Astra Honda Motor
Banner of Asep Haryono Personal Blog - Indonesia

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Ayo Gemar Menabung

Tag : Opini - Asep Haryono | Ayo Gemar Menabung - Powered by Blogger
www.simplyasep.com  "Hemat Pangkal Kaya" adalah sebuah jargon atau slogan yang sudah kita kenal bahkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah Dasar atau Taman Kanak kanak.  Sudah terbukti puluhan tahun lamanya bahwa membiasakan diri dengan gemar menabung selain memberikan keuntungan materi (harta bertambah banyak-red) juga memberikan pembekalan mental hemat dan krtis serta bisa menghargai betapa susahnya mencari uang.

Beberapa alasan di bawah ini semoga bisa membuat diri saya sendiri pada khususnya agar bisa berhemat dengan cara menabung untuk masa depan. Beberapa alasan pentingnya Gemar Menabung yang saya coba paparkan dalam tulisan kali ini antara lain :

  1. Menabung Membuat Kita Bisa Menghargai Uang
    Sudah bukan hal yang rahasia lagi untuk mencari uang yang Halal di jaman yang serbag susah ini membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Dengan membiasakan diri untuk gemar menabung akan memberikan kita semangat untuk merajut masa depan yang lebih baik.  Uang yang dikumpulkan sedikit demi sedikit lama lama tentunya akan menjadi banyak.  Banyak hal yang sepertinya tidak masuk akal, namun akhirnya bisa terwujud itu karena ada campir tangan Allah SWT

    Contoh yang mudah adalah Pergi Haji ke Baitullah Makkah. Siapa bilang yang bisa berangkat pergi menunaikan Rukun Islam Ke 5 (lima) hanya untuk mereka yang kaya atau mampu. Nyatanya membua kita terhenyak.  Beberapa saudara saudara kita yang sudah di "pilh" oleh Allah SWT untuk mengunjungi rumahNYA adalah dari golongan yang kata orang disebut "miskin papa". 

    Bagaimana mungkin seorang pemulung bisa pergi menunaikan ibadah Haji?  Jawabannya: Mungkin saja.  Itu sudah hak Allah SWT, dan dibantu oleh ikhtiar yang bersangkutan. Apa itu? Menabung. Masih banyak contoh contoh lainnya betapa menabung itu memberikan jaminan masa depan yang lebih baik lagi. Dengan membiasakan diri untuk mulai gemar menabung, kita akan diajarkan bagaimana rasanya susahnya mencari uang.  Kamu akan tahu bagaimana rasanya menghargai Uang,
  2. Menabung Melatih Kesabaran
    Tentu dengan membiasakan diri untuk mulai Gemar Menabung sejak usia dini, memberikan bekal kepada anak anak kita untuk bisa menahan diri untuk tidak mengikuti kata hati dan keinginan untuk berbelanja pada hal hal yang tidak produktif, hal yang tidak perlu.

    Anak anak kita, generasi penerus kita setelah kita semua tiada, wajib dibina dan dibimbing agar mereka bisa menghargai hasil jerih payah kedua orang tuanya dalam mencari uang yakni dengan membiasakan diri mereka untuk mulai berhemat uang jajan mereka sejak sekarang. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi kan. Menabung melatih anak anak kita untuk bisa Bersabar dalam mewujudkan cita citanya.

    Bagaimana tidak sabar, kalau uang yang dikumpulkan masih sangat sedikit, dan nilai barang atau sesuatu yang mereka inginkan nilanya sangat besar, maka anak anak kita akan berlatih bersabar. Jika tabungan masih sedikit, tabungan jangan diambil terus menerus.

    Selain itu kebiasaan menabung dalam rumah harus segera dihilangkan. Selain tidak aman, juga tidak mendidik. Menabunglah di Bank Bank Pemerintah atau Bank Swasta yang menurut anda layak menjadi tempat investasi dan penyimpanan uang keluarga. 
HEMAT : JIka sudah mempunyai uang sebanyak ini tentu akan membuat anda relatif punya banyak rencana untuk   Foto Kessusanto Liusvia
HEMAT : JIka sudah mempunyai uang sebanyak ini tentu akan membuat anda relatif punya banyak rencana untuk   Foto Kessusanto Liusvia



Menabung Selagi Masih Bisa

Sudah banyak contoh contoh betapa menabung menyimpan segudang keuntungan investasi yang luar biasa terutama pada Sumber Daya Manusia (SDM) Bangsa Indonesia yang biasa diandalkan.  Menabung pada prinsipnay "menitipkan" dana segar masyarakat untuk dikelola pemerintah untuk digunakan untuk operasional pembangunan berkelanjutan. 

Banyak pembangunan yang dilakukan di negara ini mulai dari pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, juga pembangunan fisik untuk kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah pembangunan sarana dan prasarana sekolah. Semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit baik dari masyarakt, korporasi , pinjaman luar negeri, dan juga dari investasi nasional melalui tabungan di Bank Bank Pemerintah

Menghargai uang bisa sejak dini mulai diajarkan kepada anak anak kita, generasi penerus bangsa.  Ajafrkan kepada anak anak kita untuk mulai berhemat dalam berbelanja uang jajan mereka. Recehan demi recehan merek kumpulkan sedikit demi sedikit akhirnya juga akan menjadi banyak.  Segudang rencana apa pun di masa depan bisa terbantu terwujud dengan membiasakan diri untuk mulai menabung dari sekarang. Ayo Gemar menabung. Kalau bukan dari sekarang kapan lagi? (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog