga gravitasi ekstremnya membuat segalanya, bahkan cahaya, jatuh ke dalam," kata Monreal. Masih bingung? Pikirkan bola bowling di atas trampolin:

Ini membuat depresi besar di tengah, jadi jika Anda melempar kelereng, mereka akan jatuh. Lubang hitam membelokkan ruang dan waktu di sekitarnya (bersama-sama disebut ruangwaktu) dengan cara yang sama. "Dari lubang hitam, bahkan kecepatan cahaya tidak cukup untuk melarikan diri," kata Monreal. "Ruang begitu bengkok sehingga satu-satunya arah turun." Itulah mengapa mereka "hitam," atau lebih tepatnya tidak terlihat: Tidak ada cahaya yang bisa lolos bagi kita untuk melihatnya.

Bagaimana lubang hitam dibuat?
OK, tapi apa itu black hole? "Lubang hitam memulai mereka ketika materi biasa diperas dalam volume yang cukup kecil," kata Monreal. Misalnya, ketika bintang-bintang besar kehabisan bahan bakar, mereka runtuh pada diri mereka sendiri melalui gravitasi, menciptakan lubang hitam. "Lubang hitam M87 yang kita miliki ini memiliki gambaran baru tentang kemungkinan terbentuk dari awan besar gas hidrogen yang runtuh," kata Monreal.

Apa yang ada di dalam lubang hitam?

Meskipun lubang hitam itu sendiri tidak dapat dilihat, para ilmuwan tahu mereka ada di sana karena cara benda-benda lain seperti bintang bertindak di sekitar mereka; benda-benda di zona aman ini tidak ditarik tetapi masih terpengaruh oleh kekuatannya. Di sisi lain, materi yang melewati titik tidak bisa kembali, yang disebut horizon peristiwa, tidak dapat lepas dari lubang hitam — bayangkan itu seperti melewati air terjun ke dalam jurang.

Tetapi para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi setelah masalah tersebut masuk; pada dasarnya, apa yang ada di dalam lubang hitam. "Begitu hidrogen [dari bintang yang runtuh] masuk, teori gravitasi memberi tahu kita bahwa hidrogen terjepit menjadi 'singularitas' di pusatnya, dan tidak ada yang tahu seperti apa sebenarnya di sana — walaupun itu jelas bukan hidrogen lagi," kata Monreal . Jadi bagian dalam black hole mungkin tidak terlihat seperti yang Anda bayangkan dari film. “Antara cakrawala peristiwa dan singularitas tidak ada yang lain selain ruang kosong, yang mengalami medan gravitasi yang sangat kuat,” kata Monreal.

Apa yang terjadi pada hal-hal yang masuk ke dalam lubang hitam masih bisa diperdebatkan. Ungkapan "lubang hitam tidak memiliki rambut" menggambarkan teori bahwa informasi yang dilemparkan ke lubang hitam pada dasarnya menghilang bagi pengamat luar dan tidak dapat diukur.

Fisikawan terkenal Stephen Hawking melemparkan kunci ke dalam ini, menunjukkan bahwa beberapa massa sebenarnya bisa "bocor" keluar atau dilepaskan oleh lubang hitam ketika perlahan-lahan mati — yang sebenarnya bisa bertentangan dengan teori gravitasi yang berlaku. Hawking sedang mengerjakan ide ini sampai kematiannya Maret lalu, dengan makalah terakhirnya tentang topik yang diterbitkan oleh rekan-rekannya pada Desember 2018. 


Apa yang bisa diceritakan oleh foto baru tentang apa yang ada di dalam lubang hitam? Gambar M87 yang baru, yang sebenarnya bukan foto melainkan kompilasi data dari delapan observatorium di seluruh dunia secara kolektif disebut Teleskop Peristiwa Horizon, memberikan bukti pertama yang mendukung — atau bertentangan — teori lubang hitam.

"Para astronom yang mempelajari galaksi telah lapar untuk mengetahui massa dan tingkat rotasi lubang hitam, dan mereka telah menemukan metode tidak langsung untuk menyimpulkan angka-angka itu — metode itu sekarang memiliki pemeriksaan realitas yang sangat tepat," kata Monreal.

"Fisikawan yang menginginkan tes yang lebih baik dan lebih baik dari teori gravitasi Einstein - atau yang mencari bukti untuk pemecahan teori itu - akan ingin melihat teori mana yang dapat menjelaskan rincian gambar ini." cincin terang adalah piringan akresi, massa gas yang mengorbit tepat sebelum cakrawala peristiwa. Ruang hitam di tengah adalah "bayangan" lubang hitam, ingat, karena tidak ada cahaya, kita tidak bisa melihat di dalam lubang itu sendiri.

Meski begitu, memeriksa ukuran dan spesifikasi gambar akan memberikan lebih banyak informasi kepada ahli astrofisika daripada sebelumnya untuk membantu kita memahami cara kerjanya — membuat lubang hitam tidak lagi menjadi salah satu misteri alam semesta yang paling membingungkan. 
 (Tina Donvito)

Judul Asli
What Is Inside a Black Hole?

Penulis
Tina Donvito


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat :
https://www.rd.com/culture/what-is-inside-a-black-hole/






No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog