Astra Honda Motor
Banner of Asep Haryono Personal Blog - Indonesia


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Kenali Modus Menghindari Operasi Zebra Kapuas 2018

www.simplyasep.com  Operasi Zebra Kapuas 2018 berlangsung hingga tanggal 12 Nopember 2018 oleh jajaran Polda Kalimantan Barat.  Salah satu tujuan utama diselenggarakannya Operasi Zebra Kapuas 2018 ini adalah untuk meminimalisir angka kecelakaan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendaraan.

Masyarakat diminta untuk kooperatif dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaraan pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2018 ini antara lain dengan mempersiapkan segala kelengkapan berkendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) , STNK (Surat Tanda Kemilikan Kendaraan) serta kelengkapan kendaraan itu sendiri seperti Helm Standar dan lain sebagainya.


PELANGGARAN : Beberapa pengendara kendaraan roda dua tampak antre untuk didata jenis pelanggarannya saat Operasi Zebra Kapuas 2017 yang lalu. Penulis menyaksikan sendiri saat operasi berlangsung. Foto Asep Haryono
PELANGGARAN : Beberapa pengendara kendaraan roda dua tampak antre untuk didata jenis pelanggarannya saat Operasi Zebra Kapuas 2017 yang lalu. Penulis menyaksikan sendiri saat operasi berlangsung. Foto Asep Haryono


Walaupun demikian ternyata masih ada oknum masyarakat yang malas mengurus kelengkapan Surat Surat Kendaraannya dan mempunya maksud tidak baik untuk menghindari Operasi Zebra Kapuas 2018 ini dengan melakukan beberapa prilaku yang dianggap "MODUS" untuk bisa bebas atau terhindar dari tertangkap dalam Operasi Zebra Kapuas 2018 ini.  Berikut ini adalah beberapa contoh sederhananya : 



  • Pura Pura Ke Bengkel Motor.
    Begitu tau ada razia kendaraan bermotor atau Operasi Zebra 2017 di depan mata, para pengendara yang tidak lengkap surat berkendaraan bermotor seperti SIM dan STNK atau Pajak Kendarannya mati melakukan modus pura pura Ke Bengkel Motor.

    Biasanya para pemilik Bengkel Motor sudah paham kalau pengunjung yang datang ke bengkelnya hanya modus mau mengindari Razia. Para pengendara jangan senang dulu bebas razia ya. Karena biasanya seorang petugas sudah stand by di bengkel itu. Ya , ada seorang Polisi yang sudah nongkromg di Bengkel Motor itu. Siap siap saja anda kena Razia di Bengkel Motor

  • Pura Pura Ke Warung Kopi.
    Ini masih mending karena di warung kopi ada aktifitas ekonomi alias terjadi jual beli, dan ini berdampak omzet mendadak bagi para pemilik warung bak kejatuhan durian runtuh.

    Berbondong bondong para pemotor ke warung untuk ngopi padahal cuma modus untuk menghindari razia yang ada di ujung sana. Ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul tidak jelas menghabiskan sang waktu sambil nungguin Razia kelar. Kalau razianya lama, kan bisa nambah laigi kopi dan gorengannya. Aaah berkah bagi pemilik warung. Laris manis boookkk

  • Mau Ke Rumah Sakit.
    Khusus yang satu ini saya agak kurang yakin. Karena bisa jadi memang benar benar urgent ke rumah sakit dan tidak sempat membawa SIM dan atau STNK sehingga kena razia .

    Begitu diminta menunjukkan SIM dan STNK nya, pengendaranya berkilah terburu buru karena harus ke rumah sakit karena membawa obat atau sejenisnya. Pada awalnya modus ini jitu karena orang pasti luluh jika ada keperluan ke rumah sakit untuk urusan yang bisa saja berakibat hidup dan mati. Namun seiring sejalan alasan ini sering dipake orang hanya untuk menghindari razia

Melawan Arus (Kontra Flow)
Sudah sering terjadi para pengendara kendaraan roda dua yang merasa tidak lengkap administrasi surat menyurat berkendaraannya seperti SIM dan atau STNK itu ketakutan bukan main.

Baik melihat hantu atau dikejar dedemit. Mereka lari kocar kacir, ke sawah segala, atau ke semak belukar sambil memacu kendaraannya tergesa gesa agar jauh dari kejaran petubas polisi yang sedang mengadakan Razia Kendaraan Bermotor atau Operasi Zebra 2017.

Yang lebih membahayakan lagi jika arah kocar kacirnya justru melawan arus atau dalam istilah kepolisian lalu lintas disebut Kontra Flow. Ini sangat berbahaya sekali karena mengancam keselamatan si pengendara itu sendiri dan atau membahayakan kendaraan yang adai jalur yang berlawanan dengannya.

Oleh karena itu Kepolisian Republik Indonesia sudah menginstruksikan kepada semua Kapolisian daerah di seluru Indonesi untuk melakukan kampanye anti melawan arus, stop melawan arus (kontra flow). Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan.
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog