Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Kue Klepon Nan Nikmat

www.simplyasep.com  Ada yang suka dengan makanan klasik Indonesia yang bernama KLEPON ini? Saya sendiri tidak tau dari daerah mana asa mula Jajanan Pasar yang namanya KLEPON yang cukup banyak peminatnya ini.

Klepon banyak ditemui di berbagai sudut kota di seluruh Indonesia. Klepon sajian makanan yang ringan, namun bagi pecinta makanan manis tentu sangat menggoda. Klepon banyak disukai oleh Milenial juga loh. Bukan hanya untuk orang tua saja, Klepon juga banyak disukai oleh anak Gaul.

Ada banyak sebutan untuk jajanan khas yang bernama Klepon ini mulai dari Klepon Muncrat hingga Kue klepon. Nama sebutan untuk kue yang bertekstur lembut dibalut oleh kelapa muda dengan isi gula merah cair di dalamnya memang beragam di tiap kota. Namun pada umumnya para fans setia jajanan Klepon tidak dapat menyembunyikan kenikmatan mereka saat menyantap Klepon baik sebagai teman bersantai di sore atau pagi hari atau sebagai sajian untuk para tamu di rumah.

Murah Meriah dan Nikmat


Untuk mendapatkan jajanan pasar Klepon ini juga relatif mudah. Klepon banyak dijajakan di pasar pasar tradisional di seluruh Indonesia.  Klepon juga banyak dijumpai di berbagai sudut di kota Pontianak, tempat kediaman saya sekarang ini.  Beberapa sudut pasar tradisional di Pontianak banyak dijumpai kedai kedai yang menjual klepon. Bahkan Klepon juga dijajakan di pinggir jalan, hingga dijual dalam gerobak gerobak keliling. 

Bagaimana dengan harganya? Well, kue Klepon harganya relatif sangat murah. Ada banyak model Klepon yang djiual di pasaran , mulai dari Klepon dalam ukuran kecilb hingga Klepon dalam ukuran yang besar, namun tidak sampai berbentuk Klepon raksasa sebesar bola sepak misalnya. 

Kalau bakso memang sering saya dengar ada yang berukuran Jumbo aias Bakso Raksasa. Namun saya jarang mendengar ada Klepon berukuran Jumbo.  Klepon terbesar yang saya liat seukuran bola Bekel atau seukuran genggaman tangan. Harga sebuah Klepon ukuran standar atau normal sekitar Rp.1000,- (Seribu Rupiah).   Kue Klepon kadang dijua terpisah dengan kue kue lainnya, namun yang lebih sering "duet" dengan kue Putu yang disodok sodok itu.

KLEPON : Inilah bongkahan Klepon yang menggoda siapa saja yang menyukainya. Klepon enak dan nikmat bagi mereka yang suka. Foto Asep Haryono
KLEPON : Inilah bongkahan Klepon yang menggoda siapa saja yang menyukainya. Klepon enak dan nikmat bagi mereka yang suka. Foto Asep Haryono

Klepon Muncrat

Salah satu sebutan unik dari jajanan khas Indonesia yang satu ini yakni "Klepon Muncrat" adalah ketika sebuah Klepon ukuran sedang atau besar digigit oleh para penikmatnya. Sensasi cairan gula yang seolah seolah keluar atau muncrat saat digigit telah menjadikan Klepon ini mendapat julukan sebagai klepon Muncrat.  Sensasi gula manis cair yang keluar setelah klepon digigit itulah yang menjadi latar belakang sebutan "Klepon Muncrat" padanya. Menarik sekali bukan.

Bisa dikatakan Jajanan pasar Klepon ini adalah sajian yang sederhana, namun nikmat tiada tara bagi para penggemarnya. Balutan Kelapa Parut yang menutupi tekstur Klepon yang kenyal dengan sensasi muncratnya air gula di dalamnya saat klepon digigit adalah kenikmatan yang luar biasa bagi para pecinta kue ini.  Bagi pemerhati Jajanan Klepon tentu akan mudah menilai Klepon mana yang teksturnya lembut dan klepon mana yang mudah pecah, lembek dan bentuk yang tidak sempurna bulatannya.

Banyak koki yang sudah berpengalaman dalam membuat Klepon memiliki kiat tersendiri bagaimana agar Klepon yang dibuat benar benar memenuhi selera para penikmatnya yakni klepon yang lembut, kenyal dengan tingkat kematangan gula cair di dalamnya. 

Salah satu tipsnya adalah dalam membuat Klepon untuk tidak terlalu lama saat merebus di air mendidih.  Jika direbus terlalu lama dalam air mendidih, dikuatirkan akan membuat teksturnya menjadi lembut dan menjadi tidak enak disantap. Nah sudahkah anda menyantap Klepon hari ini? 
(Dari Berbagai Sumber)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog