Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Makan Sayuran Itu Menyehatkan

www.simplyasep.com  Sebagai salah satu wujud kasih sayang orang tua kepada anak anaknya, marilah sejak dini anak anak kita diajarkan betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran yang sehat setiap hari. Sayur Sayuran yang sehat sangat bermanfaat bagi tubuh mereka , anak anak kita, dan juga untuk kesehatan orang dewasa, kesehatan kita semua karena mengkonsumsi sayur sayuran itu banyak sekaki manfaatnya bagi kesehatan

Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang harus ada setiap hari. Mengapa? Karena aneka buah dan sayuran segar mengandung sumber serat, berbagai vitamin, antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mungkin agak berat untuk mendekatkan anak anak kita agar suka dengan makan sayur sayuran, ini merupakan tantangan. Bagaimana tidak?

Sekarang anak anak kita, anak anak sekolah pada umumnya sangat suka dengan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) yang tidak sehat seperti gorengan dan makanan makanan yang banyak mengandung vetsin atau micin. Mereka memang sangat suka makanan yang spicy, gurih dan berasa, karena enak dan lezat dilidah, namun belum tentu baik dari segi kesehatan.  Oleh karena itu menyiapkan anak anak sekolah dengan bekal dari rumah sangat direkomendasikan. Memasak sendiri juga sangat dianjurkan



SEHAT : AYo mulai sekarang gemar makan sayur sayuran karena baik manfaatnya untuk kesehatan kita semua. Foto Asep Haryono
SEHAT : AYo mulai sekarang gemar makan sayur sayuran karena baik manfaatnya untuk kesehatan kita semua. Foto Asep Haryono

Manfaat Mengkonsumsi Sayur Sayuran Bagi kesehatan
Walaupun usaha dan sosialisasi untuk mendekatkan gemar makan sayur sayuran kepada anak anak masih terus dilakukan, upaya itu juga kadang menghadapi banyak kendala dan tantangan.  Mungkin para orang tua dapat lebih kreatif lagi dalam "menyandingkan" antara gorengan yang lezat di lidaj dengan sayur sayuran secara bersamaan.

Mungkin akan menjadi tantangan, dan tantangan itu semakin berat karena adanya godaan makanan  makanan siap saji (fast food) yang berjejer di mana mana, menggoda anak anak kita untuk mencobanya.   Sesekali mungkin baik bagi mereka menikmati sajian fast food yang lezat dan gurih itu namun tetap dalam kendali para orang tua untuk mengawasinya.

Anak-anak, yang tidak menyukai sayur dan buah, atau masih kurang mengonsumsi sayur dan buah.  Padahal menurut The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia, setiap hari setidaknya kita mengonsumsi 5 jenis sayuran dan 2 jenis buah-buahan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berikut berapa alasan pentingnya mengonsumsi sayur dan buah secara rutin:

  1. Melawan Penyakit. Fitokimia, atau senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, yang terkandung dalam sayuran dan buah, sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan warna, seperti: - Hijau, berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh, - Kuning dan oranye mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid,- - Merah, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata,- Biru dan Ungu mengandung berbagai antioksidan yang melawan penuaan dini dan - Putih dan coklat mengandung fitokimia untuk kebugaran tubuh.
  2. Melindungi kesehatan.Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi.
  3. Sumber Energi. Buah dan sayuran merupakan sumber energi alami yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sangat sibuk dan memerlukan makanan bergizi.
  4. Mencegah Obesitas. Kalori yang rendah dan serat yang tinggi dalam buah a dan sayur dapat membantu mengendalikan berat badan dan mencegah kegemukan (obesitas).
  5. Memperlancar Pencernaan. Tingginya serat alami dalam sayur dan buah menyebabkan proses metabolisme berjalan lancar. Sehingga proses pembuangan kotoran tubuh menjadi mudah. Kandungan serat dalam buah juga menghambat proses penyerapan gula dan lemak yang buruk dalam saluran cerna.


Manfaat sayur sayuran begitu besar buat kesehatan bagi kita semua. Oleh karena itu jelas sudah manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh. (Dari berbagai sumber)

1 comment:

  1. holaa mas asep,,, apa kabar? masi inget aku gaa? wkwk

    betuul sekali, emang sayuran is the best. i love sayuran a lot!

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog