Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Ingin Membeli Mobil Baru? Simak Dulu Persyaratannya

Mobil saat ini bukan lagi menjadi barang kebutuhan tertier, atau pelengkap. Tetapi, di era modern ini mobil sudah menjadi barang yang menduduki posisi sebagai barang utama. Karena, mobil saat ini digunakan untuk membawa barang dan juga mengakomodasi penumpang bagi penggunanya. Hal itu pula yang membuat penjualan mobil setiap tahunnya kian meningkat.

Masyarakat Indonesia saat ini dapat membeli mobil dengan berbagai cara. Salah satu cara yang kerap digunakan untuk membeli mobil adalah menggunakan skema kredit. Skema kredit menjadi skema yang paling diandalkan karena dianggap memudahkan bagi masyarakat Indonesia. Tetapi, ada beberapa syarat yang harus ditetapkan untuk bisa membeli mobil dengan cara kredit.




Syarat pertama yang wajib diketahui adalah, pembeli mobil baru dengan cara kredit haruslah warga negara Indonesia (WNI) dengan usia 21-60 tahun (saat kredit lunas). Calon pembeli juga diwajibkan memiliki pekerjaan dan berpenghasilan tetap setiap bulannya. Ini merupakan syarat pertama untuk membeli mobil dengan skema kredit.

Syarat selanjutnya adalah menyiapkan dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan leasing. Dokumen penting yang dibutuhkan diantaranya adalah KTP/SIM/Passport, slip gaji, Kartu Keluarga, tagihan kartu kredit, bukti pajak bumi dan bangunan atau rekening listrik, NPWP, akta pendirian perusahaan dan SIUP bagi pengusaha dan keterangan izin praktik bagi professional. Dokumen penting ini wajib sekali dilampirkan pada saat hendak membuat Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Jika dokumen yang dibutuhkan sudah siap, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran down payment atau DP. DP ini dibutuhkan sebagai pembayaran uang muka kendaraan. Sebagai contoh, jika total harga kendaraan Rp 90 juta (klik di sini untuk Harga kendaraan), maka uang muka yang dibutuhkan adalah Rp 21 juta ini dapat dibayar dengan waktu 60 bulan atau 5 tahun. Uang ini digunakan untuk menentukan lamanya angsuran. Jika uang Rp 21 juta tersebut dibayar, maka konsumen akan mendapatkan angsuran Rp 1,6 juta per bulan dengan masa waktu cicilan 5 tahun.

Setelah menyerahkan dokumen penting, dan membayar down payment maka Anda hanya perlu mobil segera dikirim. Saat mobil dikirim, Anda akan mendapatkan faktur pembelian mobil. Faktur ini menjadi alat sah jika Anda telah membeli sebuah mobil. Di dalam faktur akan tertera nama Anda, jenis mobil yang dibeli, dan tipe mobil yang sudah dibeli. Faktur ini memberitahukan jika Anda membeli sebuah mobil dalam keadaan baru.

Selain faktur, Anda juga akan mendapatkan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). BPKB ini dikeluarkan oleh satuan lalu lintas Polri sebagai penanda kendaraan yang Anda beli ini sah di mata hokum. Jika membeli mobil baru, Anda tidak akan mendapatkan BPKB sebelum cicilan Anda lunas. Maka dari itu, saat membeli mobil dengan skema kredit Anda hanya akan mendapatkan STNK.

STNK ini memiliki arti sebagai Surat Tanda Nomor Kendaraan yang sangat berguna sebagai identitas Anda berkendara Bersama mobil yang digunakan. Jika ada Razia, tunjukkan saja STNK dengan SIM yang Anda miliki. Anda akan terbebas dari kesalahan berkendara jika Anda tidak melanggar peraturan lalu lintas yang ada. Bagaimana, sudah lebih paham mengenai persyaratan yang digunakan saat membeli mobil baru? 

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog