Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Membakar Sampah

simplyasep.com Pernahkah anda merasa kebauan akibat asap yang diakibatkan oleh pembakaran sampah di lingkungan sekitar rumah anda? Apa yang anda rasasakan? Tentunya sesak nafas disamping aroma yang tidak sedap atau aroma yang kurang sedap.

Ancaman penyakit sudah tentu mengintai, misalnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), dan gangguan penyakit kulit. Selain itu juga pemandangan di sekitar rumah anda menjadi kurang nyaman akibat lokasi pembakaran sampah yang bisa saja mengganggu keindahan di sekitar rumah anda. Bagaimana solusinya? Berikut di bawah ini adalah TIPS Membakar Sampah yang menurut hemat saya layak untuk dicoba di rumah anda

Pertama, Pisahkan sampah.

Seperti pada tong sampah yang sudah disediakan di tempat umum, sampah sampah dibagi ke dalam beberapa kelompok Salah satu jenis sampah yang susah sekali musnahnya adalah jenis sampah yang berbahan dasar Plastik yang tidak mudah terurai di dalam tanah, dan : Sampah organik, Sampah Plastik, dan Sampah organik produk dari rumah tangga. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisalhkan sampah sampah tersebut, yang mana sampah plastik, yang mana sampah organik serta sampah lainnya

Perhatikan ekstra tentu diberikan kepada sampah berbahan dasar Plastik. Sebab jika dibakar tanpa perencanaan yang baik dikhawatirkan asap racun yang dihasilkan karena bahan plastik jika dibakar bisa mengancam paru paru manusia yang menghirupnya selain aroma kimia yang menyengat juga sangat mengganggu.

Sampah kering maupun sampah yang basah atau setengah basa juga harus diperhatikan juga. Sebab jika membakar sampah yang lembah bahkan basah, maka bukan API yang dihasilkan akibat pembakaran, melainkan kepulan ASAP yang semakin menebal dan membuat sesak nafas manusia di sekitarnya


MEMBAKAR SAMPAH : Tidak semudah dibayangkan orang. Jika tidak tepat caranya selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Foto Asep Haryono
MEMBAKAR SAMPAH : Tidak semudah dibayangkan orang. Jika tidak tepat caranya selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Foto Asep Haryono


Kedua, Persiapkan Lokasi Untuk Membakar Sampah

Tahap kedua yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan tempat atau lokasi yang akan dijadikan lokasi untuk membakar sampah. Perhatikan dengan seksama pada bagian kedua ini karena akan bersinggungan dengan para tetangga di sekitar rumah kita.

Mengapa? Ada banyak faktornya. Misalnya faktor angin. Jika membakar sampah pada waktu yang kurang tepat misalnya di saat sedang ada angin yang bertiup kencang, sangat beresiko api akan cepat membesar dan merambat kemana mana, ancaman bahaya kebakaran mengintai.

Faktor lainnya adalah ancaman terhadap instalasi listrik. Coba amati disekitar lokasi yang akan anda jadikan sebagai tempat eksekusi pembakaran sampah. Adakah kabel listrik atau kabel telepon yang menjuntai di atasnya? Ini agar menjadi perhatian yang serius. Jika api yang dihasilkan dari pembakaran itu membesar dan membumbung tinggi, kabel kabel listrik PLN yang berada tepat di atasnya beresiko.

Ketiga , Cara Membakar


Jika sampah yang dibakar banyak yang berbahan dasar mudah terbakar, tentu tidak akan mengalami kesulitan saat akan membakarnya. Misalnya saja tumpukan sampah kertas (koran, kertas kado, dan lain sejenisnya) , maka cukup dengan sebatang korek api kayu atau pemantik dari Gas saja , maka sampah akan mulai terbakar sampai habis. Namun bagaimana jika sampah yang akan anda bakar itu berbahan dasar yang tidak mudah dibakar secara cepat seperti kayu.

Maka mungkin anda memerlukan beberapa takaran kecil minyak tanah, agar api mudah dibuat dan bahan sampah yang menggunung itu bisa terbakaqr semuanya.  Sebelum batang korek api kayu dinyalakan, atau korek api gas dijentikkan, sirami gunungan sampah itu dengan cairan minyak tanah secukupnya, kemudian sulutlah dengan api agar segera menyala dan membesar dengan cepat.

Bijak Dalam Membakar Sampah
Masih banyak tips lainnya yang pada intinya, anda harus pandai pandai dalam mengeloka pembakaran sampah.  Harus jeli melihat situasi, dan jangan main bakar sampah sesuka hati tanpa pertimbangan. 

Ini berlaku jika anda membakar sampah berdekatan atau bahkan tepat berada di sebuah pemukiman pada penduduk.   Asap yang ditimbulkan akibat pembakaran sampah bisa mengganggu pemandangan, mengurangi kejernihan udara, mengundang sesaK nafas dan bahkan bisa mengganggu jarak pandang kendaraan.  Semua gara gara anda membakar sampah


Siapkan Ember Air, jika diperlukan. Mengapa? Sudah banyak pengalaman sampah yang dibakar membesar secara tiba tiba tanpa terkendali. oleh karena itu sediakan selalu AIR disekitar anda membakar sampah. Sediakan ember ember yang berisi air sebagai upaya preventif, berjaga jaga jika api membesar tanpa kendali secara tiba tiba.  Jika itu terjadi, api mendadak menjadi bola api raksasa, maka mau tidak mau anda harus padamkan api itu dengan menyiramkan air yang sudah anda siapkan. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog