Banner 17 Agustus 2019 - WWW.SIMPLYASEP.COM
Social media banner SIMPLYASEP.COM


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Awasi Dan Cegah Anak Anak Dari Kecanduan Main Game Ke Warnet

simplyasep.com  Membaca berita yang terbit di salah satu Portal Berita Terkenal di Indonesia, DETIK COM, yang berisi dan berjudul "Bolos Sekolah, 20 Pelajar Dirazia Saat Asyik Main Game di Warnet" yang diposting pada tangga; 14 Februari 2019 jam 19.17 WIB menarik perhatian saya untuk memberikan pendapat dan tanggapan di halaman blog kesayangan saya ini.  Izinkan saya untuk menyampaikan beberapa pandangan, pendapat dan juga tanggapan terhadap berita tersebut. 



Tidak Ada Yang Salah Dengan Usaha Warnet
Sebelum saya sampai pada pandangam, pendapat dan tanggapan saya terhadap berita di atas, saya ingin meluruskan dahulu bahwa tidak ada yang salah dengan usaha orang dengan membuka Warung Internet.  Membuka usaha seperti Warung Internet atau Cyber Cafe adalah salah satu usaha mandiri untuk mendapatkan penghasilan yang halal. 

Ini saja dahulu yang saya ingin coba luruskan.   Membuka usaha mandiri seperti usaha Warnet ini sama dengan usaha mandiri lainnya seperti fotokopi, percetakan, pengetikan skripsi dan lains sebagainya. Saya rasa para pembaca sekalian sepakat untuk yang satu ini. Orang membuka usaha Warung Internet sah sah saja.

Dengan semakin menjamurnya Gadget atau Gawai dengan menggunakan koneksi jaringan membuka peluang usaha ini juga masih terbuka yakni dengan menjalankan bisnis Warung Internet.  Tidak semua orang memiliki sarana alat komunikasi Gawai (gadget) dengan fasilitas internet.  Selain itu pula banyak pengguna yang menggunakan Internet untuk mencari informasi pengetahuan, referensi buku pelajaran, hobi dan juga sebagai sarana untuk entertainment atau hiburan.  Ini juga sah sah saja

Tanggung Jawab Kita Semua
Nah tinggal Pemerintah saja yang melakukan regulasi atau pengaturannya agar usaha Warung Internet yang sebenarnya baik baik saja ini tidak tercemar oleh ulah para pengusaha Warung Internet yang nakal. Definisi nakal ini tentu ada cakupannya tersendiri, dan aparat penegak hukum tentu sudah mempunyai batasan batasannya, mana warnet yang harus diawasi, mana warnet yang harus mendapat pengawasan dan bimbingan dan lain sebagainya.

JAGA : Inilah saya saat bekerja di sebuah warung internet di Kota Pontianak selama kurang lebih 1 tahun, lalu pindah ke warnet di kota lain. Foto ini diambil sekitar tahun 1992. Sudah lama memang. Foto IST
AGA : Inilah saya saat bekerja di sebuah warung internet di Kota Pontianak selama kurang lebih 1 tahun, lalu pindah ke warnet di kota lain. Foto ini diambil sekitar tahun 1992. Sudah lama memang. Foto IST



Para pengusaha Warung Internet juga dimintakan tanggung jawab moralnya agar para user (pengguna) usaha jasa Warnetnya tidak disalahgunakan untuk kepentingan dan atau kegiatan yang berpotensi merusak MORAL, persatuan dan kesatuan bangsa. 


Para pengusaha Warnet tentunya akan dengan senang hati membantu terciptanya kondisi yang aman dan kondusif.  Prinsip Internet Sehat sudah sewajarnya ditanamkan kepada mereka untuk disebarkan dan ditularkan kepada para pengguna jasanya. 

Memperhatikan jam buka dan jam tutup dan lain sebagainya, termasuk mengawasi anak anak yang datang ke warung internet untuk berselancar di dunia maya atau bermain Game Online Ini yang menjadi fokus utama bahasan saya dalam artikel saya kali ini


Guru guru sangat mengkhawatirkan anak anak didik mereka jika sudah ketahuan nongkrong di Warung Internet.  Sama persis dengan berita yang diterbitkan oleh DETIK COM yang tautan linknya sudah saya sertakan di atas.  Silahkan para pembaca setia blog saya untuk membaca artikel atau berita dengan tautan link yang sudah saya sediakan di atas.   

Baca juga  Pengalaman Bekerja di Warnet

Guru guru sudah mensinyalir anak anak didik yang ketauan sering ke Warung Internet biasanya adalah anak anak yang suka bolos, tidak naik kelas dan "preman" di sekolah. Memang tidak semua anak seperti itu, namun pada umumnya demikian.

Belum lagi aroma asap rokok yang identik dengan ruangan serba pengap di Warung Internet, ditambah lagi dengan banyaknya virus virus di tiap unit Komputernya yang bisa saja memunculkan pop up advertisement (iklan) yang berbau kekerasan dan pornography.   Saya tau karena saya pernah bekerja di Warung Internet beberapa tahun lamanya., Bahkan saya sudah tiga kali berpindah kerja dari warung internet yang satu ke warung internet lainnya di kota kota yang berbeda di Kalimantan Barat


Main game Online bagi anak anak sungguh mengasyikkan.  Game Game Online itu memang banyak versinya.  Anak anak bsia bermain game dengan rekan sebayanya dari seluruh Dunia.  Game game online seperti MineCraft, atau Mobile Legend (maaf kalau saya salah menuliskannya-red) adalah game game yang bisa dimainkan bersama sama dengan pengguna lain di belahan dunia yang lain. 

Anak anak bisa lupa Belajar atau mengaji kalau sudah kecanduan game game online ini.  Belum lagi akan menguras isi kantong.  Gamenya mekang gratis, namun untuk main Game online di Warnet kan harus merogoh kantong untuk membayar sewa gamenya.  Anak anak sekolah yang masih "nyadong" (meminta uang dari orang tua-red) akan menguras kocek orang tuanya. 

Belum lagi bahaya dari Tampilan Game Game Online itu yang rata rata menampilkan gambar para pendekar wanita dengan bentuk tubuh yang aduhai, dan pakaian yang "minimalis" nyaris setengah telanjang.  Ini sangat berbahaya bagi perkembangan moral anak anak kita. 

Belum saatnya, belum waktunya anak anak melihat seperti itu.  Ini termasuk dampak yang paling mengerikan jika anak anak kita, masa depan kita ini, sampai rusak karena sering mampir ke Warung Internet untuk bermain game online. 
Masih banyak kerugiannya dan keburukan yang didapat daripada manfaatnya jika anak anak kita sampai kecanduan ke Warung Internet untuk bermain game.  Mari kita jaga dan awasi anak anak kita dari bahaya Kecanduan main game online di Warung Internet (Asep Haryono)

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog