Astra Honda Motor
Banner of Asep Haryono Personal Blog - Indonesia

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Aman Berkendaraan Motor Dari Astra Honda Motor

www.simplyasep.com  Operasi Zebra Kapuas 2018 yang berlangsung di jajaran Polda Kalbar akan berakhir pada tanggal 12 Nopember 2018.  Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya salah satu tujuan utama dari digelarnya Operasi Zebra Kapuas 2018 itu adalah terciptanya keamanan berkendaraan dan pengendara serta meminimaiisir angka kecelakaan di jalan raya.

Nah pada kesempatan kali ini, PT ASTRA HONDA MOTOR akan memaparkan beberapa TIPS praktis agar kamu aman dalam berkendaraan dan mengendarai kendaraan terutama untuk pengendara kendaraan roda dua. Tips Aman Berkendaraan Motor di Jalan Raya ini bisa meniadi Panduan Keselamatan Berkendara bagi kita semua.


SAFETY RIDING : Tim Astra Motor Pontianak saat memberikan coach tentang Safety Riding kepada Blogger dan Jurnalis di Kubu Raya Kaliimantan Barat beberapa waktu yang lalu. Foto Asep Haryono
SAFETY RIDING : Tim Astra Motor Pontianak saat memberikan coach tentang Safety Riding kepada Blogger dan Jurnalis di Kubu Raya Kaliimantan Barat beberapa waktu yang lalu. Foto Asep Haryono

Sebelum Berkendara

Pertama, Pemanasan Tubuh.  Hal yang lazim saja jika kamu ingin melakukan sesuatu aktifitas outdoor atau aktifitas seperti olah raga diperlukan pemanasan tubuh dengan cara menggerak gerakkan kepala dan tangan serta kaki agar semakin lentur dan tidak kaku.  Berenang misanya.  AKtifitas renang akan semakin nyaman jika kamu melakukan pemanasan dan gerak tubuh terlebih dahulu, begitu pula dengan berkendaraan.  

Setelah tubuh kamu berasa lebih "rileks" dan "nyaman" nah langkah berikutnya mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk kendaraan yang akan kamu gunakan seperti

  • Helm. Gunakan selalu Helm yang sudah memenuhi standar SNI. Helm yang baik adalah hal yang utama, yakni melindungi batok kepala kamu. Banyak kecelakaan fatal akibat benturan terjadi di daerah Kepala. Jadi lindungi kepala kamu dengan menggunakan Helm yang sudah SNI.  Catatan: Jangan lupa ikat pengaitnya ya agar helm tidak mudah terlepas saat berkendaraan.
  • Pakaian. Pada dasarnya pakaian apa saja boleh saja kamu pakai untuk berkendaraan asal nyaman, dan pantas serta sopan.  Pakaian dengan bahan tebal (tidak harus jakat-red) sangat direkomendasikan agar bisa melindungi tangan dan tubuh kamu.
  • Sarung Tangan. Pergelangan tangan atau tepatnya kedua telapak tangan sering berkeringat di saat berkendaraan.  Sangat direkomendasikan untuk mengenakan sarung tangan di kedua tangan kamu, baik di ikiri dan di kanan. Hindari memakai sarung tangan hanya disebelah satu saja.  Kan lucu kaau dilihat orang. Masak pake sarung tangan cuma sebelah sih
  • Sepatu.  Untuk keamanan dan kenyamanan kamu saat berkendaraan, pakailah sepatu yang nyaman dipakai.  Sepatu sangat membantu untuk melindungi kaki kamu (juga melindungi mata kaki juga loh-red) dari benturan atau luka akibat terjatuh.  Semoga jangan jatuh ya

Kedua, Pengecekan Sepeda Motor
Setellah semua kesiapan kamu sudah oke, kini langkah keduanya adalah melakukan pemeriksaan dan atau pengecekkan Sepeda Motor Honda kamu ya. Nah beberapa hal penting yang senantiasa harus kamu perhatikan adalah melakukan pengecekan pada :

  • Bahan Bakar.
  • Rantai
  • Oli
  • Ban
  • Tuas Kopling
  • Kaca Spion
  • Rem
  • Kelistrikan



Ketiga, Posisi BerkendaraAda fenomena unik yang sering saya liat adalah prilaku pengendara kendaraan roda dua yang melakukan aktifitas di luar mengendarai kendaraan seperti menggunakan Handphone, Merokok, memakai Jaket terbalik dan memegang stang dengan posisi genggaman tangan dibalik, bukan punggung tangan yang terlihat melainkan bagian urat nadi yang terlihat.

Hal ini saya sampaikan terlebih dahulu sebelum membahas bagian ketiga dari kesiapan kamu berkendaraan atau melaju dengan menggunakan sepeda motor. Beberapa aktifitas yang saya sebut di atas berpotensi melanggar hukum selain membahayakan keselamatan diri kamu sendiri dan juga keselamatan orang lain.  

Mengendarai kendaraan roda dua sambil menggunakan Handphone (menerima panggilan atau mengirim SMS-red) adalah salah satu sasaran Operasi Zebra Kapuas 2018.  

Jangan berkendaraan dengan menggunakan Handphone.  Begitu pula dengan merokok sambil berkendaraan karena asap atau debu rokok bisa menganggu kenyamanan dan keselamatan pengendara di belakang kamu,. Saya sudah beberapa kali hampir menjotos pengendara yang seenaknya merokok sambil naik motor dan debu rokoknya mengenai mata saya yang berada di belakangnnya.  Juga jangan berkendaraan dengan mengangkut boncengan lebih dari 2 orang

Nah untuk bagian ketiga ini, Posisi Berkendaraan kamu haruslah benar dan nyaman misalnya mata, pundak, sikut, tangan, Pinggul, lutut dan kaki.  Untuk kaki agar diletakkan pada sandaran kaki yang ada di Sepeda Motor HONDA kamu ya, Tempatnya di situ selalu.  Hindari kaki kamu berada di pedal rem depan setiap saat.  Posisi kaki yang setengah menginjak pedal rem  pada pedal rem belakang saat kendaraan sedang melaju berpotensi merusak kanvas rem.
 (Sumber Buku Panduan Berkendaraan Astra Honda Motor)




No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog