Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Undercover Boss

www.simplyasep.com Bagi kamu yang hobi menonton video berbagi Youtube mungkin sudah sering menyaksikan reality show yang diberi nama UNDERCOVER BOSS.   Nah dari sisi bahasanya saja sudah dapat ditebak yakni berarti BOS yang melakukan "misi" mendapatkan masukan , dan ide yang jujur dari para pegawainya dengan cara meninggalkan kenyamanannya sebagai CEO, atau direktur di perusahaannya dan tan menyamar sebagai karyawan baru.

Saya sudah beberapa kali menyaksikan beberapa episod program UNDERCOVER BOSS ini melalui Youtube.   Ada banyak manfaat yang dapat rasakan selama beberapa hari menyaksikan tayangan UNDERCOVER BOSS ini. Salah satunya adalah bagaimana rasanya bisa menjadi Karyawan biasa hingga sensasi menjadi seorang BOS selain saya bisa mempelajari percakapan Bahsasa Inggrisnya (English Conversation) nya.


Program Reality Show Undercover Boss ini cukup terkenal di saluran Youtube. Tayangan yang mendidik dan penuh inspirasi. Gambar dari Internet
Program Reality Show Undercover Boss ini cukup terkenal di saluran Youtube. Tayangan yang mendidik dan penuh inspirasi. Gambar dari Internet


Program UNDERCOVER BOSS ini rata rata mengambil setting di beberapa perusahaan raksasa di Amerika Serikat, Canada, dan beberapa engara Eropa lainnya. Saya jarang menonton program UNDERCOVER BOSS yang berasal dari negara Amerika Latin, atau negara negara yang bukan berbahasa Inggris (English Speaking Countries).

Nah bagi kamu yang mungkin belum pernah tau apa itu program Reality SHow UNDERCOVER BOSS secara sederhana sekali lagi saya dapat gambarkan di sini adalah  salah satu program yang menceritakan pengalaman para CEO, Direktur Perusahaan atau Pemimpin perusahaan yang "menyamar" sebagai pegawai (karyawan) baru di perusahaan yang dipimpinnya. Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan, koreksi, dan ide yang jujur dari anak buahnya sendiri.

Sangat Inspiratif Dan Mendidik
saat saya menonton beberapa seri TV dari Program UNDERCOVER BOSS ini sangat memberikan inspirasi dan sekaligus sebagai salah satu tayangan edukatif tentang bagaimana mengelola management perusahaan beserta mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) nya.    Sebagai contoh adalah tayangan episode UNDERCOVER BOSS di Salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Fashion.

CEO dari perusahaan itu menyamar sebagai karyawan atau pegawai baru yang memerlukan training atau magang di perusahaannya sendiri. Penyamaran ini sangat dirahasiakan sekaligus diipertontonkan kepada umum. Maksudnya di sini adalah program penyamaran CEO sebagai pegawai baru memang dirahasiakan agar tidak diketahui para pegawainya kalau karyawan baru itu sebenarnya adalah CEO atau Direktur Perusahaan yang bersangkutan.


Sedangkan yang dimaksud dengan dipertontonkan di sini adalah program training atau magang sang "pegawai baru" itu di videokan oleh orang yang ditugasi untuk berpura pura sebagai crew Televisi yang sedang meliput aktifitas training pegawai dan karyawan baru.   Nah dari sinilah pertunjukkan di mulai. Mulai dari aktifitas absen, pelatihan di lapangan hingga interaksi antara sang "pegawai baru" dengan mentor atau trainnernya.

Sang "Pegawai Baru" yang sebenarnya adalah CEO itu bisa mendapat masukan yang jujur dari para anak buahnya.   Dia bisa mengetahui bagaimana etiket, etos kerja, dan kedisiplinan para pegawainya dengan menjadikan dirinya sebagai "sasaran bully" bagi para mentor atau trainnernya.

Program Magang sang "Pegawai Baru" biasanya berlangsung antara satu sampai dua minggu.  Hingga pada akhirnya sang "Pegawai Baru" itu "menghilang" dan tampil dengan profil yang sesungguhnya. sebagai CEO atau Direktur Perusahaan.  DIa panggil para mentor, trainer atau karyawan senior yang sudah membimbing dan melatih nya saat dia menyamar sebagai "pegawai Baru" itu.   Lalu apa yang terjadi selanjutnya?

Kaget tentunya.  Para pegawai senior atau mentor yang menjadi coach atau pelatih banyak yang tercengang dibuatnya seteah berhadapan dengan CEO atau Direkrtur yang sesungguhnya. Mereka tidak tau kalau sang "Pegawai Baru" yang mereka ajari, latih dan bimbing dalam magang ternyata adaah seorang CEO atau Direktur Perusahaan.   Ada yang kaget, malu bahkan tertawa

Yang sudah melatih sang "pegawai baru" dengan telaten, sabar dan mendidik mendapat ganjaran reward yang luar biasa dari CEO atau Direktur Perusahaan mulai dari BONUS ratusan juta rupiah, Rumah, Mobil hingga naik jabatan hingga General Manager serta bonus uanng tunai dan deposit untuk lburan (vacation), dan biaya pendidikan atau beasiswa bagi anak anak mereka. 

Nah yang kurang ajar dengan sang "pegawai Baru" langsung mendapat punishment atau hukuman mulai dari PHK hingga turun jabatan.  Menarik sekali. Pertanyaan yang mengemuka dari saya adalah dapatkan program Reality Show Undercover Boss ini bisa dipraktekkan oleh CEO, Direktur dan Pimpinan Perusahaan di Indonesia? Itu sebuah pertanyaan yang saya mau para pembaca semuanya dapat bertukar pikiran dengan saya. Bagaimana pendapat kalian? Dapatkah program Undercover Bos ini diterapkan 
CEO, Direktur dan Pimpinan Perusahaan di Indonesia? Apa alasan kamu? (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog