Banner 17 Agustus 2019 - WWW.SIMPLYASEP.COM
Social media banner SIMPLYASEP.COM


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tentang Hari Perempuan Internasional

Ini adalah hal baru, bukan? "DJ radio pagi saya bertanya kepada co-host-nya." Seperti, itu dimulai tahun lalu, saya kira? "

Saya baru saja membuka mata pada saat kata-kata itu keluar dari mulutnya, tetapi ketidaktepatan yang kasar sudah cukup untuk mengirim saya memotret dari setengah grogi langsung ke laptop saya. Pencarian Google selama dua detik mengkonfirmasi apa yang telah saya ceritakan seumur hidup: 8 Maret, Hari Perempuan Internasional, telah dirayakan di seluruh dunia selama lebih dari satu abad. 



Happy International Women's Day!	DISCAN/GETTY IMAGES
Happy International Women's Day! DISCAN/GETTY IMAGES

Sebagai generasi pertama Amerika yang lahir dalam keluarga Yahudi Rusia, saya menyadari bahwa saya memiliki sedikit keuntungan yang tidak adil di bidang internasional, tetapi saya baru saja menyadari betapa perayaan bersejarah hari ini yang sesungguhnya bagi begitu banyak orang di Amerika. Serikat.

Lebih dari 100 Tahun Sejarah

Pertemuan Hari Perempuan Internasional (IWD) pertama terjadi pada tahun 1911, tetapi acara tersebut telah berlangsung selama beberapa tahun. Pada tahun 1908, 15.000 perempuan berbaris di New York City, menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak memilih (sesuatu yang tidak akan mereka dapatkan selama 12 tahun lagi).

Satu tahun kemudian, pada 28 Februari 1909, wanita di seluruh AS mulai memperingati Hari Perempuan Nasional (NWD), dan pada tahun 1910, perwakilan wanita dari seluruh dunia bersatu di Kopenhagen pada Konferensi Internasional Kedua untuk Mempekerjaan Wanita untuk menjadikan semuanya lebih resmi .

Clara Zetkin, pemimpin "Kantor Wanita" untuk Partai Sosial Demokrat di Jerman, mengusulkan kepada 100 peserta dari 17 negara agar wanita di seluruh dunia harus bersatu dalam solidaritas global setiap tahun pada hari yang sama untuk mendorong kesetaraan. Tahun berikutnya, perayaan Hari Perempuan Internasional diadakan untuk pertama kalinya di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss pada 18 Maret, dengan lebih dari satu juta perempuan dan laki-laki menghadiri rapat umum, menuntut persamaan hak. 


Namun, kurang dari seminggu setelah peristiwa yang penuh harapan itu, sebuah tragedi bersejarah terjadi di New York City. Kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di Kota New York menewaskan lebih dari 140 wanita pekerja, kebanyakan dari mereka adalah imigran muda Italia dan Yahudi. Peristiwa menghancurkan berfungsi sebagai pemeriksaan realitas yang keras dari kondisi tenaga kerja saat ini untuk perempuan, dan itu menjadi titik fokus dari peristiwa IWD berikutnya di tahun-tahun mendatang.

Ketika Perang Dunia I merobek Eropa tiga tahun kemudian, wanita bersatu, menggunakan gerakan IWD sebagai sarana untuk memprotes perdamaian. Peringatan IWD pertama Rusia berlangsung pada hari Minggu terakhir bulan Februari tahun itu, dan perayaan itu menyebar ke negara-negara lain di Eropa pada tahun berikutnya.

Perempuan Rusia berada di garis depan dalam mengubah IWD menjadi platform politik; pada hari pertama Revolusi Rusia pada tahun 1917, puluhan ribu wanita turun ke jalan-jalan ibukota, sebagai tanggapan atas kematian lebih dari 2 juta tentara.

Para peserta membanjiri ruang-ruang publik selama empat hari, menyerukan perubahan dan menggalang dukungan terhadap kekurangan makanan - gerakan besar memaksa Tsar untuk turun tahta, dan mendorong pemerintah sementara untuk memberikan perempuan hak untuk memilih. Pemogokan dimulai pada 24 Februari menurut kalender Julian, yang digunakan Rusia pada saat itu. Tetapi menurut kalender Gregorian, yang sebagian besar dunia bergantung pada hari ini, peristiwa bersejarah itu dimulai pada 8 Maret.

Proklamasi PBB

Maju cepat beberapa dekade, dan IWD mencapai tonggak penting lainnya. Pada tahun 1975, acara ini dirayakan untuk pertama kalinya oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan dua tahun kemudian, Majelis Umum mengadopsi resolusi "menyatakan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak-Hak Wanita dan Perdamaian Internasional untuk diamati pada setiap hari sepanjang tahun oleh Anggota. Negara, sesuai dengan tradisi historis dan nasional mereka.

" Pada tahun 1996, AS mulai menetapkan tema tahunan untuk setiap IWD, dimulai dengan "Merayakan masa lalu, Merencanakan Masa Depan." Ketika dunia bergerak ke milenium baru, IWD menjadi digital pada tahun 2001 dengan peluncuran internationalwomensday.com, yang terus bermitra dengan perusahaan dan organisasi untuk mempromosikan dan menawarkan pendidikan seputar kesetaraan gender.

Untuk menandai ulang tahun ke-100 IWD pada tahun 2011, Presiden Barack Obama menyatakan Maret 2011 sebagai "Bulan Sejarah Wanita," dan meminta orang Amerika untuk merenungkan "prestasi luar biasa wanita" yang membantu membentuk sejarah negara itu.

Jadi, di mana itu meninggalkan kita hari ini? Tentu, banyak yang masih salah informasi tentang asal-usul IWD dan dampak besar yang ditimbulkannya pada keadilan sosial, politik, tenaga kerja, upah, dan banyak lagi, tetapi lebih banyak lagi yang menyadari pentingnya IWD.

Menurut internationalwomensday.com, IWD dianggap sebagai hari libur resmi di berbagai negara, termasuk Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Burkina Faso, Kamboja, Cina (hanya untuk wanita), Kuba, Georgia, Guinea-Bissau, Eritrea, Kazakhstan, Kirgistan , Laos, Madagaskar (hanya untuk wanita), Moldova, Mongolia, Montenegro, Nepal (hanya untuk wanita), Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, dan Zambia. Di beberapa negara, ini dianggap setara dengan Hari Ibu, dan di negara lain, wanita dan pria masih diam-diam dan secara diam-diam menghormati maknanya.

Di mana pun Anda berada, pertimbangkan untuk mendedikasikan hari ini untuk garis keturunan yang kuat dari wanita yang memungkinkan kehidupan modern dan mereka yang terus mendorong perubahan. 
(MICHELLE KONSTANTINOVSKY)

Judul Asli
What International Women's Day Is Really All About
 

Penulis
MICHELLE KONSTANTINOVSKY

Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat : https://people.howstuffworks.com/culture-traditions/cultural-traditions/what-international-womens-day-is-really-all-about.htm



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog