Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

George H.W. Bush Meningga Dunia Di Usia 94 Tahun

www.simplyasep.com  Mantan Presiden AS George H.W. Bush telah meninggal pada usia 94 di Houston, menurut juru bicaranya.

Terlahir dalam hak istimewa dan tradisi pelayanan, Bush adalah putra seorang senator, perwira tempur Perang Dunia II yang terkenal, atlet pelajar, buruh minyak Texas, anggota kongres Republik, ketua partai nasional, diplomat perintis dan kepala mata-mata.

Setelah kampanye presiden 1980-nya berakhir, ia menjabat dua periode sebagai wakil presiden Ronald Reagan sebelum mencapai puncak kekuasaan politik dengan memenangkan pemilihan presiden 1988, mengalahkan Demokrat Michael Dukakis.

 Setelah kehilangan Gedung Putih pada tahun 1992, Bush menjadi seorang penatua politik yang sangat dikagumi yang melompat keluar dari pesawat untuk menandai tonggak ulang tahun. Menekankan kedermawanan jiwanya, ia menjalin persahabatan yang dekat - dan tidak mungkin - dengan Demokrat Bill Clinton, orang yang mengakhiri kepresidenannya. Ketika penyakit Parkinson sebagian besar membungkamnya di depan umum, Bush melontarkan rasa humornya dengan mengenakan kaus kaki bergaris warna-warni.

Kematian Bush muncul setelah istrinya 73 tahun, Barbara Bush, meninggal dunia pada 17 April di usia 92. Sebelum pemakamannya, Bush digambarkan dalam kursi roda menatap peti yang tertutup bunga istrinya, di saat yang membungkus hidup mereka hubungan cinta.

Wakil presiden pertama yang duduk untuk dipilih menjadi presiden sejak 1836, Bush juga hanya orang kedua dalam sejarah AS yang melihat putranya sendiri mengikuti jejak langkah presiden ketika George W. Bush terpilih pada tahun 2000.
BUSH - Photo courtesy CNN
BUSH - Photo courtesy CNN


Selain presiden ke-43, Bush selamat oleh putranya Jeb, mantan gubernur Florida dan kandidat presiden 2016; putra Neil dan Marvin; putri Dorothy; dan 17 cucu. Putrinya, Robin, meninggal karena leukemia ketika masih kecil, tragedi yang masih membuat Bush sangat telat dalam hidupnya. Dia akan dimakamkan di sampingnya dan mantan ibu negara di perpustakaan kepresidenannya di College Station, Texas.

Pengaturan pemakaman akan diumumkan di lain waktu, menurut pernyataan yang dirilis oleh juru bicara Bush, Jim McGrath

Ketika Bush meninggalkan jabatannya pada tahun 1993, ia bergabung dengan klub yang meragukan presiden yang ditolak oleh pemilih setelah hanya satu masa jabatan. Karier yang diisi dengan pekerjaan-pekerjaan top yang mempersiapkan dirinya untuk kepresidenan dipotong pendek pada masa jayanya.

 Dia kalah dari Clinton setelah gagal melepaskan citranya sebagai sebuah starch. Yankee tidak peduli dengan perjuangan orang-orang Amerika di masa lalu selama kemerosotan ekonomi.

Namun seiring berjalannya waktu, ketajaman kebijakan luar negerinya telah menentukan kepresidenannya, meninggalkan warisan pengelolaan urusan dunia yang bijaksana dan pasti.

Perang Teluk Persia pertama

Bush, bersama penasehat keamanan nasional Brent Scowcroft dan Menteri Luar Negeri James Baker, merancang pendaratan lunak untuk Perang Dingin ketika kekaisaran Soviet hancur dan Jerman bersatu dan kemudian makmur - terlepas dari ketidakpercayaan yang meluas pada saat sejarah dan motifnya.

Dalam tes kebijakan luar negeri yang berbahaya lainnya, Bush memutuskan pada tahun 1990 untuk membangun koalisi internasional yang beragam, termasuk lebih dari 400.000 pasukan AS, untuk mengusir pasukan Irak dari Kuwait.

 "Ini tidak akan bertahan. Ini tidak akan bertahan, agresi ini terhadap Kuwait," Bush bersumpah sebelum mulai mengerjakan misi yang berhasil yang menyatukan sekutu AS di Eropa dan Timur Tengah dalam perang kilat.

Kemudian, dengan pasukan Irak diarahkan, Bush memutuskan untuk tidak mendesak ke Baghdad untuk menggulingkan Saddam Hussein. Naluri itu kemudian terlihat sangat jelas, mengingat darah dan sumber daya yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dalam perang putranya sendiri melawan Iraq.

Perang Teluk 1990-an adalah pertama kalinya dunia mempelajari lompatan besar dalam persenjataan presisi yang digunakan oleh pasukan AS dan mengantarkan pada era hegemoni Amerika yang tak tertandingi setelah kepercayaan yang membeku dari era perang pasca-Vietnam.

Sebelumnya, Bush juga telah memerintahkan pasukan AS untuk menyerang Panama setelah Angkatan Laut yang tidak bertugas dibunuh oleh pasukan yang setia kepada diktator Manuel Noriega. Pasukan itu dengan cepat mengalahkan orang-orang Noriega dan dia digulingkan hanya dalam waktu empat hari dan kemudian dijatuhi hukuman 40 tahun penjara federal AS atas tuduhan narkoba.

Bush juga harus berjalan sesuai dengan China, memberlakukan sanksi setelah tindakan keras pemerintah 1989 di Lapangan Tiananmen di Beijing, tetapi juga berusaha mencegah perpecahan permanen dalam hubungan. Juga di jam tangannya, Washington mendukung diplomasi awal antara Israel dan Palestina, yang mengarah pada perjanjian Oslo dalam kepresidenan Clinton.Persepsi karena tidak bersentuhan di rumah.
 (Sumber Stephen Collinson - CNN)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog