Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Praktis Atasi Grogi Bicara DI Depan Umum

Jantung Anda berdetak lebih cepat, tangan Anda menjadi lembap dan otak Anda larut dalam havermut. Garis pembuka pembunuh yang telah Anda rencanakan? Mereka semua menghilang tanpa bukti bahwa mereka pernah ada, sama seperti deodoran Anda sepanjang hari dan rasa dingin yang mungkin Anda panggil untuk sementara waktu.

Klasik - jika tidak diragukan lagi terlalu terbalik dan klise - tampilan rusa di lampu sekarang terpaku pada wajah kosong Anda. Dan semua orang di sekitar meja di ruang konferensi (atau ruang kelas, atau auditorium) melakukan hal terburuk mutlak yang bisa mereka lakukan sekarang.


Does the fear of public speaking bring you to your knees? You're not alone. SARA PETTERSON/GETTY IMAGES
Apakah ketakutan berbicara di depan umum membuat Anda bertekuk lutut? Kamu tidak sendiri. SARA PETTERSON / GAMBAR GETTY


Mereka sedang menatap. Dan menunggu ... menunggu ... menunggu. Untukmu. "Aku tidak sabar untuk turun dari tahap ini," katamu pada diri sendiri. "Aku hanya ingin lari dan bersembunyi. Ini tidak berjalan dengan baik. Aku akan mengebom. '"

Itu, kata Scott Compton, profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Duke, persis seperti yang dipikirkan oleh mereka yang takut berbicara di depan umum. Dan itu tentu saja masalahnya.

Ini Nyata, dan Menakutkan
Ketakutan berbicara di depan umum benar-benar nyata. Ini adalah jenis gangguan kecemasan sosial, yang merupakan istilah yang pertama kali diciptakan pada tahun 1980 dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM). Dari Institut Kesehatan Mental Nasional (NIMH)

Orang dengan gangguan kecemasan sosial memiliki rasa takut yang intens, atau kecemasan terhadap, situasi sosial atau kinerja. Mereka khawatir bahwa tindakan atau perilaku yang terkait dengan kecemasan mereka akan dievaluasi secara negatif oleh orang lain, membuat mereka merasa malu. Kekhawatiran ini sering menyebabkan orang dengan kecemasan sosial menghindari situasi sosial.

Gangguan kecemasan sosial, menurut Anxiety and Depression Association of America, mempengaruhi 15 juta orang dewasa Amerika. Di antara banyak himpunan bagian dari gangguan, ketakutan berbicara di depan umum - kadang-kadang disebut glossophobia - adalah raja. National Social Anxiety Centre, mengutip NIMH, bahkan melangkah lebih jauh, mengklaim bahwa setidaknya tujuh dari 10 bergulat dengan beberapa tingkat glossophobia.

Ketakutan ini jauh lebih serius daripada telapak tangan yang berkeringat dan lidah yang terikat. Mereka yang memiliki glossophobia parah sangat khawatir tentang bagaimana mereka bertindak atau tampil di depan umum sehingga mereka sering menghindari pengaturan publik sama sekali, dan itu dapat merusak kesejahteraan pribadi dan profesional mereka. Hal-hal menjadi lebih serius, ADAA memperingatkan: "Orang dengan gangguan kecemasan sosial juga berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan gangguan depresi mayor dan gangguan penggunaan alkohol."

Yayasan Andrew Kukes untuk Kecemasan Sosial menjabarkannya dengan istilah yang jelas: "Nama itu mungkin terdengar tidak berbahaya, tetapi kekacauan itu kompleks, kejam dan tidak ada yang sederhana. Kecemasan sosial jauh lebih dari rasa malu dan takut berbicara di depan umum. Itu adalah kecanduan untuk menghindari dan penyakit resistensi.  


Apa Yang Sedang Terjadi?

Gangguan kecemasan sosial, termasuk glossophobia, didefinisikan oleh ketakutan dan kekhawatiran yang ekstrem. Mereka adalah gangguan mental yang paling umum di AS, menurut ADAA.

Di antara tanda-tanda bahwa seseorang mungkin menderita gangguan kecemasan (dari ADAA):

  • Merasa gugup, mudah tersinggung, atau gelisah
  • Memiliki rasa bahaya yang akan datang, panik atau malapetaka
  • Memiliki peningkatan detak jantung
  • Bernafas dengan cepat (hiperventilasi), berkeringat, dan / atau gemetar
  • Merasa lemah atau lelah
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kesulitan tidur
  • Mengalami masalah gastrointestinal (GI)

Kecemasan itu diperkirakan terpusat pada amigdala, bagian dari otak yang terkait dengan emosi. Idenya adalah bahwa amigdala, yang bertindak berdasarkan ingatan buruk atau gagasan salah tentang apa yang bisa terjadi, melepaskan hormon "lawan atau lari" yang membuat tubuh dalam keadaan tertekan. Dengan demikian telapak tangan yang berkeringat, jantung berdebar kencang dan keinginan untuk pergi.

Gangguan ini sering mulai pada orang muda, kata Compton - seorang anak pemalu yang tidak akan berpartisipasi di kelas meskipun dia tahu jawabannya, atau takut berkencan, atau tidak mau bergabung dengan tim olahraga karena takut mengacaukan - dan tumbuh saat anak menjadi dewasa.

"Sebagian besar gangguan kecemasan dimulai pada anak usia dini dan tidak diobati dan tidak diakui," kata Compton. "Orang-orang akhirnya mengembangkan semacam strategi penanganan yang cukup maladaptif."

Strategi masuk tampaknya merupakan penghindaran. Mereka yang telah berhadapan dengan kecemasan sosial selama bertahun-tahun, termasuk ketakutan berbicara di depan umum, cukup menghindari situasi yang membuat stres kapan pun mereka bisa. Dan itu tentang hal terburuk yang bisa mereka lakukan ketika menaklukkan ketakutan mereka.

"Semakin Anda menghindari, semakin buruk jadinya," kata Compton. "Moto saya dalam terapi adalah Anda harus menghindari penghindaran. Ini hampir seperti, jika sesuatu menyebabkan Anda cemas, Anda perlu melakukan kebalikan dari apa yang diperintahkan oleh sejarah Anda.


Mendapatkan Past Glossophobia

Terapi dapat membantu rasa takut berbicara di depan umum dan banyak gangguan kecemasan sosial lainnya. Terapi perilaku kognitif adalah jenis psikoterapi (membicarakan berbagai hal), sesuatu yang banyak digunakan untuk mengobati kecemasan sosial oleh banyak orang, termasuk Compton.

"Dalam terapi, Anda mulai dengan hal-hal kecil. 'Saya tahu Anda tidak ingin pergi ke konferensi dan menjadi pembicara utama. Tetapi apakah Anda bersedia memberikan ceramah di depan satu orang lain?'" Compton kata. "Mulailah dari yang kecil, bangun rasa percaya diri dan kesuksesan. Dan kemudian secara bertahap putar panas dalam hal membuat situasi secara bertahap lebih memicu kecemasan."

Pengobatan untuk mengurangi kecemasan juga dimungkinkan. Tetapi langkah pertama mungkin hanya mempraktikkan pidato di depan cermin, atau dengan seorang teman, atau solo di ruang kosong. Selain itu, belajarlah untuk memperlambat dan bernafas. Dan terima gagasan itu, seperti yang dikatakan Compton, bahwa hidup Anda akan lebih baik jika Anda mengatasi ketakutan Anda.

"Anda harus meminta mereka untuk menghindari penghindaran," katanya. "Ketika mereka dapat membuat langkah itu dengan rela melakukan hal itu - meskipun sejarah mereka seperti mengatakan, 'Ya ampun, ini akan menjadi mengerikan!' - Mereka adalah orang-orang yang bisa mengatasi ketakutan mereka berbicara di depan umum. "


SEKARANG ITU MENARIK

Bagi mereka yang menghadapi prospek yang menakutkan untuk membuat pidato di depan umum, atau berada di lingkungan publik di mana Anda mungkin harus berbicara, National Social Anxiety Center memiliki banyak tips yang dapat membantu ("berlatih untuk meningkatkan kepercayaan diri," dan "belajar untuk bersantai." ").

Salah satu saran kelompok itu adalah untuk "menghilangkan bencana" pembekuan otak, pemadaman yang berbicara di depan umum yang sering terjadi dengan glossophobia. "Penonton biasanya akan cepat melupakannya," kata NSAC. "Saya sudah bicara di mana saya benar-benar dibom," kata Compton. "Hidup terus berlalu
(JOHN DONOVAN)

Judul Asli
Conquering the Fear of Public Speaking

Penulis 
JOHN DONOVAN


Artikel ini sudah tampil di halaman utamanya dengan alamat
https://health.howstuffworks.com/mental-health/anxiety/conquering-fear-public-speaking.htm



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog