Banner HUT Kota Pontianak Ke 247 Tahun

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tanggal Tua

Pontianak  Sering kali kita menyebut istilah "Tanggal Tua" pada penanggalan kalender Masehi antara tanggal 25 sampai dengan tanggal terakhir.  Istilah ini begitu populer di Indonesia pada umumnya yang merujuk pada keadaan keuangan yang tidak memadai atau tidak mencukupi menjelang akhir bulan. Padahal dalam kontek sebenarnya adalah tidak ada tanggal yang tua, semua tanggal sama.

Jika melihat konteks dari istilah "Tanggal Tua" di sini sebenarnya terpulang kembali kepada pola hidup sehari hari kita semuanya.  Namun jika mau berkata yang sebenarnya maka situasi "tanggal tua" ini adalllah situasi dimana keuangan anda mulai terancam karena banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. 

Salah satu penyebab "Tanggal Tua" ini adalah anda tidak memiiki cukup tabungan atau dana cadangan untuk antisipasi kebutuhan.


RECEHAN : Walaupun bentuknya uang kertas namun layak disebut "recehan" dan jika ditemukan di tanggal tua itu sudah bersyukru sekali.  Foto Asep Haryono
RECEHAN : Walaupun bentuknya uang kertas namun layak disebut "recehan" dan jika ditemukan di tanggal tua itu sudah bersyukru sekali.  Foto Asep Haryono

Jika kondisinya sudah seperti ini (Tanggak Tua), jika anda dimintai tolong oleh orang lain mungkin akan cemberut.   Bagaiamana bisa membantu orang lain kalau kebutuhan diri sendiri saja sudah Senin Kamis?  Padahal tidak juga, Membantu orang lain yang membutuhkan tidak selamanya berbentuk materi atau barang. 

Namun demikian di saat yang "genting" seperti ini jika anda masih mampu bersedeqah untuk orang lain itu luar biasa.  Orang mampu (kaya) menyumbang itu hal yang wajar  dan biasa saja karena kenyataannya dia memang (kaya) adanya.  Bersedeqah tidak selalu dengan menggunakan benda atau materi. Anda menyumbang tenana dan ide juga bisa

Namun jika orang (maaf) Miskin menyumbang itu luar biasa. Menyumbang apa yang dia miliki.  Jangan berhenti bersedeqah dan membantu orang lain dalam keadaan apa pun dan dalam situasi apa pun.

Salah satu cara untuk mengantisipasi datangnya "Tanggal Tua" adalah dengan membiasakan diri anda untuk menabung. Menabung banyak manfaatnya. Bisa menjadi jalan untuk mewujudkan mimpi mimpi anda di masa yang akan datang ATAU untuk digunakan pada masa sulit atau kebutuhan mendadak lainnya.  Alternatif solusi lainnya adalah tinggkatkan pemasukan anda. (Asep Haryono)



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog