Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Lanud Supadio Paksa Mendarat Pesawat Asing Tanpa Izin

Kubu Raya.  Pesawat Tempur Hawk 109/209 mendapatkan perintah dari Komando Atas (Kotas) untuk melaksanakan Intercept terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia. Dan untuk selanjutnya pesawat Hawk yang berhome base di Skadron Udara 1 melaksanakan Force Down dan berhasil memaksa pesawat asing tersebut mendarat di Main Apron Lanud Supadio, Senin (11/3).

Setelah mendarat, pesawat asing yang diawaki oleh seorang pilot ini langsung diperiksa oleh tim Jihandak dari Yonko 465 Paskhas, setelah aman maka pilot asing tersebut diamankan oleh personel Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpomau). Kemudian pilot tersebut digelandang ke posko kesehatan guna diperiksa kesehatannya oleh personel RSAU dr. M. Sutomo Lanud Supadio dan kemudian diinterogasi oleh petugas pengamanan Intel Lanud Supadio. Sedangkan pesawatnya langsung diperiksa dan diamankan di main Apron Lanud Supadio dengan penjagaan.yang ketat dan diberi tanda policeline dari Satpomau.

Sumber Siaran Pers Pangkalan TNI AU Supadio
Sumber Siaran Pers Pangkalan TNI AU Supadio

Sumber Siaran Pers Pangkalan TNI AU Supadio
Sumber Siaran Pers Pangkalan TNI AU Supadio


Kejadian ini merupakan salah satu skenario latihan satuan Alap Gesit “Mandau Terbang-19” di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio yang melibatkan kekuatan unsur Udara yaitu pesawat Hawk 109/209, pesawat UAV, pesawat Helikopter Super Puma, Unsur Pasukan yang berasal dari Batalyon Komando 465 Paskhas, Unsur Hanud dari Denhanud 473 Paskhas dan Unsur Pangkalan.

Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M, menyampaikan pelaksanaan latihan puncak Lanud Supadio ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan Lanud Supadio dalam menghadapi berbagai tantangan tugas, salah satunya adalah pelaksanaan penindakan terhadap pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa ijin atau pelaksanaan latihan ForceDown.

"Salah satu tugas Lanud Supadio adalah sebagai satuan penindak terhadap setiap pelanggaran wilayah udara Indonesia. Oleh karena itu, kita menguji kesiapsiagaan seluruh unsur yang ada di Lanud Supadio ini, baik itu unsur tempurnya dan unsur lainnya. Kesiapsiagaan yang kita harapkan adalah kesiapsiagaan alutsista dan kesiapsiagaan personel yang mengawaki sesuai dengan bidang tugas masing-masing", kata Danlanud.

Selain pelaksanaan latihan Force Down, pada latihan puncak Lanud Supadio ini juga diujikan kesiapan pesawat tempur Hawk dalam melaksanakan Bantuan Tembakan Udara (BTU) yang dilaksanakan melalui Latihan Pengendalian Tempur (Dalpur) dengan melibatkan prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas. Dalam latihan ini melibatkan SkadronUdara 51 sebagai unsur intai yang berfungsi sebagai Airborne FAC dalam pelaksanaan bantuan tembakan udara.

Latihan lainnya adalah pelaksanaan Combart Search And Rescue (Combat SAR) yakni latihan pencarian dan penyelamatan prajurit atau penerbang yang sedang berada di daerah pertempuran karena melaksanakan Eject dari pesawatnya pada saat melaksanakan misi operasi udara. Pada latihan Combat SAR ini menggunakan pesawat helikopter Super Puma dengan membawa sejumlah prajurit Paskhas dengan pengawalan dua unit pesawat tempur.

Latihan lainnya adalah menguji kesiapsiagaan prajurit Lanud Supadio dalam menghadapi Emergency Landing pada saat pesawat tempur menghadapi suatu permasalahan. Latihan ini melibatkan sejumlah unit pemadam kebakaran, tim medis dari RSAU. Dr. M. Sutomo dan personel Skadron Udara 1 dalam memperbaiki kerusakan pesawat yang menyebabkan terjadinya emergency landing tersebut, latihan ini dikemas melalui latihan Crash Team.

Sedangkan Denhanud 473 Paskhas dengan alutsistanya berfungsi sebagai Hanud titik dan melaksanakan penindakan terhadap pesawat musuh, kemudian Pamhanlan juga bereaksi terhadap aksi yang dilakukan oleh pihak musuh.

Latihan puncak Alap Gesit 2019 ini merupakan latihan tingkat satuan yg melibatkan.ratusan prajurit diseluruh satuan jajaran yang ada di Lanud Supadio. Dalam latihan ini mengusung tema dengan Latihan Satuan Alap Gesit 2019 kita tingkatkan kemampuan satuan untuk melatih kesiapsiagaan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang dalam rangka mendukung tugas Koopsau I 
(Sumber Siaran Pers Pangkalan TNI AU Supadio)

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog