Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Presiden Venezuela selamat dari upaya Pembunuhan Sebuah Drone

CNN.COM  Presiden Venezuela Nicolas Maduro selamat dari upaya pembunuhan yang jelas Sabtu setelah beberapa drone bersenjata dengan bahan peledak terbang ke arahnya selama pidato di parade militer.

Rekaman langsung dari acara itu menunjukkan dia tiba-tiba mencari pidato yang mengejutkan, sementara di sampingnya istrinya, Cilia Flores, mengernyit setelah ledakan keras. Puluhan tentara juga terlihat berserakan selama acara untuk memperingati 81 tahun pengawal nasional Venezuela di ibu kota Caracas.

Tujuh anggota penjaga nasional terluka selama serangan itu, yang oleh presiden disalahkan pada elemen sayap kanan dan presiden Kolombia yang sedang berkuasa, Juan Manuel Santos.

Seorang sumber kepresidenan Kolombia mengatakan kepada CNN bahwa tuduhan Maduro "tidak berdasar."

"Saya masih hidup dan menang," kata Maduro di televisi nasional beberapa jam setelah apa yang ia gambarkan sebagai upaya pembunuhan. Presiden menambahkan bahwa ada dua ledakan, beberapa detik terpisah, dan bahwa ia awalnya mengira mereka adalah kembang api sebagai bagian dari parade militer.

Menteri Komunikasi Venezuela, Jorge Rodriguez, mengatakan informasi awal menunjukkan ledakan itu berasal dari beberapa "perangkat terbang tipe pesawat tak berawak" yang berisi bahan peledak yang diledakkan di sekitar tahap kepresidenan dan di beberapa area pawai.

Foto yang diposting di Twitter oleh Freddy Nanez, kepala negara Venezuela yang menjalankan saluran berita VTV, menunjukkan pengawal yang melindungi Maduro setelah ledakan
.


UNHARMED : Local press said that Maduro is safe and sound from "assassination attempt" from uknown flying device which apparently drone. Photo courtesy CNN caption



Investigasi sedang berlangsung
Jaksa Agung Venezuela, Tarek William Saab, mengatakan kepada CNN bahwa dia telah memerintahkan penyelidikan atas insiden itu, menugaskan tiga jaksa penuntut untuk melakukan penyelidikan.

Saab dekat dengan presiden selama acara, dan mengatakan drone yang bertanggung jawab untuk syuting acara itu meledak. Dia menambahkan bahwa ledakan kedua terjadi.

Selama pidatonya kepada negara setelah insiden itu, Maduro mengatakan penyelidikan dimulai segera dan bahwa beberapa dari mereka yang terlibat dalam serangan itu telah ditangkap dan dituntut, meskipun dia tidak menyebutkan tuduhan terhadap mereka.

Berbicara di hadapan anggota militer dan pejabat pemerintah lainnya, Maduro juga mengatakan bahwa pihak berwenang dapat memperoleh bukti serangan itu dan mengatakan penyelidikan itu dalam tahap lanjutan.

Dia menyalahkan politik Venezuela jauh di kanan bekerjasama dengan Kolombia di paling kanan, dan saat ini Presiden Kolombia Santos berada di balik serangan pembunuhan.

Dia juga menyalahkan Venezuela yang tinggal di AS."Penyelidikan awal menunjukkan bahwa banyak dari mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu, para pemodal dan perencana, tinggal di Amerika Serikat di negara bagian Florida," kata Maduro.

"Saya harap administrasi Trump mau melawan kelompok-kelompok teroris yang melakukan serangan di negara-negara damai di benua kami, dalam hal ini Venezuela."

Pemerintah Venezuela telah lama menyalahkan Kolombia karena merencanakan penggulingan dan, dan elemen sayap kanan di Bogota dan Miami untuk mencoba melemahkan Maduro. Ivan Duque mengambil alih sebagai Presiden Kolombia minggu depan.

Seorang sumber kepresidenan Kolombia mengatakan kepada CNN bahwa tuduhan Maduro "tidak berdasar," menambahkan Santos "didedikasikan untuk baptisan Celeste cucunya, dan tidak menjatuhkan pemerintah asing."

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS yang melakukan perjalanan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Indonesia mengatakan AS "telah mendengar laporan," dan mengikuti dengan seksama. (
Marilia Brocchetto, Claudia Dominguez, Joe Sterling dan Stefano Pozzebon, CNN)

Judul asli : 
Venezuelan President survives apparent drone assassination attempt
Penulis : Marilia Brocchetto, Claudia Dominguez, Joe Sterling dan Stefano Pozzebon, CNN Diterjemahkan bebas oleh : Asep Haryono



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog