Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Bertahan Hidup Saat Sedang Lapar Dan Tidak Punya Uang

www.simplyasep.com Misalnya saja saat ini anda sedang tidak punya uang sama sekali. Tabungan di Bank pun tidak ada isinya. Rekening banyak namun hanya rekening saja, isinya saldo minimum dan itupun sudah terkena biaya administrasi bulanan Bank. Gas, Beras, Air Minum Gallon di rumah kosong dan anda sedang tidak punya uang sepeserpun dan  Anda lapar, dan anda harus makan saat itu juga. Apa yang anda lakukan untuk bisa bertahan hidup dengan kondisi genting seperti itu?

Dari semua kondisi yang saya sebutkan di awal paragrap tulisan ini, hanya perut lapar lah yang paling mendesak HARUS anda atasi saat itu juga. Apa pun caranya yang penting selama anda tifdak mencuri , anda tidak berhutang dan tidak meminta minta, sah sah saja. Gas kosong, Beras tidak punya, Air Galon kosong, dompet kosong, Uang tidak ada dan anda lapar. Nah lapar ini yang harus anda atasi terlebih dahulu baru kemudian urusan yang lain.

Ini memang agak nyeleneh TIPS yang saya bawakan pada kesempatan kali ini. Namun based on true story atau tips yang saya bawakan kali ini memang berdasarkan pada kisah yang nyata yang siapa tau bisa berguna bagi anda terapkan.

Hal pertama yang harus diingat pada saat kondisi genting seperti itu anda harus tetap stay cool, anda harus tetap tenang, sambil otak berpikir keras bagaimana mengatasi dan memecahkan masalah genting yang anda hadapi seperti itu.  Jika anda sudah merasa cooling down, anda bisa berpikir dengan cemerlang dan menemukan ide ide brilliant untuk mengatasi masalah genting seperti tersebut di atas.  Intinya jangan menyerah dengan keadaan


Jika sudah tenang, Nah barulah langkah berikut di bawah ini


Pertama, Jual Barang Yang Anda Punya
Di saat anda kere seperti ini, anda tidak punya apa apa lagi, dan anda lapar dan anda perlu makan saat itu juga, maka Tips pertama adsalah jika anda punya barang berharga atau aset yang bisa dijual, ya jual saja.  Handphone, Kipas Angin, Kulkas, Radio, Rice Cooker, apa saja


Mau dijual di toko online boleh, mau dijual lewat Group WA juga boleh, nawarin ke orang orang lewat jalur wA Pribadi bioleh.  Anda harus Percaya Diri dan berani. Intinya barang harus laku. Kalau laku , maka uangnya bisa anda belikan makanan atau untuk keperluan lain yang mendesak.  Asal jangan jual ke tukang loak aja ya, Soalnya harga Loakan sama dengan harga kiloan. Anda memang kepepet perlu uang buat beli makanan, tapi gunakan akal harus jernih.

Rice cooker atau Kipas ANgin misalnya Itu masuk katagori barang mahal juga  Jangan dijual di tiukang loak karena harganya bisa 4 ribu perak karena dianggap barang rusak kiloan.  Kalau barang anda masih bagus, ya jual ke tempat yang layak dan berharga tinggi seperti jual di online shop, jual ke teman kerja, jual ke tetangga rumah anda, mana saja. 
 Anda kadang perlu Nekad juga.  Atau door to door ke rumah rumah juga boleh. JIka nda nekad begini, nda makan anda.  Gengsi anda kantongin dulu. Mau pilih mana?

Syarat dan Kondisi tertentu tentunya, misalnya barang yang anda jual itu milik anda sendiri, dan bukan milik bersama (istri atau pasangan).  Sebab jika barang yang dijual itiu milik bersama, maka harus ada persetujuan dari pasangan sah anda. Jika barang yang anda jual milik sendiri tidak akan banyak menimbulkan masalah dikemudian hari.


Voucher Belanja Hypermart.  Foto Asep Haryono
Voucher Belanja Hypermart.  Foto Asep Haryono


Kedua, Jual Barang berbentuk Voucher Makan atau Voucher Belanja. 

Nah ini ada seninya juga. Mau tau? Jika anda mendapat Hadiah berbentuk Voucher Belanja dan atau Voucher makan,  nah bagaimana caranya agar anda bisa membeli makanan dengan menjual kedua benda itu : Voucher Makan dan Voucher Belanja.

Ah Voucher Makan kan asyik tuh. Tinggal tukar saja di tempat penukaran voucher makan yang sudah ditentukan di voucher.  Bisa rumah makan, bisa restoran,  Anda tinggal makan sesuai dengan nilai Voucher makan-nya. Eirr tunggu dulu.  Kenyataan di lapangan tidak seperti itu.  Tidak seperti itu. 

Sebagai contoh Voucher hadiah Makan anda senilai 100 ribu.  Jika anda makan di tempat penukaran Voucher Makan sesuai dengan yang tercantum di voucher nilai harga yang anda makan sebesar 80 ribu rupiah, sedangkan nilai Voucher anda 100 ribu rupiah,  maka anda harus merogoh kocek sendiri untuk 30 ribu rupiahnya.  Kok bisa? Ya karena pihak restoran/Rumah Makan tidak akan mengeluarkan uang kembalian 20 ribu rupiah dari nilai voucher makan anda 100 ribu rupiah itu.  Nilai makan ada harus Pas 100 ribu rupiah baru anda FREE alias melenggang bebas gratis 

Baca juga 
Pengalaman Menukar Voucher Belanja Hypermart Di Pontianak    

Nah anda justrru mau makan gratis karena anda sedang tidak ada uang makanya mau gunakan Voucher Makan itu, kok malah disuruh keliuar uang? Ini SENI nya. 

Nah barang Voucher makan seperti inilah LAYAK anda Jual.  Harga boleh nego. Misalnya anda mau jual Voucher makan 100 ribu kepada sahabat anda, bolehlah anda turunkan sedikit misalnya jadi 50 ribu.  Gak papa . Yang penting barang lalu, dan anda dapat UANG.   Uangnya bisa anda belikan makanan.  Itu baru top


Ketiga, Hadiri Undangan Pernikahan
Nah TIPS Bertahan Hidup Saat Sedang Lapar Dan Tidak Punya Uang yang kedua adalah jika and anda menera undangan pernikahan, selain karena anda wajib datangf karena anda sudah diundang, acara kondangan seperti ini sudah bisa dipastikan ADA MAKANAN.  Anda bisa makan gratis


Luruskan niatnya dahulu yakni anda menghadiri undangan pernikahan, sebagai sahabat yang baik anda wajib datang karena anda sudah diundang oleh yang punya hajad.  Barulah niat yang kedua, anda bisa makan dengan Gratis dengan banyak pilihan menu di acara kondangan seperti itu. 

Di acara kondangan nikahan biasanya tersaji aneka pilihan menu yang bisa anda pilih: Nasi lengkap, Pempek Palembang, Bakso, Siomay dan lain sebagainya. Pilih yang anda suka, dan makanlah dengan tenang.  Anda memang sedang kelaparan, tapi cobalah untuk tampil elegant, cool dan berwibawa.  Nikmati makan anda. Enjoy

Oh ya ada yang lupa. Tradisi kondangan kan anda membawa Amplop berisi sejumlah uang.  Ampau gitu lah,   Kalau anda memang tidak punya uang sepeser pun, ya apa boleh buat. Datanglah di acara kondangan itu karena anda sudah diundang. Jadi anda sah datang.  Di acara tertentu kadang Surat Undangan wajib dibawa.  Dengan datang saja di acara kondangan dengan busana yang rapih, pake batik misalnya dan sepatu mengkilap, wangi itu sudah lebih dari cukup. Masih ada TIPS Bertahan Hidup Saat Anda Lapar lainnya ditulisan mendatang, In syaa Allah (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog