Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Dampak Negatif Jika Domain Kamu Tidak Diperpanjang

simplyasep.blogspot.com  Memiliki website dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) merupakan kebanggaan tersendiri. Apa pun platform yang kamu gunakan jika menggunakan TLD memberikan kesan tersendiri, elegan, dan menunjukkan betapa bonafidnya kamu sebagai (owner) website kamu sendiri.  Untuk menyewa DOMAIN sudah tersedia di RUMAHWEB Jogjakarta yang sudah saya anggap sebagai keluarga sendiri.

Perusahaan penyedia layanan HOSTING dan DOMAIN memang banyak di Indonesia, dan RUMAHWEB Jogjakarta merupakan salah satu perusahaan penyedia Domain dan Hosting terbaik di Indonesia menurut pengalaman saya sendiri sebagai penggunanya.   Suhda lebih dari 5 tahun saya menggunakan layanan dari RUMAHWEB Jogjakarta ini karena service nya yang keren banget. Setiap ada kesulitan teknis, Team Teknis RUMAH WEB selalu sigap membantu customer setianya.  Saya merekomendasikan RUMAHWEB Jogjakarta untuk kamu kamu semuanya

Bagi kamu para pemilik website atau blog yang menggunakan domain berbayar TLD (Top Level Domain) seperti "com" , memang memiliki prestige tersendiri. Selain lebih disuka Google juga disukai oleh banyak advertiser atau pemasang iklan baik dalam maupun luar negeri. Apalagi ditambah kamu punya beberapa akun Sosial Media yang memiliki jumlah Followers yang banyak tentu akan semakin keren lagi

Namun sering berjalannya waktu, dan kondisi tertentu menyebabkan kamu harus menunda untuk memperpanjang sewa domain TLD milik kamu sendiri. Kendalanya bisa bermacam macam.

Bisa saja kamu lagi bokek alias sedang tidak ada duit sama sekali untuk memperpanjang sewa domian kamu, atau bisa juga kamu sedang memikirkan nama domain baru yang lebih mencerminkan jati diri sejati kamu atau bisnis yang sedang kamu kerjakan sekarang ini.   Bisa saja kan.  Kendala bisa berbagai macam bentuk dan wujudnya.

Sebuah Contoh Kasus Domain www.simplyasep.com

Alamat website saya www.simplyasep.com yang menggunakan dan atau menyewa domain dari RumahWeb Jogjakarta itu habis atau expired pada tanggal 9 September 2018 yang lalu.  Nah berikut ini adalah sejumlah Dampak Buruk atau Dampak Negatif jyang saya rasakan karena saya belum memperpankang sewa domain saya itu sebagaimana yang saya uraikan di bawah ini.  Selamat menyimak
inilah domain milik saya yang belum diperpanjang.  Domain ini menggunakan ID Protection sehingga suliat atau sukar untuk di whois oleh orang.  Gambar dari Internet
inilah domain milik saya yang belum diperpanjang.  Domain ini menggunakan ID Protection sehingga suliat atau sukar untuk di whois oleh orang.  Gambar dari Internet





  1. Traffic Turun Drastis
    Sudah jelas sekali traffic akan turun drastis.  Karena google sudah mengindex dan menjelajah nama domain awal namun karena tiba tiba expired atau habis berlakunya dan belum diperpanjang otomatis akan hilang dalam deteksi robot robot Google. Akibatnya sudah bisa ditebak  Website saya yang beralamat di www.simplyasep.com itu memiliki trafik sudah memiliki jumlah kunjungan yang cukup baik terjungkal. 

    Dalam log statistik dalam dashboardnya tercatat antara 800 = 2000 pageviews per hari. Detail lengkap performance nya ada dalam Google Analytic yang Insya Allah akan saya sampaikan juga pada kesempatan yang akan datang. Namun secara garis besar traffic yang semula berada di range 800 - 2000 pageviews per hari itu anjlok menjadi di bawah 50  Inilah dampak buruk atau kerugian yang saya rasakan karena domain saya belum diperpanjang.  Saya mendertia sekarang.
  2. Advertiser Pada Lari
    Saya merasakan sekarang beberapa advertiser tetap yang berlangganan sewa space banner dan placement article di website saya satu persatu membatalkan kerja sama yang sudah terbangun dengan manis selama ini dibatalkan secara sepihak kerja sama oleh advertiser 

    Padahal jika dilihat dari legalitasnya saya tidak memiliki MoU atau kesepakat tertulis yang memuat antara mengenai HAK dan KEWAJIBAN antara advertiser dengan pemiik domain atau website owner.  Saya tidak memiliki itu.   Kerja sama hanya dalam bentuk lisan dimana advertiser mengajukan syarat artikel post tetap abadi sepanjang masa. 

    Dan itu pun saya hormati bahkan kelak jika advertiser sudah tidak mau lagi bekerja sama saya akan tetap membiarkan artikel yang sudah ada akan tetap abadi karena (artikel) itu statusnya paid content alias konten berbayar. Jadi saya wajib mempertahankannya dan tidak akan di take down   

    Persoalannya mungkin banner advertiser yang mengandung target link ke website advertiser saja lah yang akan di take down (Dicopot) dan tidak dipasang lagi karena sudah tidak logis atau sinkron dengan paid contentnya .

    Tepatnya kami tidak punya itu. Kerja sama yang sidah dibangun hanya berdasarkan kepercayaan saja, dan tidak menyentuh segala tetek bengek legalitas formal sebuah kesepakatan kerja sama. Posisi saya posisi yang kalah. Jadi jika advertiser memutuskan kerja sama sepihak, itu adalah hak preogratif advertiser yang sepenuhnya saya hormati.
  3. Perlu Optimasi SEO Lagi
    Jelas juga di sini.   Algoritma Google yang sudah mengINDEX atau meng CRAWL alamat domain www.simplyasep.com akan kembali ke titik NOL.  Dengan kata lain andaipun saya jadi memperpanjang sewa domain www.simplyasep.com . maka perlu Optimasi SEO (Search Engine Optimization) lebih keras lagi agar dapat TRAFFIC yang kemba,i normal seperti dulu atau kalau perlu lebih baik lagi.

    Saya menyadari hal itu sejak awal. Oleh karena itu domain www.simplyasep.com yang sudah direncanakan dari awal untuk diperpanjang kembali akan fokus untuk GO INTERNATIONAL. Terbtuk dari halaman depan websitenya yang kelak akan diisi oleh artikel full berbahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam halaman yang lain.   Ada dalam MEGA MENU yang sudah saya sediakan di sana.

    Banyak hal yang harus dibenahi TRAFFIC yang sudah bagus dibukukan oleh www.simplyasep.com itu bisa kembali normal seperti semua yakni rata rata Pagewiews antara 800 - 2000 setiap hari misalnya saja tulisan atau artikel yang dibuat harus bermanfaat dan berguna bagi para pembacanya, dan murni hasil karya sendiri dan bukan dari hasil copy paste atau kegiatan PLAGIAT yang memang sangat bertentantangan dengan hati nurani, keprofesionalan.

    Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah aktif di berbagai kegiatan promosi atau mempublikasikan karya tulisan di berbagai akun sosial media yang kamu punya. Apalagi jika kamu punya Followers yang banyak akan sangat berpotensial sekali untuk mendatangkan traffic ke website kamu sendiri apalagi kalau artikelnya UNIK dan Menarik. 

    Ditambah ada Hadiah (giweaway) atau Kuis Berhadiah bargi para pembaca website atau pengunjung itu akan semakin menarik lagi.   Saya sudah merencanakan itu sejak lama, dan kini dalam proses penerapannya yang tentu saja memerlukan perencanaan dan persiapan yang lebih baik lagi
    Website saya yang sudah di INDEX olej Google.  Saya akan merebut kembali dimasa yang akan datang
    Website saya yang sudah di INDEX olej Google.
    Saya akan merebut kembali dimasa yang akan datang


    Saya berpendapat untuk tidak lagi "jago kandang" melainkan sudah melebarkan saya ke traffic  pengunjung liuar negeri baik dikawasan benua EROPA , Amerika maupun nagian dunia lainnya.

    Saya sudah memiliki contact dengan para pengunjung tetap dari Polandia, Rusia, Jerman, Portugal, Perancis dan Jepang dan akan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.  Itu bukan hal muluk karena background saya juga dari bahasa Inggris.   Namun demikian konten Bahasa Indonesia akan tetap ada dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan di sana,  

ID PROTECTION
Saya menyewa nama DOMAIN www.simplyasep.com dari salah satu perusahaan  jasa domain dan hosting terbaik di INDONESIA yakni RumahWeb yang bermarkas di Jogjakarta.   Saya sudah lebih dari 5 tahun sebagai registrant atau pendaftar dan penyewa domaind dan hosting di perusahaan tersebut sampai sekarang.  Semua klien klien saya juga di RUMAHWEB Jogjakarta.

Domain saya yang sudah expired www.simplyasep.com itu menggunakan ID PROTECTION yang merupakan salah satu fasiilitas keren dari RUMAHWEB. Jadi kamu kamu tidak akan dapat melakukan WHOIS dan atau mencari tahu apa dan bagaimana sebuah nama domain

Jadi jika ada 
 yang berminat untuk MENGAMBIL ALIH atau berniat MEMILIKI nama domain www.simplyasep.com , maka pihak RUMAH WEB Jogjakarta akan menyampaikan langsung kepada saya selaku domain registrant atau pemilik aseli nama DOMAIN itu untuk kesepakatan segala sesuatunya.   Dan pihak RFUMAHWEB hanya sebagai penghubung antara saya (pemilik nama domain) dengan calon pemilik domain saya.   

Nah karena saya sudah mempublish di artikel ini jelas sayalah pemilik nama doimain tersebut. Kamu tidak akan bisa merebut nama domain tersebut karena sudah diproteksi. oleh RUMAHWEB Jogjakarta atas permintaan saya selaku pemilik / penyewa jasanya.  

Jadi dengan kata lain Siapa pun yang berminat untuk MENGAMBIL ALIH atau berniat MEMILIKI nama domain www.simplyasep.com bisa langsung menghubungi saya untuk kesepakatan HARGA nya.  

Namun sayang sekali saya tidak berminat untuk melepaskannya kepada umum.  Saya menurut rencana akan memperpanjang kembali seceparnya Insya Allah (Asep Haryono)



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog