Astra Honda Motor
Banner of Asep Haryono Personal Blog - Indonesia

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Menyelesaikan Tes Potensi Akademik (TPA) Dalam CPNS 2018

www.simplyasep.com  Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah resmi ditutup. Dari sekitar 3 juta lebih para pendaftar seleksi CPNS 2018 ini nantinya akan berebut sekitar 200 ribu jatah CPNS 2018 yang akan diterima. Kini para pendaftar sudah bersiap siap mengikuti ujian seleksi CPNS 2018 tentunya sudah melakukan persiapan baik fisik maupun mental serta kesiapan mereka untuk mengikuti tes CPNS 2018. Tes Poteksi Akademik (TPA) harus dilaluli oleh para peserta. 

Tes Potensi Akademik (TPA) dalam setiap seleks Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada intinya adalah sebuah tes yang sudah disusun dengan cermat oleh para pakar guna mengukur kecakapan akademis seseorang calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tes Potensi Akademik (TPA) juga sering digunakan oleh banyak perusahaan swasa dalam menjaring kualitas para karyawannya.


LUSTRASI : Soal soal yang dijawab hanya ada satu jawaban yang benar. Ini berlaku hampir di semua tes tertulis.  Gambar dari Internet
ILUSTRASI : Soal soal yang dijawab hanya ada satu jawaban yang benar. Ini berlaku hampir di semua tes tertulis.  Gambar dari Zenius


Nah berikut ini akan dipaparkan TIPS praktis yang sebenarnya tidak dirancang secara khusus untuk menyelesaikan soal soal yang diujikan dalam Tes Potensi Akademik (TPA) dalam seleksi CPNS 2018 saja, namun bisa digunakan untuk persiapan diri dalam mengikuti berbagai tes ujian tertulis di sekolah, Tes Kecakapan Bahasa Inggris (TOEFL, IELTS), Tes Masuk Perguruan Tinggi atau Tes Untuk Interview (wawancara) lamaran pekerjaan


  1. Jaga Kesehatan Diri Sendiri
    Apabila kondisi tubuh merasa letih sebaiknya beristirahatlah dengan cukup. Membiasakan diri untuk istirahat cukup jauh lebih baik daripada maju mengerjakan tes Potensi Akademik (TPA) dengan tubuh kurang istirahat dan beresiko akan kelelahan bahkan akan jatuh tertidur saat mengerjakan Tes Tes ini. 
    Kurangi kebiasaan "ngembun" anda.  Jika ada pertandingan sepakbola di televisi misalnya sering membuat orang lupa diri dan bergadang sampai pagi.  Jelas ini tidak sehat.  Anda harus menjaga kesehatan diri menjelang ujian CPNS 2108.  Istirahatlah dengan cukup
    Tubuh dan pikiran anda harus PRIMA dalam artian tidak ada sesuatu pun yang bisa membuat anda tergesa gesa dalam mengerjakan soal soal nanti. Pikiran yang tenang memberikan keyakinan diri bahwa anda akan mampu menyelesaikan Tes Tes apa pun termasuk tes Potensi Akademik (TPA) dalam  seleksi CPNS 2018 ini
  2. Kenali Varian Tes Yang Mungkin Akan Digunakan
    Dengan mengenal varian Tes yang mungkin akan keluar atau digunakan akan memberikan kesempatan berhasil lebih terbuka daripada mereka yang belum berpengalaman terhadap varian soal sama sekali.  Sebagai contoh sederhananya adalah Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPT) yang memberikan banyak varian soal.
    Begitu pula dengan Tes Seleksi Penerimaan Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) 2018 ini   Anda sangat dianjurkan untuk berlatih mengerjakan jenis dan model Tes Tes yang mungkin akan keluar dalam CPNS 2018 nanti ini.  Cobalah untuk jalan jalan  keluar, cari udara segara, sekaligus  mencari contoh contoh tes TPA di toko buku.
    Bahkan buku kumpulan tes tes TPA pun banyak dijajakan orang di pinggir jalan. Banyalah mengenal dan berlatihlah dalam berbagai jenis dan Varian Soal yang mungkin akan keluar dalam CPNS 2018 nanti.  Makin banyak berlatih mengerjakan soal sola Tes Potensi Akademik (TPA), akan semakin meningkatkan kepercayaan diri
  3. Memahami Soal Soal
    Hindari menebak nebak jawaban yang kamu anggap benar. Dalam seleksi tertulis dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPT) misalnya, soal soal sudah dirancang dengan sangat teliti. Begitu teliitinya sampai pada kesimpulan hanya ada 1 jawaban yang BENAR diantara jawaban jawaban pilihan yang tersedia.
    Jangan terlalu lama memikirkan jawaban soal (jika jenis soalnya adalah pilihan berganda a, b, c, dan d-red). Jika ada jawaban jawaban yang tersedia sudah jelas jelas SALAH dan NGAWUR segera coret.  Anda hanya memikirkan jawaban yang tersisa, dan itu akan lebih memudahkan dalam mengerjakannya.  Memahami soal soal terlebih dahulu sebelum mengarah kepada jawabannya. Orang yang sudah akrab dengan materi yang diujika memberikan peluang yang lebih baik.
  4. Menuliskan Jawaban Sementara
    Dari sekian banyak jenis jenis soal yang diujikan , kemunhgkinan mendapatkan soal dengan jawaban bergadna tetaplah terbuka lebar. Seperti yang sudah disebutkan dalam butir 3 di atas, kesalahan fatal peserta ujian ters terulis semacam ini adalah membuang waktu sia sia begitu saja memikirkan jawaban jawaban yang jelas jelas SALAH.  Nah singkarkan jawaban yang jelas jelas SALAH tersebut, dan mulai konsentrasi pada jawaban yang tersisa.
    Jika waktu yang diberikan sangat ketat, maka jika kamu mendapatkan soal yang sangat rumit, setelah melakukan langkah di atas, berilah tanda tanda "khusus" pada soal tersebut.  Berikan jawaban sementara dengan memberi tanda pad soal tersebut, dan anda akan dapatg memanfaatkan waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal soal yang lain.  Jika ada waktu luang, segera cek kembali jawaban sementara itu tadi, dan memikirkan jawaban terbaiknya.  Jika waktu sudah mepet, jawaban sementara itu juga sudah sangat membantu menghemat waktu.
  5. Mengerjakan Soal Yang Lebih Mudah
    Ingatlah selalu bahwa pada umumnya Tes Potensi Akademik (TPS) jarang membeirkan waktu luang dalam pengerjaan soal soalnya. Anda akan diminta mampu berpikir dan memberikan jawaban yang cepat karena anda sedang diuji kemampuan anda untuk dapat memecahkan persoalan pada berbagai subyek dengan tingkat kesulitan tertentu.
    Soal soal yang akan keluar bisa berbentuk soal dengan tingkat kesulitan yang relatif mudah, dan soal soal dengan tingkat kesulita yang tinggi. Jadi anda akan dijuji sejauh mana anda mampu mengerjakan soal soal baik yang sulit dan yang mudah itu dalam waktu yang cepat.  Anda akan diuji kemampuan anda berpikir dan menjaab soal dengan cepat.
  6. Manfaatkan Waktu Sefisien mugkin
    Jika waktu yang diberikan dalam menjawab soal soal cukup, maka gunakan waktu yang terluang itu untuk memeriksa kembali soal  soal yang sudah kamu jawab dengan lebih seksama.  Hindari mengerjakan soal soal dengan terburu buru atau merasa ada yang membuat kamu harus tergesa gesa dalam menjawab soal karena itu akan sangat beresiko.
    (Dari berbagai Sumber)



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog